Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Cara Membiasakan Ngemil yang Sehat pada Anak

5 Cara Membiasakan Ngemil yang Sehat pada Anak
Ngemil yang sehat untuk anak.

Kebanyakan anak memang memiliki hobi ngemil. Namun sebagai orang tua, anda juga harus pandai dalam menerapkan cara membiasakan ngemil yang sehat untuknya. Tujuannya supaya nutrisi yang ia butuhkan tetap terpenuhi dengan seimbang.

Selain itu, ketika anda sudah menerapkan kebiasaan ngemil berbagai cemilan sehat. Maka ini akan membantu anak untuk menetapkan kebiasaan diet sehat seumur hidupnya.

Inilah 5 Cara Membiasakan Anak Ngemil yang Sehat

Cemilan memang bisa meredakan emosi negatif pada diri seseorang. Akan tetapi bisa dilakukan dalam waktu serta jumlah yang tidak tepat bisa berdampak buruk untuk kesehatan. Maka dari itu, anda harus membiasakan anak agar bisa ngemil secara sehat.

Selain menjadwal waktu anak makan cemilan, ada pula berbagai aturan lain yang perlu anda ketahui. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan agar anak bisa mendapatkan cemilan sehat untuk sehari-hari.

1. Membatasi Cemilan Kemasan

Biasanya orang tua memilih cemilan kemasan seperti biskuit, keripik atau permen daripada membuatnya sendiri. Banyak yang menganggap cemilan kemasan ini lebih praktis, rasanya enak dan mudah didapat.

Padahal cemilan kemasan kebanyakan tidak mengandung gizi yang cukup serta tinggi gula dan garam. Sesekali anda boleh memberikan cemilan kemasan pada si kecil. Tetapi akan lebih baik bila anda membuat cemilan untuk anak sendiri.

2. Memastikan Cemilan Tersebut Aman Dikonsumsi Anak

Anda harus memastikan bahwa cemilan yang anda sajikan untuk anak aman dan terbebas dari bahan tambahan pangan berbahaya. BPOM telah melarang bahan tambahan seperti:

  • nitrofurazon,
  • minyak nabati yang dibrominasi
  • asam borat
  • dietilpirokarbonat
  • asam salisilat
  • kalium klorat
  • dulsin
  • dan formalin.

Semua bahan ini bisa mengakibatkan kerusakan organ tubuh dan memicu kanker.

3. Mix and match

Memilih camilan yang sehat untuk anak sangat penting. Apalagi membiasakannya untuk cemilan sehari-hari. Anda bisa melakukan mix and match cemilan agar anak tidak bosan. Anda bisa menghidangkan sayuran dan wortel dengan saus bebas lemak. Atau bisa juga celupkan buah segar dan biskuit cracker ke dalam yoghurt bebas lemak.

Dengan begitu, anda bisa menyajikan variasi cara ngemil yang sehat dan pastinya anak-anak akan selalu menyukainya.

4. Sediakan Cemilan Porsi Kecil

Berikan cemilan dengan tampilan yang menarik dan porsi kecil saja. Hal ini bertujuan supaya anak merasa tertarik dengan cemilan yang dihidangkan. Bila cemilan disajikan dalam porsi besar pastinya akan membuat anak tidak nafsu lagi saat tiba jam makan menu utama.

5. Menghidangkan Cemilan Bersama Minuman

Setelah selesai makan, tentu belum lengkap rasanya jika belum minum. Maka dari itu, selain cemilan, anda juga harus menyediakan minuman untuk anak.

Minuman pendamping makanan cemilan lebih baik air putih. Sebaiknya anda hindari memberinya susu kental manis, teh botol atau minuman yang berperisa.

Lihat juga: Daripada Beli Snack Kemasan, Berikan Camilan Sehat Ini untuk Anak

Ketika anda sering membiasakan anak unutk ngemil yang sehat, maka saat ia dewasa nanti anak akan mengerti bagaimana ia harus mengontrol dirinya sendiri. Sebab anak sudah tahu mana cemilan yang baik untuk kesehatan tubuhnya.

Berlangganan via Email