Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Satu Juta Guru Honorer Akan Diangkat Jadi PPPK Pada 2021

Satu Juta Guru Honorer Akan Diangkat Jadi PPPK Pada 2021

Jumlah guru honorer yang akan diangkat menjadi PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) cukup banyak. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyebut, formasi yang tersedia mencapi satu juta pada 2021.

"Kapasitas formasinya cukup banyak untuk guru honorer sampai satu juta formasi," kata Mendikbud.

Ia menjelaskan formasi PPPK tersebut dari daerah. Namun, permasalahannya pemerintah daerah baru menyiapkan sekitar 200.000 formasi. Padahal kebutuhan PPPK dari jalur guru honorer lebih dari jumlah tersebut.

"Oleh karena itu, kami meminta agar daerah benar-benar menyiapkan berapa kebutuhannya. Kepala sekolah juga perlu mendorong kepala dinasnya, sampaikan berapa kebutuhannya," kata Nadiem yang SekolahDasar.Net kutip dari JPNN (12/11/20).

Rekrutmen ini merupakan kesempatan bagi guru honorer di daerah 3T (tertinggal, terdepan, terluar) agar bisa diangkat menjadi PPPK. Pengangkatan tersebut akan dimulai pada 2021 dengan mekanisme seleksi yang berkeadilan.

"Pada 2021 merupakan tahun pertama, kita (pemerintah) memberikan kesempatan yang adil bagi semua guru honorer untuk bisa menjadi PPPK dengan seleksi yang adil, transparan," kata Nadiem.


Ia menjelaskan untuk guru-guru honorer yang sudah bergaji Upah Minimum Regional (UMR) menahan diri dulu. Pemerintah fokus membenahi kesejahteraan guru honorer yang masih digaji Rp200.000. Namun kerjanya sama dengan yang digaji UMR dan PNS.