Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Seorang Guru Adalah Seniman, Seni Berfikir dan Meraih Hal-Hal Besar

Seorang Guru Adalah Seniman, Seni Berfikir dan Meraih Hal-Hal Besar

Seorang guru adalah seniman di dalam kelas pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Namun tahukah anda makna seniman?

Biasanya ketika kita mendengar kata seniman. Maka yang ada di benak kita merupakan seseorang yang berhubungan dengan seni. Selain itu, seniman merupakan orang yang menghasilkan sebuah karya untuk dinikmati oleh banyak orang.

Sama halnya seorang guru juga merupakan seniman. Ia senantiasa berusaha membuat dan merancang pembelajaran semenarik mungkin. Agar siswa-siswanya menjadi gemar belajar dan dapat memahami materi yang diberikan.

Selain itu, guru juga harus mampu mengetahui metode penilaian yang tepat untuk siswa-siswanya. Tak cukup sampai disitu, masih banyak hal lainnya yang dipersiapkan seorang guru selain hal-hal yang sudah dipaparkan tersebut.

Hal Hal Yang Menyatakan Seorang Guru Adalah Seniman

Tentunya karya yang dihasilkan oleh seorang guru bukan tampak seperti seniman-seniman pada umumnya. Seperti lukisan, patung, dan lain-lain. Akan tetapi membentuk akal budi pekerti manusia yang baik. Serta menciptakan manusia yang memiliki wawasan luas dan cerdas.

• Harus Mampu Menjadi Sumber Inspirasi

Seorang guru tidak hanya mampu menjadi pengajar dan pendidik yang baik. Akan tetapi juga seorang guru adalah seniman yang mampu menginspirasi murid-muridnya.

Sehingga harus mampu menjadi contoh dan tauladan yang baik bagi murid-muridnya. Guru merupakan orang tua kedua siswa saat berada di sekolah.

Hendaknya sebagai guru juga harus memposisikan bagaimana mendidik dan mengajar anak dengan baik. Tidak melulu soal nilai atau prestasi yang diraih.

Akan tetapi apabila anak tersebut mengalami suatu masalah maka guru dapat menjadi teman curhat. Selanjutnya juga memberikan saran dan motivasi agar anak tersebut menjadi lebih baik.

Sudah menjadi kewajiban seorang guru mendidik dan mengajar anak didiknya. Anak didik yang masih belum mengetahui apapun hingga sudah tahu dan mengerti banyak hal.

• Menjadi Sebuah Magnet Untuk Orang Orang Sekitarnya

Ketika seorang guru adalah seniman maka harus dapat menarik perhatian orang-orang sekitar. Seorang seniman harus mampu memikat dan menarik perhatian orang lain melalui karya-karyanya.

Sehingga seniman tersebut akan mengerahkan segala kemampuan dan kreatifitas yang dimilikinya. Begitu pula seorang guru juga harus mampu memikat siswa-siswanya.

Agar semakin giat dan rajin untuk belajar. Bahkan hingga melakukan berbagai cara dan upaya untuk mewujudkannya.

Seperti merancang metode pembelajaran yang menyenangkan namun tetap bermanfaat. Serta memahami setiap karakteristik siswa yang berbeda beda.

Selain itu juga sering menyelipkan permainan kecil atau ice breaking agar siswa-siswa tersebut enjoy dalam proses belajar mengajar.

• Guru Dapat Menyulap Siswa-siswanya

Mungkin pernyataan ini terkesan unik dan aneh. Bagaimana bisa seorang guru dapat menyulap siswa-siswanya? Tentu saja bisa.

Seorang guru adalah seniman yang mampu menyulap atau merubah anak-anak yang saat ini masih berada di usia muda. Hingga beranjak dewasa dan menjadi seorang pemimpin yang sukses.

Sejak saat dini pada usia muda guru mendidik dan mengajarkan berbagai ilmu kepada siswa-siswanya. Setiap hari mereka tak kenal lelah selalu tersenyum walaupun banyak siswanya yang nakal.

Lihat juga : 6 Tips Mendorong Siswa Agar Menjadi Versi Terbaik dari Dirinya

Perlahan namun pasti mereka percaya bahwa suatu hari kelak siswa-siswa inilah yang akan menjadi penerus bangsa. Apabila seorang guru melihat keberhasilan siswa-siswanya ini akan turut bangga dan suka cita.

Mereka merupakan seorang pahlawan tanpa tanda jasa. Selalu memberikan ilmunya untuk anak-anak didiknya tanpa pamrih.

Hanya satu harapan mereka yaitu kelak semua siswa-siswanya ini mampu berhasil di dunia kerja. Sehingga dapat meneruskan perjuangan bangsa Indonesia.