Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Daripada Beli Snack Kemasan, Berikan Camilan Sehat Ini untuk Anak

Camilan yang Sehat untuk Anak
Hampir semua anak tentu doyan jajan. Sebagai orangtua, cobalah memberi camilan sehat untuk anak supaya kesehatan mereka terjaga.

Ada beberapa orangtua yang kadang begitu cemas jika buah hati terus-menerus membeli camilan. Alasan yang cukup sering diungkapkan adalah anak akhirnya ogah makan nasi. Padahal sebetulnya, camilan alias makanan ringan begitu diperlukan anak untuk pemenuhan nutrisi tubuh. Namun tentu bukan camilan biasa, karena yang terbaik adalah memberikan camilan sehat untuk anak.

Kenapa Anak Harus Diberi Camilan Sehat?


Dari data Kementrian Kesehatan tahun 2015, 3 dari 10 anak Indonesia mengalami stunting akibat malnutrisi. Kondisi ini dipicu kebutuhan gizi anak tidak bisa dipenuhi secara maksimal. Salah satu penyebab kebutuhan gizi tak maksimal itu adalah anak jarang diberi camilan yang sehat oleh orangtuanya. Karena meskipun doyan jajan jika kurang sehat, tetap saja kebutuhan gizinya tak terpenuhi.

Padahal camilan sehat yang diberikan di antara jam-jam makan utama anak adalah sumber zat gizi yang cukup besar. Kandungan gizi pada camilan sehat bahkan bisa memenuhi kebutuhan nutrisi mereka. Apalagi fakta bahwa lambung anak lebih kecil daripada orang dewasa sehingga menampung banyak makanan dalam sekali makan, membuat anak dianjurkan makan dalam porsi kecil tapi sering.

Dengan pemenuhan nutrisi yang maksimal lewat camilan sehat untuk anak, buah hati tentu bisa beraktivitas dengan maksimal. Alih-alih membeli snack kemasan di minimarket, ada baiknya orangtua mulai mencoba membuat camilan sehat sendiri.

Inilah 5 Camilan Sehat untuk Anak


Agar bisa membuat camilan yang sehat untuk anak secara tepat, Anda harus tahu kalau ada tiga zat utama yang mereka butuhkan. Ketiga kandungan zat ini adalah zat tenaga, zat pembangun dan zat pengatur yang sangat dibutuhkan oleh tubuh anak. Supaya bisa membuat camilan yang memenuhi ketiga zat gizi tersebut, berikut beberapa camilan yang bisa diberikan orangtua untuk anak:

1. Olahan Susu


Anak tentu sangat menyukai susu. Sehingga produk olahan susu bisa dikenalkan sebagai camilan untuk mereka seperti susu itu sendiri, yoghurt, keju, keju cottage yang kaya protein, selain keju hingga smoothie.

2. Buah dan Sayur


Supaya anak tidak memilih-milih sayur dan buah saat makan, ada baiknya orangtua mengenalkannya sebagai camilan. Anda bisa memilih menyuguhkan stik sayur (timun, seledri, wortel) hingga jus sayur atau jus buah. Namun Anda juga bisa memberikan buah-buahan segar yang tinggal disantap hingga aneka salad sebagai camilannya.

3. Sumber Protein Ringan


Daging merah adalah sumber protein tinggi yang wajib diberikan pada anak untuk porsi makanan utama. Namun untuk kebutuhan camilan sehat, Anda bisa menggunakan beberapa sumber protein ringan seperti telur rebus, selai kacang, biji-bijian hingga daging rendah lemak atau nugget daging ikan.

4. Roti serta Sereal


Roti tidaklah pernah gagal jadi camilan favorit anak. Namun supaya roti itu terasa lebih sehat, coba buatkan sandwich, roti buah, roti rol, hingga muffin rendah gula. Anda juga bisa menggantikannya dengan sereal, popcorn hingga biskuit yang mengandung zat tenaga.

5. Karbohidrat Ringan


Saat makan nasi, anak tentu memperoleh nutrisi karbohidrat sebagai sumber energi. Anda pun bisa memberikan nutrisi karbohidrat dalam camilan yang dia santap saat santai seperti oatmeal, jagung manis, kentang goreng, pasta hingga singkong.

Wah, ternyata ada banyak sekali bukan ide camilan yang sehat untuk anak? Anda pun bisa memadukan tiap-tiap bahan sehat di atas seperti roti lapis telur, biskuit lapis sayuran, roti lapis buah hingga spaghetti udang dan brokoli yang pastinya disukai buah hati. Karena dengan camilan yang sehat dan bernutrisi tinggi, buah hati tentu tumbuh sesuai harapan orangtua.

Berlangganan via Email