Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Menjadi Guru Inspiratif Tidaklah Sulit, Anda Hanya Perlu Melakukan Ini

Menjadi Guru Inspiratif Tidaklah Sulit, Anda Hanya Perlu Melakukan Ini
Setiap guru harus berusaha memberikan yang terbaik untuk murid-muridnya.

Peran guru sangat besar dalam membentuk generasi. Bukan hanya sebagai penyalur ilmu pengetahuan saja, guru juga mendidik, membina, memotivasi, dan menginspirasi murid-muridnya. Maka, menjadi guru yang menginspirasi sudah merupakan kewajiban. Inspirasi sendiri dapat diberikan guru melalui ucapan, tulisan, dan perilaku dalam kesehariannya. 

Inspirasi melalui ucapan dapat berbentuk dorongan, motivasi, atau nasihat untuk berbuat baik. Sementara inspirasi dari tulisan, guru dapat membuat artikel, buku, ataupun tulisan di media sosial yang bermanfaat. Tak jarang tulisan guru dapat menjadi inspirasi murid untuk menjadi lebih baik. Untuk menjadi guru inspiratif, ada beberapa hal yang dapat dilakukan yaitu:

1. Mempunyai Strategi Pembelajaran yang Baik


Guru harus menguasai materi pembelajaran dan mempunyai keterampilan mengajar yang mumpuni. Dalam mengajar, guru wajib mempunyai kompetensi pada mata pelajaran yang diajarkan. Dengan begitu, murid akan belajar dari pengalaman guru yang dapat meningkatkan kecerdasan berpikir, serta mampu menata mental dan fisik hingga menjadi pembelajar yang baik. Di samping itu, guru juga mesti memiliki tujuan, perencanaan, cara pengajaran, dan manajemen kelas. 

2. Membuat Suasana Belajar Menjadi Menyenangkan


Komitmen dan motivasi tinggi dalam mengajar, serta dapat membuat suasana belajar menyenangkan harus dimiliki oleh seorang guru. Proses belajar yang menyenangkan akan menarik minat siswa terhadap pelajaran. Tindakan yang dapat dilakukan untuk menjadikan suasana belajar menyenangkan yaitu dengan menerapkan metode pembelajaran bervariasi, membangun interaksi di kelas, mampu mengikuti perkembangan teknologi, serta kreatif dalam menyajikan materi pelajaran. 

3. Membangun Hubungan Bermakna dengan Siswa


Untuk membentuk hubungan bermakna dengan siswa, guru harus membuat mereka merasa dipahami dan didengar walau bagaimanapun prestasi mereka di kelas. Jadi, memahami dan mengapresiasi siswa dan membuat mereka merasa dipedulikan tanpa melihat prestasi akademik sangatlah penting.

4. Mendidik Murid untuk Percaya Diri


Tanpa percaya diri, murid tidak mampu memiliki empati dan merasa mampu menolong orang lain. Maka guru yang menginspirasi harus mendorong murid untuk percaya diri. Meningkatkan kepercayaan diri murid dapat dilakukan dengan mendukung, menyemangati, dan mendengar keluhan mereka, juga memberikan harapan yang tinggi serta menunjukkan ketertarikan kepada murid secara personal. Selain itu, guru dapat memancing murid untuk mengambil keputusan sendiri ataupun memberi pendapat terhadap persoalan murid lainnya.

5. Mendorong Siswa Menjadi Versi Terbaiknya


Guru yang inspiratif dapat menjadi contoh bagi siswa dengan terus berprestasi, tidak egois, menunjukkan nilai dan norma yang jelas dan tegas, serta mencontohkan kemampuan mengatasi permasalahan hidup. Melalui teladan yang Anda berikan, siswa akan termotivasi untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya.

6. Memiliki Kesadaran Penuh Sebagai Pendidik


Guru yang inspiratif berarti seorang yang memiliki kesadaran dan tanggung jawab sebagai  pendidik. Guru inspiratif juga selalu menjaga kemuliaan dan kehormatan profesinya, berusaha mendidik dan membina anak didik semaksimal mungkin, dan memiliki nilai-nilai yang dipegang erat. 

Setiap tindakan guru dapat menjadi inspirasi bagi murid-muridnya, walaupun hanya hal kecil seperti mengambil sampah yang tercecer, berbicara dengan sopan, dan mengembalikan barang yang telah digunakan pada tempatnya. Guru yang telah menerapkan sikap yang ideal berarti telah menjadi guru yang inspiratif. 

Dari tips menjadi guru inspiratif yang dipaparkan di atas, manakah sudah menjadi kebiasaan Anda? Tentunya setiap guru harus berusaha memberikan yang terbaik untuk murid-muridnya, selalu memberikan teladan kebaikan, dan menginspirasi menjadi pribadi yang berprestasi.