Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pelajaran Positif yang Secara Tidak Sadar Anda Bisa Ambil dari Mengajar

Pelajaran Positif yang Secara Tidak Sadar Anda Bisa Ambil dari Mengajar

Pelajaran positif yang sering kali tidak disadari oleh sebagian guru ketika mengajar sebenarnya banyak. Pasalnya dalam melakukan berbagai jenis pekerjaan. Tentunya Anda menggunakan olah rasa untuk berkomunikasi dengan orang lain maupun diri sendiri.

Oleh sebab itu salah satu jenis pekerjaan yang memiliki sisi positif yang bisa diambil yaitu guru. Guru menjadi sebuah profesi yang sangat mulia. Seorang guru merupakan pahlawan tanpa tanda jasa.

Semua hal yang dilakukan semata mata hanya untuk mengabdi pada negeri tercinta ini. Untuk mencetak dan mencerdaskan generasi bangsa.

Sehingga Indonesia mampu berkompetisi di tingkat nasional maupun internasional. Berikut beberapa hikmah yang bisa Anda ambil sebagai seorang guru. Dalam menjalani dan melaksanakan aktivitas belajar mengajar di sekolah.

Beberapa Pelajaran Positif yang Guru Dapatkan Ketika Melakukan Belajar Mengajar di Kelas

Seringkali beberapa pelajaran ini tidak disadari oleh kebanyakan guru. Oleh sebab itu simak ulasannya berikut ini!

1. Mampu Memahami Perasaan Orang Lain

Tentu saja sebagai seorang guru murid merupakan client utama dalam proses belajar mengajar. Oleh sebab itu salah satu pelajaran positif yang bisa diambil yaitu memahami perasaan murid.

Ketika proses belajar mengajar berlangsung pasti tidak semua murid memiliki karakteristik yang sama. Apalagi untuk memahami sebuah materi yang diberikan. Sehingga setiap guru menjadi paham dan bisa menyesuaikan kemampuan setiap anak.

Hal tersebut juga sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari hari. Selama bersosialisasi dengan makhluk sosial lainnya di luar sekolah.

2. Melatih Kesabaran

Pelajaran positif kedua bagi seorang guru yang didapatkan dalam proses belajar mengajar yaitu melatih kesabaran. Walaupun terlihat sepele akan tetapi belum tentu setiap orang mampu melakukannya.

Karena seorang guru akan menemui berbagai watak yang dimiliki murid. Mulai dari murid yang bandel hingga yang rajin. Pastinya guru tidak membeda-bedakan murid-muridnya. Para guru mencintai dan menyayangi murid-muridnya seperti anaknya sendiri.

Mereka rela mengajarkan berbagai hal pelan-pelan dan penuh rasa sabar. Agar murid-muridnya paham dan mengerti mengenai materi yang diberikan.

3. Membuat Orang Lain Percaya

Guru sebagai fasilitator dalam proses belajar mengajar. Tentunya mampu mengklasifikasi sumber belajar yang didapatkan murid. Oleh sebab itu guru harus bisa membuat murid percaya dengan ilmu yang telah diberikan.

Selain itu seorang guru juga harus bisa mempercayai suatu pendapat atau argumen dari murid. Karena anggapan guru selalu benar itu tidak benar. Akan tetapi guru dan murid harus saling mempercayai satu sama lain.

Guru dan murid merupakan makhluk yang belajar satu sama lain. Seorang guru juga harus belajar dari seorang murid begitupun sebaliknya.

4. Disiplin

Salah satu pelajaran positif lainnya akan diperoleh seorang guru yaitu sifat disiplin. Mulai dari pagi guru sudah harus berada di sekolah hingga pulang. Semua itu dilakukan guru dengan sifat disiplin.

Sedangkan di sisi lain seorang guru juga memiliki keluarga yang harus diprioritaskan. Oleh sebab itu seorang guru pasti bisa membagi waktu dengan disiplin antara keluarga dan pekerjaan.

Agar semuanya mampu berjalan dengan lancar. Apalagi figur seorang guru merupakan sosok yang digugu dan ditiru. Maksudnya guru harus bisa menjadi tauladan atau contoh bagi murid-muridnya.

5. Tepat Janji

Untuk prestasi yang telah dicapai murid biasanya seorang guru akan memberikan hadiah kepada muridnya. Oleh sebab itu hal tersebut bisa menjadi motivasi. Agar anak menjadi semangat dan rajin untuk bersekolah kedepannya.

Namun untuk memenuhi hal tersebut pasti seorang guru memiliki sifat tepat janji. Selain itu, pelajaran positif juga akan bermanfaat di kehidupan bersosial Anda kedepannya.