Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Cara Membuat Alat Musik dengan Barang Bekas di Rumah

5 Cara Membuat Alat Musik dengan Barang Bekas di Rumah
Cara membuat alat musik.

Apakah di rumah anda ada barang bekas yang sudah tidak terpakai? Jangan dibuang dulu, sebab barang-barang ini bisa anda manfaatkan sebagai cara membuat alat musik. Kegiatan ini bisa anda lakukan bersama si kecil.

Lihat juga: Biarkan Anak Berkembang Sesuai Bakat dan Minatnya

Selain mempererat hubungan anda dengan anak, kegiatan membuat alat musik dari berbagai barang bekas ini juga bisa melatih keterampilan anak dan mengurangi limbah.

Inspirasi 5 Cara Membuat Alat Musik dari barang Bekas

Mengisi waktu luang di rumah memang sangat tepat bila kita gunakan untuk quality time bersama anak. Anak-anak tentu suka musik, maka dari itu, membuat alat musik sendiri juga menjadi hal yang menyenangkan. Berikut ini adalah beberapa ide kreatif pemanfaatan barang-barang bekas yang ada di rumah sebagai alat musik.

1. Tamborin Piring Plastik

Alat musik tamborin cara memainkannya dengan dipukul serta digoyangkan. Suara alat musik ini gemerincing. Anda bisa membuat tamborin dari piring plastik. 

Alat yang dibutuhkan:

  • 1 piring plastik
  • Spidol, krayon, sticker
  • 6 lonceng kecil
  • benang
  • gunting
  • pembolong kertas

Jika semua bahan sudah lengkap sekarang tinggal cara membuatnya. Anak bisa ikut menghias belakang piring plastik dengan mewarnainya atau menempelkan sticker. Potong benang dengan panjang 8 cm. Sesuaikan dengan jumlah lonceng.

Ikat lonceng tersebut pada setiap helai benang. Pakai pembolong kertas untuk membuat lubang di tepi piring. Jaraknya disesuaikan dan ikat setiap lonceng ke piring plastik dengan kencang. Tamborin siap digoyangkan dan dimainkan.

2. Gitar Kotak Tisu Bekas

Selain membuat tamborin dari piring plastik, anda juga bisa memanfaatkan kotak tisu bekas yang berada di rumah. Kotak tisu bekas tersebut bisa anda ubah menjadi gitar yang unik untuk mainan anak.

Caranya cukup simpel, anda tinggal mengikat 5 buah karet gelang dengan diameter kurang lebih 1,5 cm pada bagian tengah kotak tisu. Jika sudah selesai, maka gitar dari kotak tisu bekas pun sudah siap untuk dimainkan anak.

3. Seruling Sedotan

Cara membuat alat musik selanjutnya adalah dengan memanfaatkan sedotan bekas. Anda bisa merangkainya menjadi instrumen atau seruling. Bagaimana caranya?

Peralatan:

  • 8 buah sedotan plastik
  • gunting
  • selotip
  • kertas origami

Cara pembuatan:

Pertama anda bisa gunting 2 pasang sedotan berukuran sama. lalu anda bisa buat 3 sampai 4 pasang dengan ukuran panjang hingga pendek. Selanjutnya potong selotip dan lingkaran pada setiap pasang sedotan.

Susun sedotan berurutan panjangnya. Kencangkan dengan lebih banyak selotip supaya tidak goyang. Hias sedotan dengan kertas origami. Suling sedotan siap untuk dibunyikan dengan cara ditiup.

4. Gendang Galon Bekas

Alat musik gendang ii adalah salah satu yang paling mudah pembuatannya. Sebab tidak membutuhkan banyak alat dan prosesnya pun cukup simple.

Anda hanya membutuhkan galon bekas yang sudah kosong dan tidak terpakai lagi. Galon ini bisa dihias memakai pita atau stiker lucu. lalu anda berikan ke anak dan bisa dimainkan dengan ditabuh seperti gendang sungguhan.

5. Marakas

Membuat alat musik marakas dari barang bekas cukup mudah. Marakas adalah salah satu alat musik yang cara memainkannya dikocok. Anda cukup membuat ini dengan memanfaatkan botol air mineral bekas yang diisi pasir, makaroni, kacang atau beras.

Tutup botol tersebut agar isinya tidak tumpah. Nah, cara membuat alat musik marakas dari botol bekas pun sudah jadi. Anak tinggal memainkan marakas ini dengan mengocoknya.

Berlangganan via Email