Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Membuat Murid Percaya Kemampuannya Sendiri

Tips Membuat Murid Percaya Kemampuannya Sendiri
Percaya kemampuannya sendiri.

Pernahkah anda menjumpai seorang siswa yang kurang percaya diri ketika maju di depan kelas? Bagi seorang siswa percaya kemampuannya sendiri menjadi hal yang sangat penting.

Namun untuk menumbuhkan jiwa percaya diri dalam diri siswa butuh latihan yang lama. Karena hal ini berkaitan dengan psikologis siswa tersebut.

Selain itu masing-masing siswa memiliki kepribadian yang berbeda beda. Bagi siswa ekstrovert berada di depan kelas presentasi merupakan hal yang mudah. Namun sebaliknya untuk siswa introvert berada di depan kelas merupakan hal yang menegangkan.

Oleh sebab peran guru sangat dibutuhkan agar siswa mampu menumbuhkan sikap percaya diri. Berikut tips bagi guru untuk menumbuhkan sikap percaya diri siswa.

Tips Bagi Guru Agar Siswa Percaya Kemampuannya Sendiri

Beberapa tips di bawah ini dapat anda coba agar siswa mampu menumbuhkan rasa percaya diri dalam dirinya.

1. Menghargai Usaha yang Telah Dilakukan

Sebagai guru anda perlu mengapresiasi usaha yang telah dilakukan siswa tersebut. Karena dengan menunjukkan apresiasi anak akan merasa dihargai kerja kerasnya. Sehingga siswa menjadi lebih percaya kemampuannya sendiri.

Walaupun usaha yang dilakukan siswa tersebut masih terdapat banyak kekurangan. Tetapi guru harus tetap memberikan dukungan dan semangat.

Bentuk apresiasi yang bisa diberikan bermacam macam. Selain itu bentuk apresiasi tidak hanya berbentuk materi saja. Akan tetapi dapat berupa pujian, tepuk tangan, acungan jempol, dan lain lain.

2. Mendorongnya untuk Berlatih

Agar seorang siswa terbiasa percaya kemampuannya sendiri perlu melakukan latihan. Mulai dari hal kecil lalu berlanjut ke hal yang lebih besar. Cara yang bisa anda coba sebagai seorang guru yaitu memberikan kesempatan anak mengungkapkan pendapatnya.

Lihat juga : Cara Terbaik Menghadapi Anak yang Memiliki Karakter Pemalu

Pendapat tersebut bisa disampaikan pada forum seperti saat berkelompok maupun di depan kelas. Dengan latihan kecil seperti ini nantinya akan tumbuh kebiasaan dalam diri siswa tersebut.

3. Memberikan Kepercayaan Anak untuk Menyelesaikan Masalah Sendiri

Tips ini merupakan salah satu hal manjur yang bisa anda coba untuk membuat anak percaya kemampuannya sendiri. Ketika seorang siswa mengalami masalah anda jangan terlalu ikut campur ke dalamnya.

Cukup dengan mengarahkan dan memberikan dukungan agar anak menjadi bersemangat. Apabila anda sebagai guru turun tangan penuh dengan masalah yang dialami. Bisa jadi itu menjadi faktor penghambat siswa tersebut untuk bersikap percaya diri.

Karena siswa akan menganggap bahwa ia masih membutuhkan bantuan orang lain. Untuk menyelesaikan masalah sepele. Sehingga untuk masalah yang lebih besar ia merasa tidak mampu dan tidak percaya diri.

4. Berani Mencoba Hal Baru

Hal baru yang terjadi dapat menjadi tantangan tersendiri bagi seorang siswa. Karena sikap penasarannya yang membuatnya percaya kemampuannya sendiri.

Berikan motivasi agar siswa menjadi lebih berani dan keluar dari zona nyaman. Dengan  demikian diharapkan mampu menunjukkan bakat-bakat yang terpendam dalam diri siswa tersebut.

Sehingga anak menjadi bersemangat menemukan jati diri dan minat yang terpendam dalam dirinya.

5. Jangan Memberikan Perlakuan Khusus

Memang setiap anak memiliki kepribadian yang beragam. Namun hal ini bukan berarti anak tersebut mendapat perlakuan khusus. Akan tetapi guru bisa menggunakan metode yang berbeda untuk menghadapi kepribadian yang berbeda beda ini.

Apalagi saat berada di situasi bersama banyak orang. Jangan pernah meremehkan kemampuan siswa tersebut. Karena hal tersebut tidak dapat memicu anak percaya kemampuannya sendiri. Justru sebagai seorang guru anda harus membersamainya. Agar rasa takut maupun khawatir dalam diri anak tersebut berkurang.