Dapat Dijadikan Pekerjaan Sampingan, Ini Tips Mengajar Les Privat
Cari Berita

Atas


Dapat Dijadikan Pekerjaan Sampingan, Ini Tips Mengajar Les Privat

Minggu, 15 September 2019

Dapat Dijadikan Pekerjaan Sampingan, Ini Tips Mengajar Les Privat
Menjadi guru les privat merupakan pekerjaan yang dituntut harus profesional

Pekerjaan sampingan menjadi salah satu sumber penghasilan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Terlebih bagi para mahasiswa yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan, beberapa pekerjaan sampingan bisa dilakukan sembari menyelesaikan masa perkuliahannya. Nah, salah satu pekerjaan sampingan yang paling banyak diminati adalah mengajar les privat. Nah, bagi yang baru mencoba pekerjaan ini, berikut tips mengajar les privat yang bisa Anda coba.

Tips Mengajar Les Privat yang Baik


Menjadi guru les privat bukan berarti tanpa ketrampilan yang memadai. Terlebih menjadi guru les privat merupakan pekerjaan yang dituntut harus profesional karena memiliki tanggung jawab yang cukup besar terhadap prestasi akademik anak didik. Agar selama menjadi guru les privat dapat berjalan lancar, berikut hal yang bisa Anda lakukan.

1. Datang Tepat Waktu

Kedisiplinan menjadi salah satu kunci kepercayaan seseorang. Begitu pula jika Anda datang tepat waktu ketika akan mengajar les privat. Terlebih jika Anda baru pertama kali ke rumah anak didik, ada baiknya Anda mengetahui lokasinya terlebih dahulu untuk menghindari keterlambatan ketika mengajar untuk pertama kalinya.

2. Menggunakan Pakaian yang Sopan

Meskipun mengajar les privat merupakan sebuah pekerjaan sampingan, Anda tetap harus menggunakan pakaian yang sopan dan rapi. Selain itu, ada baiknya Anda juga membersihkan diri sebelum berangkat les agar anak didik nyaman ketika Anda berdekatan dengannya. Selain menggunakan pakaian sopan, membawa peralatan tulis pribadi juga diperlukan, sehingga Anda tidak perlu meminjam alat tulis milik anak didik.

3. Meningkatkan Kemampuan Diri

Mengajar les privat merupakan sebuah pekerjaan sampingan yang profesional. Tips mengajar les privat ini menjadi kunci keberhasilan Anda menjadi guru les privat. Anda bisa mencari tahu terlebih dahulu data diri anak didik sebelum mempersiapkan materi yang akan diberikan selama les berlangsung. Selain itu, sebaiknya Anda menguasai materi yang akan diajarkan kepada anak didik.

4. Komunikasi dengan Orang Tua Anak Didik

Hal sepele yang paling banyak diabaikan oleh para guru les adalah komunikasi dengan orang tua anak didik. Hal ini akan mencairkan suasana ketika Anda pertama kali mengajar les privat. Anda bisa berbincang mengenai kegiatan sehari-hari Anda ataupun menanyakan hal-hal yang berhubungan dengan anak didik yang akan diajar.

5. Tanyakan Kesulitan Anak Didik

Di saat Anda mengajar suatu materi kepada anak didik, ada baiknya Anda juga melakukan komunikasi dua arah dengan menanyakan kesulitan yang sedang dihadapi oleh anak didik. Anda bisa menjelaskan beberapa pembahasan soal agar anak didik semakin paham terhadap kesulitan yang dihadapi. Jika perlu, Anda bisa memanfaatkan teknologi, seperti video edukasi agar anak didik menjadi lebih paham.

6. Menjadi Teman Belajar yang Baik

Menjadi guru les privat bukan berarti Anda harus bertindak seperti guru yang ada di kelas. Agar suasana les tidak kaku dan anak didik menjadi lebih akrab, Anda bisa memposisikan diri Anda sebagai teman belajar yang baik. Anda bisa bersikap santai, bahkan bisa diselingi dengan canda tawa agar suasana les tidak menjadi tegang.

7. Mengapresiasi Anak Didik

Ketika anak didik Anda mendapatkan sebuah prestasi atau berhasil mengerjakan soal yang diberikan, sebaiknya Anda mengapresiasi keberhasilannya itu. Dengan adanya apresiasi dari Anda akan membuat anak didik semakin terpacu untuk lebih bersemangat dalam belajar.

Meskipun menjadi guru les adalah sebuah pekerjaan sampingan, Anda tetap harus bersikap profesional saat mengajar. Semoga informasi mengenai tips mengajar les privat di atas bermanfaat untuk Anda yang akan memulai sebagai guru les privat.