Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mengatasi Siswa yang Menjahili Teman Saat Belajar

Cara Mengatasi Siswa yang Menjahili Teman Saat Belajar
Sifat jahil wajar ada pada siswa di kelas. Tetapi jika terlalu kelewatan, Anda bisa mencoba cara mengatasi siswa yang menjahili teman saat belajar.

Adakah di kelas Anda siswa yang memiliki sifat jahil dan iseng ke temannya? Nah, jika ternyata di kelas ada siswa yang memiliki sifat tersebut, berikut cara mengatasi siswa yang menjahili teman saat belajar.

Sebagian siswa mungkin sering menjahili temannya karena rasa ingin tahunya yang besar ataupun sifatnya yang cenderung agresif. Hanya saja terkadang sifatnya ini memiliki dampak negatif untuk teman yang dijahilinya. Meski sifat ini wajar, Anda tetap harus mengawasi agar tidak membahayakan temannya.

Mengatasi Siswa yang Menjahili Temannya Saat di Kelas


Bukan tak mungkin sifat jahil seorang siswa akan terbawa saat proses belajar mengajar berlangsung. Kondisi seperti pastinya akan membuat Anda jengkel. Selain berdampak pada konsentrasi siswa yang dijahili, kondisi ini juga dapat mengganggu suasana kelas, sehingga tidak kondusif.

Anda perlu mengatasi sifat siswa yang sering jahil pada teman-temannya. Selain dapat mengganggu proses belajar mengajar, hal ini juga dapat menurunkan prestasi belajar seluruh siswa.

1. Ketahui Penyebab Siswa Berperilaku Jahil


Untuk mengatasi kejahilan siswa di kelas, Anda perlu mengetahui penyebabnya. Ada tiga hal utama yang menjadikan siswa memiliki sifat jahil, yaitu:

a. Rasa Ingin Tahu Besar

Bagi siswa yang sering jahil di kelas mungkin disebabkan karena rasa ingin tahunya yang besar. Rasa ingin tahu siswa ini harus diarahkan ke hal yang lebih baik agar tidak mengganggu temannya yang sedang belajar.

b. Sifat Agresi

Anak yang agresif cenderung tidak bisa diam dan ingin menunjukkan bahwa dirinya terlalu percaya diri. Hal ini membuat sifatnya yang cukup mendominasi, sehingga tidak mau dikatakan sebagai siswa yang lemah.

c. Mencari Perhatian

Ketika siswa ingin mencari perhatian dari temannya, biasanya siswa tersebut akan berbuat usil. Perilaku ini untuk menunjukkan bahwa siswa tersebut eksis, sehingga semua pandangan mata akan selalu tertuju pada dirinya.

2. Ajarkan Kedisiplinan


Membuat suasana kelas yang kondusif akan membantu kelancaran proses belajar mengajar di kelas. Anda perlu mengajarkan kedisiplinan kepada seluruh siswa di kelas agar mematuhi peraturan yang berlaku di sekolah.

Cara mengatasi siswa yang menjahili teman saat belajar ini dapat membantu seluruh siswa menerima pelajaran dengan baik. Ketika seluruh siswa mampu berkonsentrasi saat pelajaran dimulai, hal ini dapat membantu siswa dalam mencerna materi yang diajarkan dan meningkatkan nilai rata-rata kelas.

3. Tegur Siswa yang Jahil


Menegur siswa saat sedang menjahili temannya yang sedang belajar bisa Anda lakukan ketika masih berada di kelas. Agar tidak mengganggu kondisi psikisnya, ada baiknya Anda tidak melakukan hukuman fisik pada siswa. Tegur dengan cara yang halus dan hindari untuk memarahi siswa di depan teman-temannya.

Anda bisa memanggil siswa tersebut di ruangan Anda ketika jam pelajaran telah selesai. Tanyakan kepada siswa tersebut mengenai penyebab mengapa dirinya menjahili temannya.

Lihat juga: 7 Kiat Menghadapi Murid Yang Mengalami Kegagalan

Selain itu, Anda juga bisa mengembangkan sikap empati siswa. Ajak diskusi siswa tersebut jika dirinya diganggu oleh temannya saat belajar. Bagaimana tanggapan dan responnya jika dijahili temannya. Hal inilah yang bisa membantu mengurangi rasa jahil siswa kepada temannya tersebut.

4. Jadilah Role Model


Memberikan teladan yang baik bisa menjadi contoh yang tepat bagi Anda yang ingin mengatasi siswa yang jahil saat temannya sedang belajar. Dengan adanya contoh sikap yang baik akan memahamkan siswa bahwa perilakunya tersebut dapat merugikan temannya.

Anda juga bisa menjelaskan secara pribadi kepada siswa untuk tidak mengganggu temannya jika tidak ingin diganggu. Tambahkan pula dengan kisah dongeng atau kisah nyata mengenai kejadian tersebut.

5. Libatkan Orangtuanya


Jika kejahilan siswa tidak bisa ditolerir, Anda bisa memanggil orangtua siswa untuk diajak berdiskusi mengenai sikap siswa tersebut. Melibatkan orangtua dapat meningkatkan kedekatan orangtua kepada anak.

Anda bisa meminta bantuan orangtua untuk mengatasi kejahilan anaknya yang sudah mengganggu temannya yang sedang belajar. Selain itu, Anda juga perlu memastikan kepada orangtua untuk tidak memarahi anaknya dan hanya perlu mengingatkan agar tidak menjahili temannya saat proses belajar mengajar sedang berlangsung.

Cara mengatasi siswa yang menjahili teman saat belajar ini bisa Anda coba ketika ada siswa yang sering jahil pada temannya. Meskipun jahil merupakan sifat yang wajar, ada baiknya Anda mengingatkan kembali karena dapat mengganggu suasana kelas.

Berlangganan via Email