Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Alasan Penting Membangun Kedekatan dengan Anak Sejak Dini

Alasan Penting Membangun Kedekatan dengan Anak Sejak Dini

Membangun kedekatan dengan anak memberikan dampak positif dimasa yang akan datang. Bagi anak, sedikit perhatian saja sudah membuatnya bahagia apalagi bisa dekat dengan orangtua setiap waktu. 

Orang tua terkadang berpikiran sudah memberikan yang terbaik untuk anak. Namun tanpa disadari kurangnya perhatian membuat kedekatan dengan anak tidak berjalan baik. Terutama pada orangtua yang terlalu ambisi terhadap anak. 

Manfaat Membangun Kedekatan dengan Anak

Orang tua yang aktif melakukan pendekatan dengan anak akan memperoleh manfaat lebih yakni:

1. Anak Lebih Mendengarkan Orang Tua

Alasan yang mendasari orangtua untuk selalu dekat dengan anak adalah agar anak mendengarkan setiap anjuran orang tua. Dengan kedekatan tersebut membuat anda lebih mudah memberikan arahan.

Anak tersebut akan mempertimbangkan apa yang diucapkan orangtua kepadanya. Sehingga anak akan menuruti serta mendengarkan keinginan orangtua. 

2. Menjadi Satu-Satunya Tempat Mengadu

Alasan lainnya adalah anak menjadikan orangtua tempat curahan hati dan mengadu. Berbeda dengan orangtua yang tidak dekat dengan anak, anak cenderung menutup diri dan banyak diam. 

Orangtua akan kesulitan memahami dan mengetahui masalah yang dihadapi anak karena anak sungkan menceritakan masalahnya. Anak akan cenderung takut dimarahi dan dikritik negatif. 

3. Membentuk Pribadi yang baik

Membangun kedekatan dengan anak, orang tua dapat membentuk anak menjadi pribadi yang baik. Hubungan sehat tersebut mampu membuat anak anda berinteraksi yang baik dengan teman maupun orang lain di masa depannya. 

Anak akan meniru hubungan dengan orang tua yang baik tersebut hingga ia terapkan dengan orang lain. 

Dengan kedekatan tersebut anda dapat membentuk anak semakin tangguh dan tidak mudah jatuh karena masalah. Anda lebih mudah mengatur anak tersebut ketika anda lebih dekat dengannya. 

4. Lebih Mengenal Karakter Anak

Sebagian orang tua yang sibuk dan tidak memiliki kedekatan dengan anak, ia tidak akan mengenal karakter anak seperti apa. Oleh karena itu alasan yang mendasari hubungan baik dengan anak adalah untuk mengetahui karakter anak tersebut. 

Lihat juga : 10 Kesalahan yang Sering Dilakukan Orang Tua dalam Mendidik Anak

Anda dengan mudah merubah karakter negatifnya jika anda memiliki kedekatan. Anak akan lebih berkarakter emosional ketika ia tidak memiliki sosok yang dekat dengannya karena tidak memiliki tempat mengobrol dan mencurahkan isi hati. 

5. Mengukir Kenangan yang Baik

Membangun kedekatan dengan anak akan menimbulkan dampak positif pada anak. Anak akan mengingat orang tuanya di masa dewasanya. 

Kenangan bersama orang tua karena kedekatan, membuatnya ingat dan menjadikan kita sebagai orang yang dirindukan. Kenangan tersebut menjadikannya pribadi yang berbakti. 

6. Menjadi Teman Saat Usia Senja

Alasan utama adalah anak akan berbakti dan menemani di usia senja kita. Kedekatan anak terhadap orangtua membuat anak memiliki rasa tanggung jawab dan merawat kita. 

Rasa sayang anak kepada orangtua akan mengakar sehingga bukan karena kewajiban saja, namun juga kasih sayang. Dengan pentingnya membangun kedekatan dengan anak, anda akan memperoleh manfaat hingga di usia senja.