Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pendekatan Guru Kepada Siswa dengan Cara yang Bijaksana

Pendekatan Guru Kepada Siswa dengan Cara yang Bijaksana
Pastikan buat citra yang baik kepada siswa.

Guru yang bijaksana seharusnya bisa melakukan pendekatan guru kepada siswa. Untuk melakukan hal tersebut, perlu adanya hubungan baik antara guru dengan siswa. Membangun hubungan yang baik ini tentu tidaklah mudah. Perlu ada beberapa hal yang harus mendorong kesuksesan akademis kepada siswa.

Pendekatan Guru Kepada Siswa


Sangat penting untuk mendapatkan kepercayaan dari siswa. Hal ini akan mengakibatkan kegiatan belajar mengajar yang efektif. Hubungan yang positif juga akan memberikan suasana kelas yang tenang dan kondusif.

Berikut adalah cara agar guru untuk melakukan pendekatan ke anak didiknya:

1. Mengajar dengan Antusias yang Tinggi


Cara pertama yang bisa dilakukan oleh guru adalah mengubah gaya belajarnya. Dalam hal ini, guru harus memiliki antusias dan semangat untuk memberikan pelajaran. Sehingga akan menghidupkan suara gembira di kelas.

Siswa akan lebih bersemangat dengan adanya konten yang tidak membosankan dari gurunya. Kedepannya, siswa akan menganggap guru tersebut tidak menakutkan. Mereka secara perlahan akan memberikan rasa percaya pada sang guru.

2. Menggabungkan Humor dalam Pelajaran


Pendekatan guru kepada siswa juga bisa dilakukan dengan memberikan selingan humor saat pelajaran. Cara yang kedua ini mungkin akan melibatkan sedikit humor. Tetapi, sebagai guru yang bijaksana harus bisa memberikan humor yang mendidik. Artinya tidak sembarangan humor yang mengandung untuk tidak pantas.

Dengan memberikan sedikit humor akan menciptakan karakter pada guru. Sehingga siswa akan memberikan apresiasi pada guru dan mau menanggapinya. Mereka akan senang karena pembelajaran di kelas tidak menegangkan.

3. Manfaatkan Minat Siswa untuk Keuntungan Guru


Setiap siswa pasti memiliki minat tertentu terhadap kegiatan di kelas. Guru yang bijaksana seharusnya bisa memanfaatkan minat tersebut. Sehingga minat siswa dimasukkan dalam pembelajaran sehingga mereka bisa menikmatinya dengan baik.

Kedekatan antara guru dan siswa bisa terjalin dengan baik. Siswa akan menghargai upaya ekstra yang diberikan guru untuk mendukung minat siswanya. Pembelajaran juga akan lebih menyenangkan karena minat siswa sedikit demi sedikit bisa tersalurkan.

4. Memperlakukan Siswa dengan Hormat


Cara melakukan pendekatan guru kepada siswa juga harus didukung dengan perlakuan guru pada siswa. Hal ini akan menentukan feedback siswa kepada gurunya. Jangan remehkan seorang siswa dengan perlakuan yang tidak senonoh.

Sebagai guru yang bijaksana sangat dilarang untuk memperlakukan siswanya dengan sarkasme, menghukum, dan mempermalukannya. Guru harus menangisi keadaan siswanya dengan profesional. Hal yang paling penting adalah tidak boleh memfavoritkan satu siswa dan membedakannya dengan yang lain.

Bersikap adil pada siswanya adalah hal penting yang harus diterapkan oleh guru. Selalu memberikan pelayanan pembelajaran yang maksimal juga harus dengan konsistensi yang tinggi.

5. Guru Harus Memiliki Sikap Positif


Setiap siswa kebanyakan menganggap bahwa guru adalah sosok yang mengerikan. Padahal untuk melakukan pendekatan guru kepada siswa yang harus dimiliki guru adalah sikap yang positif. Dengan begitu, akan menimbulkan kesan yang pada guru.

Sehingga saat awal pembelajaran siswa sudah akan memberikan sambutan hangat pada guru. Mereka tidak akan takut karena jika rasa itu timbul suasana pembelajaran tidak akan menyenangkan.

Dalam hal ini, juga termasuk sikap guru yang menghadapi karakter siswanya yang berbeda-beda. Tidak semua karakter siswanya itu baik sehingga guru harus lebih memahaminya. Guru harus menemukan cara peneguran yang lebih baik agar tidak menimbulkan tindakan yang tidak diinginkan.

Itulah beberapa pendekatan guru kepada siswa yang bisa dilakukan dengan seksama. Pastikan buat citra yang baik kepada siswa agar suasana kelas menyenangkan. Sehingga bisa menjadi guru yang bijaksana kepada seluruh siswanya.