Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Perhatikan Inilah Faktor Pembentuk Karakter Anak Sejak Dini

Perhatikan Inilah Faktor Pembentuk Karakter Sejak Dini

Karakter adalah suatu hal yang perlu diperhatikan bagi setiap individu. Dengan karakter yang baik akan menentukan kepribadian seseorang. Ada beberapa faktor pembentuk karakter yang bisa diperhatikan dengan baik.

Ini Dia Faktor Pembentuk Karakter Sejak Dini

Karakter adalah sesuatu yang mencerminkan kepribadian seseorang. Hal ini harus ditempuh dengan usaha yang cukup ekstra. Memberikan pendidikan karakter sejak dini memang akan membekas hingga dewasa.

Semua hal yang didapatkan sejak dini akan mempengaruhi masa depan seseorang. Berikut adalah beberapa faktor yang bisa membentuk sikap seseorang sejak kecil.

1. Genetik dan Pola Asuh

Terkadang seorang anak memiliki sikap yang berbeda walaupun orang tua mereka sama. Bahkan orang tua juga tidak segan-segan mendidik anaknya agar menjadi orang yang sukses dan bersikap baik. Tetapi adanya gen yang berbeda dari orang tua akan mempengaruhi karakter mereka.

Gen adalah faktor pembentuk karakter yang paling dominan. Pola asuh yang baik akan mempengaruhi kehidupan dan sikap mereka di masa depan.

Sudah tentu bahwa gen adalah pemasok karakter yang diturunkan dari orang tua. Sehingga hal ini akan berpengaruh pada kehidupan seseorang dan sulit untuk diubah.

2. Pendidikan

Karakter bisa dibentuk dari pendidikan seseorang. Mengapa bisa? Pasalnya, dalam menempuh sebuah pendidikan pasti akan diajarkan berbagai hal. Seorang tenaga pendidik memiliki kewajiban untuk memperbaiki anak didiknya.

Lihat juga : Karena Luar Biasa Penting, Pendidikan Karakter Dimulai dari Guru

Faktor pembentuk karakter yang satu ini pastinya juga sangat berpengaruh. Baik itu pendidikan formal maupun nonformal yang akan selalu menjadi pendorong untuk mengubah karakter seseorang menjadi lebih baik.

Pendidikan yang baik akan memberikan karakter yang lebih dari itu. Pasalnya seseorang terutama anak-anak akan digembleng habis-habisan. Tidak mungkin dalam pendidikan mereka akan dibiarkan begitu saja.

3. Lingkungan Sekitar

Ternyata lingkungan sangat berpengaruh pada karakter seseorang. Lingkungan yang membawa dampak positif akan selalu memberikan energi baik dalam diri. Hal ini membantu dalam pembentukan karakter yang lebih baik.

Anak yang hidup di lingkungan penuh dengan toxic akan memiliki kebiasaan yang sama dengan teman-temannya. Mereka cenderung meniru dan menerapkan apa yang dilihat. Terlebih jika lingkungan yang penuh dengan hal negatif selalu memberikan dukungan dalam hal apapun.

Faktor pembentuk karakter yang masih terkait dengan lingkungan adalah keluarga. Perlu diketahui bahwa keluarga adalah salah satu-satunya lingkungan yang paling dekat. Selain itu juga ada teman-teman yang selalu bersama dengan anak.

4. Pengalaman Hidup

Selain beberapa hal di atas, karakter juga bisa terbentuk dari adanya pengalaman hidup. Pasalnya pengalaman adalah guru terbaik yang bisa memberikan pelajaran berharga bagi seseorang.

Anak yang memiliki pengalaman cukup banyak bisa menghargai segala sesuatu. Mereka bisa memahami segala sesuatu terkait dengan lingkungannya. Sehingga karakter mereka akan terbentuk secara mandiri.

Nah, itulah beberapa faktor pembentuk karakter seseorang sejak dini. Karakter sangat perlu diperhatikan oleh siapapun karena akan memberikan kehidupan masa depan yang berharga.