Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Soal Penilaian Harian Kelas 5 Tema 9 Subtema 1, 2, dan 3

Soal Penilaian Harian Kelas 5 Tema 9
Soal penilaian harian kelas 5 tema 9.

Pada 5 SD/MI Kurikulum 2013 (K13) setiap tema terdiri 3 subtema. Setiap subtema terdiri dari enam pembelajaran. Setiap akhir subtema dilaksanakan Penilian Harian (PH) atau Ulangan Harian (UH). Tema 9 pada kelas 5 SD/MI adalah Benda-Benda di Sekitar Kita dengan subtema sesuai Kurikulum 2013 (K13) revisi terbaru yaitu:

  • SUBTEMA 1 Benda Tunggal dan Campuran
  • SUBTEMA 2 Benda dalam Kegiatan Ekonomi
  • SUBTEMA 3 Manusia dan Benda di Lingkungannya

Untuk mempermudah dalam melakukan penilaian hasil belajar, membuat soal evaluasi, dan kisi-kisinya dilakukan Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) untuk kelas 5 SD/MI sesuai Kurikulum 2013. Setiap tema terdiri dari kompetensi dasar muatan mata pelajaran, yaitu: PPKn, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, dan Seni Budaya dan Prakarya (SBdP).

1. PKn
3.4 Menggali manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan hidup.
4.4 Menyajikan hasil penggalian tentang manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan.

2. BAHASA INDONESIA
3.3 Meringkas teks penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik.
4.3 Menyajikan ringkasan teks penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif secara lisan, tulis, dan visual.

3. IPA
3.9 Mengelompokkan materi dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan komponen penyusunnya (zat tunggal dan campuran).
4.9 Melaporkan hasil pengamatan sifat-sifat campuran dan komponen penyusunnya dalam kehidupan sehari-hari.

4. IPS
3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya,komunikasi, serta transportasi.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial,budaya, komunikasi, serta transportasi.

5. SBDP
3.2 Memahami tangga nada.
4.2 Menyanyikan lagu-lagu dalam berbagai tangga nada dengan iringan musik.

Download Soal Ulangan Harian Kelas 5 Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita


Soal penilaian harian tematik kelas 5 SD/MI tema 9 terdiri dari soal pilihan ganda, isian singkat, dan uraian. Selengkapnya soal-soal penilaian harian semester 2 kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita yang belum disertai dengan kunci dapat dilihat melalui link berikut ini:


Sebagai bahan belajar untuk persiapan menghadapi penilaian harian, PTS ataupun PAT, siswa kelas 5 SD/MI dapat mengerjakan soal-soal latihan penilaian harian Tema 9 Subtema 1 sampai 3 di atas yang belum ada kunci jawabannya. Soal disusun berdasarkan kisi-kisi indikator kompetensi muatan pelajaran.