Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Silabus Bahasa Inggris K-13 Kelas 6

Silabus Bahasa Inggris K-13 Kelas 6
Silabus Bahasa Inggris Kelas 6.

Pada struktur Kurikulum 2013 (K-13) Bahasa Inggris tidak lagi dimasukkan ke dalam susunan Mata Pelajaran (Mapel) yang wajib diajarkan khususnya pada jenjang Sekolah Dasar (SD). Namun, sekolah diberikan kebebasan untuk memasukkan Bahasa Inggris sebagai Mapel Muatan lokal (Mulok) di SD. Dalam perjalanannya, Bahasa Inggris kembali diajarkan di SD dalam rangka bekal menyiapkan ke jenjang sekolah yang lebih tinggi.

Kurikulum 2013 Bahasa Inggris untuk SD/MI memuat Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD). KI berfungsi sebagai unsur pengorganisasi (organising element) kompetensi dasar. Sebagai unsur pengorganisasi, KI Bahasa Inggris SD/MI merupakan pengikat untuk organisasi vertikal dan organisasi horizontal KD. Kompetensi Inti dirancang dalam saling terkait yaitu berkenaan dengan pengetahuan dan penerapan pengetahuan.

Sedangkan, KD Bahasa Inggris adalah keterkaitan antara konten KD satu kelas atau jenjang pendidikan ke kelas/jenjang di atasnya sehingga memenuhi prinsip belajar yaitu terjadi suatu akumulasi yang berkesinambungan antara konten yang dipelajari siswa. Kompetensi Dasar Bahasa Inggris SD/MI dikembangkan dalam setiap peristiwa pembelajaran secara integratif. 

Silabus Bahasa Inggris Kurikulum 2013 untuk SD Kelas 6


Silabus adalah rencana pembelajaran Bahasa Inggris yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan seperangkat rencana dan pengaturan tentang kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas, dan penilaian hasil belajar.

Silabus Bahasa Inggris kelas 6 ini sangat bermanfaat sebagai pedoman sumber pokok dalam pengembangan pembelajaran lebih lanjut, mulai dari pembuatan rencana pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran, dan pengembangan sistem penilaian. Dengan adanya rancangan pembelajaran guru Bahasa Inggris akan lebih terarah dalam penyajian materi ajar.

SekolahDasar.Net akan memberikan silabus Bahasa Inggris kurtilas lengkap bagi pengajaran Bahasa Inggris kelas 6 SD atau MI untuk memudahkan guru mengajar Bahasa Inggris di sekolah. Silbus ini juga dapat melengkapi administrasi atau perangkat pembelajaran yang hasu dimiliki guru. Silabus Bahasa Inggris kelas 6 dapat didownload melalui link di bawah ini:


Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SD/MI bertujuan agar siswa memiliki kemampuan mengembangkan kompetensi berkomunikasi dalam bentuk lisan secara terbatas untuk mengiringi tindakan (language accompanying action) dalam konteks sekolah. Selain itu juga memiliki kesadaran tentang hakikat dan pentingnya Bahasa Inggris untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam masyarakat global.