Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Agar Anak Tidak Tertekan Karena Keinginan atau Ambisi Orang Tua

Cara Agar Anak Tidak Tertekan Karena Keinginan atau Ambisi Orang Tua

Cara agar anak tidak tertekan atau stres adalah dengan berkomunikasi dengan anak. Komunikasi menjadi hal yang paling penting untuk mendengarkan segala keluh kesah anak. Orang tua memang terkadang terlalu berambisi sehingga tidak sadar membuat anak tertekan. 

Biasanya, faktor yang menyebabkan anak tertekan seperti:

  • Bisa dari aktivitas sekolah 
  • Tugas yang terlalu banyak 
  • Les tambahan, atau bahkan 
  • Pengaturan jadwal yang terlalu padat

Memang orangtua bermaksud memberikan terbaik buat anak, namun dengan tidak mendengarkan apa yang anak inginkan, akan membuatnya merasa tidak diperhatikan. 

Beberapa Cara Agar Anak Tidak Tertekan dan Semangat Kembali

Dengan anda menjalin komunikasi yang baik, maka dapat menyampaikan hal atau maksud terhadap anak dengan tepat. Simak cara berikut: 

1. Menjelaskan Kepada Anak 

Menjelaskan secara perlahan dengan memberikan pengertian dan mengajaknya berkomunikasi adalah cara yang paling tepat. Sebagian anak akan merasa diperhatikan jika orang tua meluangkan waktu untuk mendengarkan keinginannya. 

Lihat juga : 10 Kesalahan yang Sering Dilakukan Orang Tua dalam Mendidik Anak

Dari sinilah anda dapat menjelaskan keinginan dan membuat kesepakatan dengannya. Anak akan lebih mendengarkan anda dengan metode ini. 

2. Memberikan Anak Waktu untuk Berkembang

Cara ini dengan memberikan waktu dengan tidak memaksakan kehendak orang tua. Anak melakukan hal terbaik tanpa paksaan. Jika anda terlalu mencecar dan menuntut anak harus ini dan itu secara langsung, mereka akan merasa stres. Anda dapat melakukan cara terbaik dalam mengarahkannya tanpa membentak atau mencecar. 

3. Menunjukkan Kepedulian       

Cara agar anak tidak tertekan adalah dengan mengambil hatinya dan peduli terhadap masalah yang sedang anak kita hadapi. Dengan memeluknya dan menenangkan hati dapat menjadi cara tepat agar anak tersebut mau bercerita. Kepedulian tersebut membuat anak bahagia dan percaya diri bahwa ada seseorang yang memperdulikannya. 

4. Memberikan Waktu Bersama

Terkadang kesibukan orang tua menyebabkan waktu bersama anak hilang. Anak merasa tidak ada seorangpun yang memperhatikannya. Dengan menghabiskan waktu bersama atau quality time maka anak merasa dicintai. 

Dengan meluangkan waktu tersebut, anda dapat memberikan contoh yang baik yang dapat ditiru anak. Selain itu, anak merasa bahagia karena telah memiliki sosok yang menerima segala cerita dan pengalamannya. 

5. Mengajari Anak Sewajarnya 

Cara agar anak tidak tertekan adalah dengan mendidik sewajarnya. Tertekan pada anak umumnya karena ambisi orang tua dan terlalu otoriter. Biarkan anak mengekspresikan dirinya, sehingga tumbuh dengan bakat yang terpendamnya sendiri. 

Mengasuhnya dengan sewajarnya akan membuat anak tidak merasa takut untuk menunjukkan kelebihannya. Hal ini akan memberikan semangat, sehingga mampu menunjukkan yang terbaik. 

6. Hindari Menargetkan Anak Sesuai Ekspektasi

Tidak semua anak memiliki keinginan yang sama dengan orangtua. Dengan menargetkan anak sesuai ekspektasi orangtua, anak akan menjadi tertekan karena tidak sesuai dengan hatinya. 

Berilah motivasi dan dukungan agar ia mampu menunjukkan bahwa ia dapat memberikan kebanggaan sendiri dengan caranya. Anda hanya mengevaluasi saja sejauh mana anak tersebut mewujudkan keinginan orangtua. Itulah cara agar anak tidak tertekan akan keinginan orangtua.