Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Perasaan yang Akan Kamu Rasakan Saat Masuk Jurusan PGSD

Perasaan yang Akan Kamu Rasakan Saat Masuk Jurusan PGSD

Masuk jurusan PGSD merupakan impian atau bahkan sebuah paksaan bagi sebagian orang. Mengapa ada dua sudut pandang tersebut?

Apabila bercita-cita menjadi guru SD yang profesional, maka jurusan yang satu ini bisa kamu pilih. Selain itu jurusan PGSD tidak selalu outputnya menjadi guru SD.

Kamu bisa mengembangkan bakat sesuai dengan kemampuanmu. Namun pada dasarnya kamu nantinya akan dibimbing untuk menjadi guru SD. Bahkan materi kuliah yang akan kamu pelajari juga seputar materi-materi pelajaran anak SD.

Lihat juga: Tips Bagi Pelamar CPNS Formasi Guru SD Agar Lolos Tes CPNS

Akan tetapi justru guru SD ini memiliki tugas dan peran yang sangat mulia. Tanpa adanya guru dan pendidikan Indonesia akan semakin tertinggal oleh negara maju lainnya.

Jurusan PGSD memiliki peminat tertinggi di beberapa universitas yang ada di Indonesia. Menurut statistik jumlah mahasiswa PGSD 50% dari total keseluruhan mahasiswa yang ada di universitas tersebut.

Simak ulasannya lebih lanjut mengenai jurusan terfavorit di beberapa universitas bergengsi di Indonesia ini.

Perasaan yang Akan Kamu Rasakan Saat Masuk Jurusan PGSD

Beberapa perasaan di bawah ini mungkin bisa mewakili beberapa perasaan pembaca rasakan di luar sana.

1. Merasa Senang Akhirnya Diterima di Jurusan Ini

Bagi kamu yang selama ini sudah susah payah menginginkan masuk jurusan PGSD dan akhirnya diterima. Maka hal ini menjadi momentum yang tidak pernah kamu lupakan seumur hidupmu.

Dari beberapa ribu orang di luar sana yang sama-sama berjuang ingin masuk jurusan yang sama denganmu. Akhirnya kamu bisa menjadi salah satu dari ribuan orang tersebut.

Semua perjuangan dan keluh kesah terbayarkan dengan puas apabila kamu bisa masuk jurusan ini. Selain itu tentunya kamu juga akan merasa bangga atas pencapaianmu ini.

Keluarga dan seluruh teman-teman mu juga memberikan ucapan selamat. Juga ikut berbahagia atas kemampuan yang bisa kamu capai ini.

2. Sebagian Orang Masih Menganggap Remeh Jurusan Ini

Tentunya saat menginjak bangku kuliah pertama kalinya kamu akan mendapatkan berbagai pertanyaan. Pertanyaan tersebut justru terkadang datang dari orang-orang terdekatmu. Seperti keluarga, teman, tetangga dan lain-lain.

Salah satu pertanyaan yang mungkin sering kamu dengar yaitu berupa kalimat-kalimat yang kurang nyaman di dengar. Seperti "Kamu masuk jurusan PGSD? Besok bakal jadi guru. Sewaktu sekolah dulu saja banyak bolos. Kok mau jadi guru?".

Setelah kamu mendengar beberapa kalimat tersebut mungkin mentalmu akan menjadi down. Akan tetapi justru jadikanlah kata-kata itu menjadi motivasi. Agar mampu membuktikan bahwa kamu bisa menjadi guru yang baik dan profesional.

3. Merasa Kaget dengan Materi yang Dipelajari

Mungkin ada beberapa orang yang belum mengetahui. Bahwa masuk jurusan PGSD ini akan mempelajari mata pelajaran yang hampir sama sewaktu di bangku SMA.

Anda akan mempelajari mata pelajaran bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS dan lain-lain. Karena kamu dibimbing dan di persiapkan untuk menjadi guru SD.

Maka tentunya kamu harus menguasai beberapa materi tersebut. Sehingga ketika kamu menyampaikan materi tersebut di depan kelas dapat memberikan wawasan baru bagi anak-anak SD.

4. Berpenampilan Rapi dan Sopan

Saat kamu masuk jurusan PGSD nantinya kamu akan mengetahui beberapa aturan berpakaian pada saat kuliah. Jurusan ini tidak seperti jurusan-jurusan lainnya. Seperti memperbolehkan mahasiswa mengenakan celana jeans, kaos, dan lain-lain.

Sebagai pendidik tentunya kamu harus dapat memberikan contoh teladan yang baik bagi siswa-siswamu. Oleh sebab itu calon-calon guru SD ini harus berpenampilan sopan dan rapi. Agar mencerminkan sifat teladan tersebut.

Biasanya mahasiswa perempuan PGSD menggunakan setelan rok panjang hitam dengan kemeja putih di atasnya. Bisa juga menggunakan setelan rok panjang hitam dengan batik. Sementara itu, saat masuk jurusan PGSD mahasiswa laki-laki juga tinggal menyesuaikan yaitu dengan menggunakan celana kain hitam panjang.