KI dan KD Bahasa Inggris SD/MI Kurikulum 2013
Cari Berita

Atas


KI dan KD Bahasa Inggris SD/MI Kurikulum 2013

Kamis, 11 Juni 2020

KI dan KD Bahasa Inggris SD/MI Kurikulum 2013
Download KI dan KD Bahasa Inggris untuk Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 SD/MI sesuai Kurikulum 2013 (K13) revisi terbaru.

Pada struktur Kurikulum 2013 (K13) Bahasa Inggris tidak lagi dimasukkan ke dalam susunan Mata Pelajaran (Mapel) yang wajib diajarkan khususnya pada jenjang Sekolah Dasar (SD). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan mengeluarkan Surat Pemberitahuan yang menyatakan sekolah diberikan kebebasan untuk memasukkan Bahasa Inggris sebagai Mapel Muatan lokal (Mulok) di SD.

Dalam pembelajaran Mulok terbagi atas dua kategori, yakni Mulok Wajib dan Mulok Pilihan. Mulok Wajib terdiri atas Wajib Provinsi dan Wajib Kabupaten. Mulok Wajib Provinsi adalah Mulok yang wajib diajarkan di seluruh kabupaten/kota dalam satu provinsi. Misalnya, untuk Provinsi Jawa Timur mewajibkan Mulok Bahasa Jawa. Namun dalam perjalanannya, Bahasa Inggris kembali diajarkan di SD dalam rangka bekal menyiapkan ke jenjang sekolah yg lebih tinggi.

Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Kurikulum 2013 Bahasa Inggris untuk SD/MI


KI berfungsi sebagai unsur pengorganisasi (organising element) kompetensi dasar. Sebagai unsur pengorganisasi, KI Bahasa Inggris SD/MI merupakan pengikat untuk organisasi vertikal dan organisasi horizontal KD. Sedangkan, KD Bahasa Inggris adalah keterkaitan antara konten KD satu kelas atau jenjang pendidikan ke kelas/jenjang di atasnya sehingga memenuhi prinsip belajar yaitu terjadi suatu akumulasi yang berkesinambungan antara konten yang dipelajari siswa.

Pendidikan bahasa Inggris di SD/MI dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa yang digunakan untuk menyertai tindakan atau language accompanying action. Bahasa Inggris digunakan untuk interaksi dan bersifat “here and now”. Topik pembicaraannya berkisar pada hal-hal yang ada dalam konteks situasi. Untuk mencapai kompetensi ini, peserta didik perlu dipajankan dan dibiasakan dengan berbagai ragam pasangan bersanding (adjacency pairs).

Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SD/MI bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan mengembangkan kompetensi berkomunikasi dalam bentuk lisan secara terbatas untuk mengiringi tindakan (language accompanying action) dalam konteks sekolah. Selain itu juga Memiliki kesadaran tentang hakikat dan pentingnya Bahasa Inggris untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam masyarakat global.

Lihat juga: Ini Suka Duka Menjadi Guru Bahasa Inggris di SD

Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Inggris di SD/MI mencakup kemampuan berkomunikasi lisan secara terbatas dalam konteks sekolah, yang meliputi aspek mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Ketrampilan menulis dan membaca diarahkan untuk menunjang pembelajaran komunikasi lisan.

Download KI dan KD Kurikulum 2013 Bahasa Inggris Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 SD/MI 


Kompetensi Inti Bahasa Inggris SD/MI dirancang dalam empat kelompok yang saling terkait yaitu berkenaan dengan sikap keagamaan (kompetensi inti 1), sikap sosial (kompetensi 2), pengetahuan (kompetensi inti 3), dan penerapan pengetahuan (kompetensi 4). Keempat kelompok itu menjadi acuan dari Kompetensi Dasar Bahasa Inggris SD/MI dan harus dikembangkan dalam setiap peristiwa pembelajaran secara integratif.

Kompetensi yang berkenaan dengan sikap keagamaan dan sosial dikembangkan secara tidak langsung (indirect teaching) yaitu pada waktu peserta didik belajar tentang pengetahuan (kompetensi kelompok 3) dan penerapan pengetahuan (kompetensi Inti kelompok 4). Selengkapnya KI dan KD Bahasa Inggris untuk Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 SD/MI sesuai Kurikulum 2013 (K13) revisi terbaru dapat didownload melalui link berikut ini:


  1. KI dan KD SD/MI Bahasa Inggris Kelas 1. rar
  2. KI dan KD SD/MI Bahasa Inggris Kelas 2. rar
  3. KI dan KD SD/MI Bahasa Inggris Kelas 3. rar
  4. KI dan KD SD/MI Bahasa Inggris Kelas 4. rar
  5. KI dan KD SD/MI Bahasa Inggris Kelas 5. rar
  6. KI dan KD SD/MI Bahasa Inggris Kelas 6. rar


Dalam Kurikulum 2013 Bahasa Inggris di SD/MI menjadi muatan lokal. Mulok terbagi atas dua kategori, yakni Mulok Wajib dan Mulok Pilihan. Bahasa Inggris sebagai Mulok, materi hingga indikator ketuntasan belajar yang digunakan harsu sesuai KI dan KD dalam struktur K13. Dokumen yang memuat bunyi KI dan KD Bahasa Inggris untuk jenjang SD/MI dalam bentuk .PDF dapat Anda download melalui tautan di atas.