Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Lebih Baik Mana, Anak Dititipkan ke Kakek-Nenek atau Pengasuh?

Lebih Baik Mana, Anak Dititipkan ke Kakek-Nenek atau Pengasuh?
Tanggung jawab mengasuh dan mendidik anak.

Ketika sibuk, sebaiknya anak dititipkan ke kakek-nenek atau pengasuh? Terkadang orang tua merasa bingung ketika tidak bisa mengasuh anak pada saat tertentu. Sebab, sebagai orang tua, ada banyak hal yang perlu dilakukan. Salah satunya ketika memutuskan untuk bekerja. Sehingga jalan yang dipilih yaitu menggunakan jasa pengasuh atau menitipkan pada kakek nenek.

Keduanya memiliki sisi positif dan negatifnya. Maka dari itu, sebagai orang tua, anda perlu memikirkan secara bijak akan hal yang bisa terjadi. Saat anda menitipkannya pada kakek nenek, tentu akan aman. Berbeda dengan pengasuh yang merupakan orang lain. Selain itu, masih banyak sisi positif ketika anda menitipkannya pada kakek nenek. Cara ini justru menjadi alasan kenapa sebagian besar orang tua memilih tidak menggunakan jasa pengasuh. 

Pertimbangan Lebih Baik Anak Dititipkan ke Kakek-Nenek atau Pengasuh?


Sebenarnya anak menjadi tanggung jawab dari kedua orang tua. Sehingga mengasuh hingga mendidiknya menjadi kewajiban dari keduanya. Sayangnya, tidak semua orang tua bisa melakukan hal tersebut. Ada banyak alasan mengapa anak harus dititipkan pada orang lain. Alasan bekerja sering sekali terdengar ketika orang tua menitipkan anaknya. Ada yang memilih menggunakan jasa pengasuh, namun ada juga yang memilih menitipkannya pada kakek nenek.

Sebenarnya kedua cara tersebut sama saja. Namun, hal ini bisa berbeda pada segi positifnya. Ada banyak segi positif yang bisa anda dapatkan ketika memilih menggunakan bantuan orang tua mengasuh anak anda. Namun, tidak ada salahnya juga anda memilih jasa pengasuh. Sebaiknya pilih yang tepat dan sesuai anak inginkan. Namun, dengan memilih yang aman dan terbaik, anak-anak tidak akan menolak untuk diasuhnya.

Kelebihan dan Kekurangan Menitipkan Anak pada Kakek-Nenek


Keuntungan yang bisa orang tua dapatkan yang pertama yaitu dari segi keamanan.

Keamanan saat anak bermain atau belajar akan tetap terasa dengan kakek nenek. Sebab, keduanya menjadi keluarga besar yang bisa anda pilih untuk mengasuh anak. 

Kelebihan yang kedua dari segi perkembangan

Dari segi perkembangan, kondisinya dapat terpantau secara langsung. Sehingga hubungan antara anak dan kakek neneknya akan lebih terasa. Apalagi saat belajar anak bisa diberikan pengetahuan akan ilmu budaya dan tradisi. 

Selain kelebihan, namun ada nilai negatifnya. Ketika kakek neneknya sudah memiliki usia lanjut tentu tidak bisa menjaga dengan maksimal. Selain itu, pola asuhnya berbeda dengan orang tua saat ini. Tidak hanya itu saja, anda juga bisa menggunakan jasa tersebut setiap saat. Apalagi kini sudah banyak tersedia jasa pengasuh anak profesional. Sehingga anda tidak perlu ragu dan takut menggunakannya. Semua sebenarnya tergantung orang tua yang memilih. Hal ini bisa menjadi pertimbangan anda apakah anak dititipkan ke kakek-nenek atau pengasuh?

Berlangganan via Email