Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Sumber Gizi Anak Usia Sekolah yang Harus Dipenuhi untuk Meraih Prestasi

5 Sumber Gizi Anak Usia Sekolah yang Harus Dipenuhi untuk Meraih Prestasi

Gizi anak usia sekolah sangat penting untuk dipenuhi kebutuhannya. Sebab di usia sekolah, anak-anak memerlukan fisik dan mental yang optimal. Maka dari itu, sebagai orang tua, anda harus bisa memperhatikan seperti apa asupan makanan yang dikonsumsi setiap hari.


Kebutuhan gizi yang bisa terpenuhi akan mendukung tumbuh kembang anak. Khususnya anak usia Sekolah Dasar yang memerlukan energi untuk bisa menjalankan padatnya aktivitas di sekolah.

Kebutuhan Sumber Gizi Anak Usia Sekolah


Setiap orang tua tentunya menginginkan anak mereka bisa tumbuh dengan sehat, cerdas dan selalu berprestasi di sekolah. Maka dari itu, ada baiknya bila anda lebih selektif dalam memilih berbagai makanan yang baik untuk anak. Sebab jika sembarangan mengkonsumsi makanan bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan dan pertumbuhan anak.

Ada beberapa efek buruk yang terjadi jika anak anda kekurangan asupan gizi. Apa saja itu?
  • Anak bisa mengalami anemia
  • Metabolisme anak bisa menurun dan mudah mengalami obesitas atau kegemukan
  • Anak bisa terhambat pertumbuhannya
  • Mengalami masalah gigi dan mulut
  • Cacingan
  • Sistem imun menurun dan mudah sakit
  • Anak juga beresiko mengalami gizi buruk dan berat badannya menurun drastis

5 Sumber Gizi yang Penting untuk Anak Usia Sekolah


Berikut ini ada beberapa gizi penting yang wajib untuk dipenuhi anak usia sekolah supaya lebih sehat dan berprestasi.

1. Karbohidrat


Salah satu sumber gizi anak usia sekolah adalah karbohidrat. Asupan karbohidrat sangat dibutuhkan anak-anak sebagai penghasil energi. Anak usia sekolah memerlukan banyak energi, oleh sebab itu penting sekali bagi anda untuk menyiapkan makanan yang mengandung karbohidrat. Seperti roti gandum, ubi kukus, kentang goreng, nasi goreng keju dan lain sebagainya.

2. Yodium


Asupan yodium tidak boleh diabaikan untuk memenuhi kebutuhan gizi anak. Sebab manfaat yodium sangat baik untuk mengembangkan saraf anak. Kandungan Yodium sendiri bisa anda dapatkan dari bayam. Bisa juga dengan mencampurkan garam beryodium dalam menu sayuran anak.

3. Protein


Manfaat protein sangat baik untuk memperbaiki sel tubuh dan mendukung tumbuh kembang anak. Khususnya anak usia sekolah. Pada usia 8-14 tahun, asupan protein yang dibutuhkan sebanyak 0,95 gram/kg berat badan anak. Sumber makanan yang mengandung protein terbagi dalam dua macam. Yakni protein hewani dan protein nabati.

4. Asam Folat


Nutrisi berupa asam folat penting untuk anak di masa sekolahnya. Anak akan lebih sehat dan masa pertumbuhannya tidak terganggu. Selain itu asam folat juga bisa membantu proses pembelahan sel yang berkaitan dengan pertumbuhan. Anda bisa mendapatkan asupan asam folat dari tomat, kacang polong, jeruk, kentang, semangka atau gandum.

5. Zat Besi


Zat besi sangat berguna sebagai sumber gizi anak usia sekolah. Ini bisa membantu anak terhindar dari anemia dan kebugaran tubuhnya tetap terjaga. Berbagai jenis makanan yang mengandung zat besi diantaranya ikan, bayam, kangkung, hati sapi dan daging merah.

Berlangganan via Email