Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mengenal Jurusan Kuliah Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Mengenal Jurusan Kuliah Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) bisa menjadi salah satu rekomendasi jurusan setelah anda lulus sekolah nanti. Terlebih jika anda senang melakukan interaksi dengan anak-anak. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar bisa menjadi solusi yang tepat. Untuk itu perlu anda ketahui seperti apa jurusan PGSD tersebut?

Penjelasan Mengenai Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Anda bisa menyimak penjelasan dibawah ini mulai dari mata kuliah yang akan dipelajari. Dengan begitu, bila anda berkeinginan untuk kuliah PGSD, maka anda sudah tidak bingung lagi akan mengambil program studi yang mana.

Apa Itu Program Studi PGSD?

Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar akan mempersiapkan seseorang mahasiswa nantinya menjadi guru SD (Sekolah Dasar). Pada juruan ini memang menjadi favorit untuk siswa siswi SMA yang akan terjun ke dunia pendidikan.

Bila anda mengambil prodi PGSD, pastinya anda akan mempelajari semua materi yang diajarkan di SD. Mulai dari Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Pkn, IPS, IPA, Kesenian, dan lain sebagainya.

Lihat juga: Kalau Tidak Kuat Mental, Jangan Masuk Jurusan PGSD

Bukan hanya tentang pemahaman bagian akademis saja, melainkan anda juga terdapat tuntutan untuk bisa memahami karakter serta pengembangan kepribadian. Misalnya saja seperti sikap sopan santun, pintar, disiplin, dan juga berjiwa sosial.

Kedepannya, anda akan bertanggung jawab dalam membangun sebuah kepribadian siswa sejak dini. Setelah anda menjadi seorang guru, anda akan mempersiapkan siswa siswi SD dalam menapaki pendidikan selanjutnya dengan memberina pondasi ilmu yang berguna.

Mengapa Masuk Dalam Prodi PGSD?

Kemungkinan Pendidikan Guru Sekolah Dasar tidak seterkenal prodi prodi yang menjadi favorit. Misalnya saja seperti prodi kedokteran, komunikasi, hukum, teknik mesin, dan lain sebagainya. Akan tetapi, pada jurusan ini mempunyai peran yang sangat penting untuk Masa depan negara Indonesia.

Sekarang ini, negara Indonesia memerlukan tenaga dalam mengajar yang memiliki kualitas unggul. Khususnya banyak untuk daerah yang di luar pulau Jawa. Hal tersebut sangat menantang kan?

Mata Kuliah yang Akan Dipelajari

Pada prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), tentunya anda akan mempelajari mengenai psikologi, manajemen penyidikan, sampai dengan pelajaran-pelajaran yang ada di Sekolah Dasar. Nantinya anda akan belajar beberapa mata kuliah. Contohnya seperti

  • psikologi pendidikan
  • pengantar pendidikan
  • pengembangan kurikulum SD
  • strategi belajar dalam mengajar SD
  • pendidikan kewarganegaraan
  • profesi keguruan, kajian PPKn SD
  • ilmu budaya dasar, dan lain sebagainya.

Prospek Dalam Kerja

Untuk kedepannya anda memiliki prospek bekerja yang sangat jelas yaitu menjadi seorang guru sekolah dasar. Hal tersebut sesuai dengan nama program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Sekarang ini, guru SD masih sangat sedikit dalam ketersediaannya dan juga belum bisa memenuhi kebutuhan. Khususnya untuk daerah-daerah yang masih sangat pedalaman.

Jika anda telah memutuskan dalam memilih melanjutkan kuliah di prodi ini. Maka anda harus dapat berkarya untuk daerah yang masih pedalaman. Dimana, daerah tersebut sangat membutuhkan tenagamu menjadi seoran guru SD. Bukan hanya menjadi guru SD saja, melainkan anda bisa juga menjadi seorang pengajar dalam bimbingan belajar.

Pilihan Kampus dengan Jurusan Tersebut

Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, bisa anda temukan di universitas negeri maupun universitas swasta. Untuk Universitas negeri yang membuka prodi tersebut. Diantaranya Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Semarang, Universitas Sebelas Maret, dan lain sebagainya.

Sementara untuk universitas swasta, anda bisa memilih prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Antara lain di Universitas Sanata Dharma, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Muhammadiyah Jakarta, dan lain sebagainya.

Anda bisa menyiapkan diri anda mulai dari sekarang untuk bisa masuk ke jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).