Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mengarahkan Anak Bersikap Baik pada Teman

Cara Mengarahkan Anak Bersikap Baik pada Teman
Jangan biarkan anak menjadi pribadi yang tidak baik karena akan membuatnya dijauhi teman-temannya.

Mengarahkan anak bersikap baik pada teman bukan perkara yang mudah. Ada banyak faktor yang menyebabkan anak bersikap tidak baik pada teman. Salah satunya adalah karena kurangnya didikan orangtua terhadap anak. Sebagai orang tua, Anda tentunya harus mengarahkan anak agar bersikap baik pada teman-temannya. Jangan biarkan anak menjadi pribadi yang tidak baik karena akan membuatnya dijauhi teman-temannya.

Bagaimanakah cara mengarahkan anak bersikap baik pada teman-temannya? Lebih jelasnya simak uraian berikut:

Cara Mengarahkan Anak Bersikap Baik pada Teman


Mengajarkan anak agar bersikap baik kepada teman-temannya perlu dilatih sedini mungkin. Ada beberapa cara mengarahkan anak bersikap baik pada teman-temannya yang bisa Anda coba terapkan:

• Memberikan Contoh dan Teladan di Rumah


Anda harus memberikan contoh dan teladan yang baik untuk anak di rumah. Jika Anda tidak bersikap baik, bagaimana anak bisa menjadi pribadi yang baik. Mengajari anak bersikap baik bisa dilakukan dengan contoh Anda sendiri.Kebiasaan bersikap yang baik akan membuat anak menerapkannya ketika ia bertemu dengan teman-temannya. Jadi, tanpa perlu berkata-kata anak akan melihat sendiri bagaimanakah seharusnya ia bersikap.

• Tidak Menjadikan Lelucon Atas Setiap Sikap Kurang Baik Anak


Jangan pernah menjadikan bahan lelucon atas setiap sikap kurang baik yang anak kerjakan. Hal ini karena bisa membuat anak menjadi sulit untuk memahami arti dari sikap baik yang seharusnya dilakukannya. Apalagi jika anak masih kecil harus selalu diingatkan setiap perbuatannya yang salah secara lembut. Jangan malah membuatnya menjadi bahan tertawaan karena anak akan menganggap bahwa perbuatannya merupakan hal lucu.

• Mengajarkan Sikap Baik Lewat Cerita


Anak cenderung menyukai musik dan cerita. Anda bisa memilih buku-buku dongeng atau cerita yang menunjukkan perilaku baik untuk dibacakan kepada anak. Mereka nantinya akan mengenali karakter baik yang ada di dalam cerita tersebut. Kemudian cerita tersebut akan meresap ke dalam fikiran serta hatinya. Hal ini bisa membuatnya menjadi menerapkan sikap baik yang ada dalam cerita tersebut ke dalam kehidupannya sehari-hari.

• Mengajari dengan Telaten dan Tidak Marah-Marah


Cara mengarahkan anak bersikap baik pada teman selanjutnya adalah ajarkan anak bersikap baik dengan telaten, konsisten serta penuh kesabaran. Jangan mengajari anak untuk bersikap baik dengan marah-marah.Anda harus sabar menunggu perubahan anak agar bisa berperilaku baik sesuai dengan yang seharusnya ia lakukan.

• Jika Anak Bersikap Baik, Berikanlah Pujian Namun Tidak Berlebihan


Rasanya tidak adil jika anak tidak memperoleh sesuatu atas keberhasilan yang sudah dilakukannya sementara kesalahannya selalu diingatkan.Berikanlah pujian jika anak sudah mampu bersikap baik. Namun, pastikan bahwa pujian tersebut tidak berlebihan.

• Kenalkan Anak Nilai Moral dalam Agama


Agama merupakan pilar atau pondasi yang penting bagi seluruh manusia. Anda perlu mengenalkan anak nilai moral dengan agama sejak dini. Nilai-nilai moral ini sangat penting untuk proses perkembangan kepribadian anak ketika ia beranjak besar nanti.

• Menanamkan Anak Untuk Senantiasa Memilih Kata-kata yang Pantas


Anak-anak mudah meniru apa yang dilakukan oleh orang lain. Baik itu kata-kata maupun perilakunya. Tanamkan dalam diri anak untuk senantiasa memilih kata-kata yang pantas ketika berkomunikasi dengan teman-temannya. Selain penjelasan, Anda bisa memberikan mereka peraturan. Misalnya jika anak menggunakan kata-kata tidak pantas, maka anak akan terkena denda dari uang saku mereka.

Mengarahkan anak bersikap baik pada teman memang sangat penting dilakukan oleh para orangtua. Beberapa cara di atas bisa Anda coba terapkan. Pastikan untuk memberikan didikan kepada anak agar bersikap baik terhadap orang lain sejak dini supaya ia menjadi terbiasa hingga kelak dewasa.