Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Waspadai Teman yang Membawa Dampak Buruk Pada Anak

Waspadai Teman yang Membawa Dampak Buruk Pada Anak

Teman yang membawa dampak buruk pada anak umumnya memberikan tanda tertentu. Maka, harus lebih detail dalam memperhatikan siapa saja teman anak anda. 

Lihat juga: Cara Mengarahkan Anak Bersikap Baik pada Teman

Secara tampilan luar memang tidak begitu terlihat, namun ada beberapa sikap yang dapat menjadi pedoman anda. Anda wajib mengetahui siapa saja teman anak agar dapat menghindari dampak buruk yang akan mempengaruhi perkembangan anak. 

Ciri-Ciri Teman yang Membawa Dampak Buruk Pada Anak

Beberapa hal yang sering ditunjukkan yakni sebagai berikut : 

1. Menunjukkan Ketidaksenangan Atas Pencapaian Anak

Hal ini terlihat dari kecemburuan terhadap ranking terbaik anak. Sehingga teman merasa tidak senang dan membuli anak tersebut. Seharusnya anak merasa bahagia dengan pencapaiannya namun malah menjadi murung dan merasa bersalah. 

2. Tidak Nyaman Bermain

Tanda umum lainnya yakni anak tidak mau bermain kembali bersama teman tersebut karena kesal. Terlihat tidak nyaman bermain bersama dan terjadi perubahan sikap yang drastis. 

Terkadang anak tidak mau berterus terang akan perasaannya, namun secara batin kita sangat peka terhadap perubahan sikap tersebut. 

3. Teman Selalu Bersikap Negatif

Ciri teman yang membawa dampak buruk seperti ini akan membawa pengaruh buruk pada anak. Anak akan mudah meniru sikap dan tindakan teman dalam pergaulannya. Jika dibiarkan, anak anda akan seperti temannya yang suka bersikap negatif dan berkata kasar

4. Membicarakan atau Menggosipkan Teman Lainnya

Teman yang senang membicarakan keburukan teman lainnya kepada anak kita, tentunya dapat merubah pola pikir anak terhadap teman yang dibicarakan tersebut. Hal ini akan berpengaruh terhadap perilakunya. Misalnya, yang tadinya tidak memiliki masalah apa-apa, namun karena hasutan, anak kita jadi ikut membenci. 

5. Teman Suka Menuduh Orang Lain

Ketika bermain bersama tidak menutup kemungkinan terjadi suatu pertengkaran. Terkadang ada teman yang melakukan kesalahan, namun malah menuduh teman lain. Nah, hal tersebut dapat berpengaruh buruk kepada anak sehingga tidak ada kejujuran. 

6. Menyebabkan Stress Anak

Tanda teman yang membawa dampak buruk lainnya yakni anak merasa stress setelah bergaul dengan temannya tersebut. Bahkan membuat anak uring-uringan tidak jelas.

Membuat anak mudah marah dan emosional. Anda harus mencari tahu secara detail apa penyebab anak temperamental. Jika dibiarkan, anak akan terbiasa dengan apa yang dirasakannya sehingga mengganggu perkembangannya. 

7. Teman yang Sering Mengkritik

Kritik memang perlu untuk kebaikan anak, namun kritik dalam hal negatif tentu akan membuat anak merasa dirinya tidak berguna dan minder karena selalu salah.

Teman yang seperti ini akan membawa pengaruh buruk untuk mental anak. Anda harus mengambil langkah, agar hal tersebut tidak terus berulang

8. Teman yang Suka Memanfaatkan

Teman seperti ini umumnya terlihat mau berteman jika ada sesuatu hal saja. Teman tersebut hanya akan berteman sementara karena ada maunya. 

Dengan mengetahui tanda teman yang membawa dampak buruk pada anak, anda dapat mengurangi resiko kerusakan mental mereka.