Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Bukan Standarisasi, Guru Harus Memberikan Ruang Terbuka Bagi Siswa untuk Memunculkan Kreativitas

Bukan Standarisasi, Guru Harus Memberikan Ruang Terbuka Bagi Siswa untuk Memunculkan Kreativitas

Guru harus memberikan ruang terbuka menjadi salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan. Terkadang belajar di dalam kelas menjadi hal yang sangat membosankan. Akan tetapi, guru tidak begitu memperhatikan perihal tersebut. 

Pasalnya, titik fokusnya ada pada penyampaian materi juga kurikulum. Hal yang demikian itu memanglah tidak mengapa, karena guru sendiri merupakan sebuah profesi yang paling mulia. Ruang  terbuka sangatlah penting pada kenyataannya bagi siswa. 

Karena mereka bisa saja mendapatkan banyak inspirasi dan kreativitas. Bukan hanya itu saja, tetapi untuk mereka yang tinggal di kota, justru akan bisa mendapatkan udara yang sejuk. Tenang dan nyaman saat belajar.

Mengapa Guru Harus Memberikan Ruang Terbuka?

Mungkin bagi beberapa guru, hal ini tidaklah begitu penting. Hal tersebut juga memiliki banyak kemungkinan sebenarnya. Bisa jadi ia juga sudah memiliki cara jitu supaya kreativitas murid tetap terjaga atau memang tidak mungkin melakukan pembelajaran di ruang yang terbuka. 

Tetapi tidak ada salahnya juga jika kita mengetahui kenapa sih guru itu harus memberikan ruang terbuka kepada muridnya, berikut ini penjelasannya untuk anda. Oh iya, sebaiknya anda juga ketahui bahwa perkembangan belajar anak yang berada di ruang terbuka justru lebih baik daripada mereka yang selalu menghabiskan waktu belajarnya dalam kelas.

1. Lebih Aktif Dalam Bergerak

Dengan melakukan pembelajaran di luar ruangan juga akan membuat siswa lebih aktif dalam bergerak. Maksudnya adalah siswa itu harus aktif dalam melakukan aktivitas fisik. Biasanya dalam kelas mereka hanya perlu duduk diam dan mendengarkan. 

Akan tetapi, dengan berada di luar, maka mereka juga akan lebih mudah untuk mengeksplorasi Alam juga perlu bergerak kesana-kemari mencari tahu mana yang tidak diketahui.

Nah, itu juga menjadi salah satu alasan mengapa guru harus memberikan ruang terbuka untuk muridnya. Para orang tua juga harusnya bisa melakukan hal tersebut terhadap anaknya.

2. Bermanfaat untuk Kesehatan Mata

Tahukah anda bahwa paparan sinar matahari yang hangat langsung dari alam itu sangat kaya manfaat untuk kesehatan mata? Pernyataan tersebut juga mendasari kenapa guru harus memberikan ruang terbuka kepada para siswanya. 

Selain bisa membuat mereka lebih aktif dalam bergerak, kesehatan mata juga ikut tertolong. Hal tersebut menandakan bahwa guru itu juga peduli kepada muridnya. Paparan sinar matahari tersebut juga menurunkan risiko rabun jauh.

3. Membantu Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi

Tidak sedikit pula guru yang melakukan kegiatan belajar saat di luar ruangan dengan belajar kelompok. Dengan demikian, akan membantu mereka untuk bersosialisasi dan berinteraksi dengan kawannya. Berarti penting donk ya untuk menjawab kenapa guru harus memberikan ruang terbuka.

Interaksi dan sosialisasi yang sudah mereka jalin nyatanya juga akan sangat bagus untuk melatih kemampuan dalam bersosialisasi. Hingga untuk masa mendatang mereka akan berani tampil di khalayak umum.

4. Menurunkan Stress Saat Belajar

Bukan tidak mungkin jika seorang siswa itu merasa stress saat belajar dalam kelas. Jangan salah lho ya. Jika terus-terusan dipaksa tanpa ada jeda, ya itu bakalan jadi akibatnya. untuk kepentingan guru harus memberikan ruang terbuka itu supaya rasa stress atau tekanan dalam belajar mereka itu berkurang atau bahkan hilang. 

Ingat, biarkan siswa itu berkreasi dengan imajinasi yang ada dalam otaknya, jangan pernah membalasnya. Jangan lupa juga untuk selalu mengajak mereka berdiskusi tentang pelajaran. Biarkan mereka menyampaikan pendapatnya dengan jelas dan menggunakan bahasa yang sudah ia kuasai. 

Lihat juga : Pancing Kreativitas Siswa dengan Cara-cara Berikut Ini

Kemudian mengajarkan mereka pentingnya hidup sosial. Meskipun belajar menjadikan mereka orang sukses di masa depan, akan tetapi moral juga akan lebih penting daripada sebuah kesuksesan.

Beberapa penjelasan mengenai pentingnya seorang guru harus memberikan ruang terbuka tersebut semoga menjadikan pendidikan lebih maju.