5 Ide Aktivitas Anak agar Tidak Bosan Selama di Rumah
Cari Berita

Atas


5 Ide Aktivitas Anak agar Tidak Bosan Selama di Rumah

Kamis, 09 Juli 2020

5 Ide Aktivitas Anak agar Tidak Bosan Selama di Rumah
Pandemi Covid-19 membuat anak-anak harus di rumah saja. Bosan? Tentu saja. Untuk itu bisa dicoba beberapa ide aktivitas anak agar tidak bosan selama di rumah.

Dengan total lebih dari 54 ribu kasus sampai Minggu (28/6) sore, pandemi Covid-19 di Indonesia memang tampaknya belum akan berakhir. Bahkan sekalipun pemerintah mencanangkan new normal, masih banyak hal yang belum kembali ke sedia kala. Bosan? Tentu saja, apalagi anak-anak. Karena itu setiap orangtua harus mulai mencari ide aktivitas anak agar tidak bosan selama corona.

Sebagai tempat di mana banyak massa berkumpul, sekolah memang menjadi salah satu instansi yang harus tutup akibat pandemi. Mau tak mau, opsi belajar di rumah pun dipilih. Mungkin pada awal penetapan, rasanya sangat menyenangkan ada di rumah dan tak perlu repot ke sekolah. Namun seiring berjalannya waktu, anak mulai merasakan kejenuhan saat di rumah saja.

Lihat juga: Tips Menyiapkan Anak Menghadapi New Normal

Irma Gustiana Andriani, M.Psi, Psi, selaku psikolog anak, kepada Kumparan memaparkan bahwa supaya anak tidak bosan karena terlalu lama di rumah, orangtua harus ikut aktif. Sebisa mungkin, orangtua menciptakan beragam kegiatan kreatif supaya anak tetap main di dalam rumah. Seperti apa saja? Berikut 5 ide kreatif untuk kegiatan anak supaya tidak bosan di rumah saja:

1. Ciptakan Nuansa Sekolah di Rumah


Dibandingkan di sekolah, anak mungkin cenderung lebih sulit berkonsentrasi saat belajar di rumah. Ada cukup banyak gangguan-gangguan kecil yang membuat anak sulit fokus sehingga akhirnya mereka bosan. Nah, supaya anak tetap semangat, cobalah bawa nuansa sekolah itu ke dalam rumah.

Sediakan meja belajar khusus berisi peralatan tulis dan kebutuhannya sekolah. Lalu terapkan jam belajar sesuai jadwal mata pelajaran di sekolah termasuk jam masuk kelas, jam istirahat hingga saat pulang. Jika perlu, sesekali ajak anak untuk mengenakan seragam sekolah agar dia makin semangat dan tidak jenuh.

2. Masak Jajanan Sehat


Aar Sumardiono selaku praktisi sekaligus pendiri ruang belajar homeschooling bernama Rumah Inspirasi, menyebutkan bahwa memasak dengan anak mempunyai banyak manfaatnya. Saat memasak dengan orangtuanya, anak akan belajar banyak hal untuk pengembangan dirinya seperti menghitung, membaca, mengukur hingga mengikuti aturan resep.

3. Lakukan Kegiatan Ekstrakurikuler


Salah satu kegiatan yang menarik bagi anak selama di sekolah adalah ekstrakurikuler. Bisa menari, bermain alat musik, pramuka, melukis, karya tulis, belajar bahasa asing hingga aneka jenis olahraga. Anda bisa memilih salah satu ekstrakurikuler untuk dilakukan di rumah seperti menggambar atau belajar bermain gitar, sehingga buah hati makin semangat.

4. Eksperimen Sains


Salah satu ide kegiatan anak agar tidak jenuh selama di rumah ialah melakukan eksperimen sains. Tak perlu sulit-sulit, lakukan kegiatan yang sangat sederhana sesuai usianya seperti gelas yang tak tumpah airnya saat dibalik, mencelupkan kain ke air berwarna atau lain-lain. Selain seru, pemahaman anak terhadap sains bakal meningkat dan membuatnya pintar.

5. Olahraga Menyenangkan


Bagi anak-anak, olahraga selalu menyenangkan apalagi jika dilakukan bersama orangtua, ikatan keluarga pun makin erat. Tak perlu sampai terengah-engah, Anda bisa memilih olahraga ringan seperti lari pagi, bersepeda hingga main badminton. Tak hanya fisik yang sehat, menurut Jim Taylor Ph.D yang adalah psikolog anak, olahraga juga menyehatkan mental.

Bagaimana? Ternyata ada banyak juga kan contoh-contoh ide aktivitas anak selama di rumah supaya tidak bosan? Dengan kerjasama seluruh anggota keluarga, maka buah hati tidak akan merajuk karena jenuh. Tentunya orangtua juga makin tenang karena anak merasa nyaman di rumah. Karena memang bagaimanapun, pandemi Covid-19 meminta semua orang untuk #DiRumahAja.