Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kenali Penyebab dan Cara Mengobati Gusi Bengkak pada Anak

Kenali Penyebab dan Cara Mengobati Gusi Bengkak pada Anak
Masalah gusi bengkak pada anak membuatnya mengeluhkan rasa nyeri.

Gusi bengkak pada anak menjadi salah satu penyebab anak sering rewel. Bengkak yang muncul pada gusi adalah masalah kesehatan rongga mulut yang membuat orang tua sering kebingungan.

Rasa tidak nyaman akibat gusi yang bengkak biasanya terjadi karena dua hal. Bisa jadi karena radang gusi atau abses gigi.

Supaya kita bisa mengobati dan melakukan penangan yang tepat, kita harus tahu seperti apa penyebab dari gusi bengkak ini.

Radang Gusi Salah Satu Penyebab Gusi Bengkak Pada Anak


Radang gusi membuat bagian gusi berwarna kemerahan, bengkak dan mudah sekali berdarah. Tentunya kondisi ini bisa membuat anak tidak nyaman. Ini bisa disebabkan karena cedera, kebersihan mulut dan gigi yang kurang terjaga atau trauma gusi karena jatuh.

Disamping itu, kondisi gusi anak yang bengkak juga bisa disebabkan karena melemahnya sistem pertahanan tubuh atau gizi yang buruk. Bila ini tidak segera mendapat pengobatan, maka dapat menimbulkan peradangan jaringan pendukung gigi atau yang disebut dengan istilah periodontitis.

Bahkan untuk kasus yang cukup parah, ternata radang gusi bisa mengakibatkan gigi copot sendiri.

Abses Gigi


Abses gigi bisa terjadi karena gigi yang berlubang besar dan terinfeksi. Sehingga bisa mencapai lapisan paling dalam dan tidak segera mendapat pengobatan. Lapisan paling dalam gigi adalah saraf gigi. Bila lubang gigi sudah mencapai area itu, bakteri bisa menginfeksi dan membentuk abses.

Biasanya abses bisa terbentuk pada ujung akar gigi. Kumpulan bakteri membentuk abses dan semakin menumpuk. Akibatnya menimbulkan masalah gusi bengkak pada anak dan muncul nanah. Selain itu bisa juga muncul rasa nyeri ketika mengunyah sampai menimbulkan demam.

Cara Mengobati Gusi Anak yang Bengkak


Ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan bila anak mengalami masalah gusi bengkak.  Apa saja itu?
  • Menjaga kebersihan mulut dengan rutin menyikat gigi. Anda bisa membiasakan anak menyikat gigi dan membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi.
  • Membersihkan karang gigi pada anak yang bisa jadi sumber masalah radang gusi yang mengakibatkan bengkak.
  • Mengganti sikat gigi secara berkala supaya fungsi dan kebersihannya bisa tetap terjaga.
  • Rutin periksa ke dokter gigi paling tidak 6 bulan sekali. Dengan begitu, anak bisa tetap terjaga kesehatan gigi dan rongga mulutnya.
  • Jika sudah muncul abses gigi, maka untuk mengurangi rasa nyeri, anda bisa memberikan anak paracetamol.
  • Selanjutnya anak bisa dibawa ke dokter gigi untuk melakukan perawatan. Bisa jadi dilakukan pencabutan gigi yang terinfeksi atau perawatan saluran akar gigi.

Ketika masalah gusi bengkak pada anak membuatnya mengeluhkan rasa nyeri, akan lebih baik bila anda segera mengkonsultasikannya ke dokter gigi. Sebab semakin cepat masalah ini mendapat penanganan, maka akan semakin baik.

Berlangganan via Email