Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

4 Bukti Ciri-Ciri Anak Optimis dan Percaya Diri

4 Bukti Ciri-Ciri Anak Optimis dan Percaya Diri

Ciri-ciri anak optimis dan percaya diri bisa dilihat dari berbagai segi. Meragukan kemampuan diri sendiri dan memiliki pikiran negatif membuat anak merasa pesimis. Berbeda dengan anak yang memiliki sifat optimis, tentu akan memiliki sifat bertolakbelakang. Anak yang memiliki sifat optimis dan percaya diri akan melihat semua hal dengan hati. Bahkan hidupnya akan lebih bersemangat.

Peluang akan lebih terlihat daripada melihat adanya masalah. Meski demikian, bukan berarti anak yang memiliki kedua sifat tersebut jauh dari masalah dan kegagalan. Lantas apa yang anak Anda miliki, apakah optimis atau justru pesimis? Untuk bisa menghadapi adanya hal tersebut, ada ciri-ciri untuk bisa mengetahui adanya sifat pada anak.

Inilah Ciri-Ciri Anak Optimis dan Percaya Diri

Setiap anak memiliki sifatnya masing-masing, termasuk ada yang minder dan percaya diri. Bahkan ada juga yang memiliki sifat pesimis dan optimis. Bagi Anda yang memiliki anak dengan sifat optimis dan percaya diri, tentu memiliki ciri-ciri sendiri. Anak yang optimis tentu akan percaya diri dan mampu menghadapi banyak masalah. Untuk bisa membedakan antara sifat optimis yang dimiliki anak, berikut ciri-cirinya.

1. Mampu Memotivasi Dirinya Sendiri

Ciri-ciri anak optimis dan percaya diri yang pertama yaitu mampu memotivasi dirinya sendiri. Bahkan anak akan melihat banyak peluang dan lebih bersedia untuk mengambil tindakan tentang yang diinginkan. Anak akan melakukan hal-hal yang baru. 

Lihat juga : Manfaat Memberi Motivasi dan Penguatan bagi Siswa

Hal ini karena anak tidak akan takut jika terjadi kegagalan. Seorang anak yang optimis, dirinya akan mampu mendatangkan motivasi dari dalam diri. Mengetahui jika impian di depan mata, maka anak akan terdorong untuk maju dan berkembang.

2. Mengucap Rasa Syukur

Anak-anak dengan sifat optimis yang tinggi juga mampu mengucap rasa syukur untuk menunjukkan rasa terimakasih. Apapun yang terjadi, anak akan tetap merasa bersyukur. Apalagi jika sesuatu tidak berjalan sesuai yang diinginkan, maka dirinya tidak akan putus asa. Bahkan tidak ada gunanya untuk menyesali hal yang telah terjadi. Oleh karena itu, anak memilih bersyukur dengan apa yang dihadapi.

3. Dikelilingi dengan Orang Positif

Anak yang memiliki rasa percaya diri juga mempunyai teman dengan sifat sama. Sehingga akan berteman dengan orang-orang positif. Hal ini bukan tanpa alasan. Karena energi yang menular sehingga menyesuaikan diri dengan kebiasaan yang ada.

4. Tidak Mendengarkan Para Penentang

Sebagian besar orang yang sukses tidak akan mendengarkan para penentang. Dengan rasa optimis yang ada, dirinya akan lebih percaya diri pada setiap hal yang kemungkinan terjadi. Sehingga ketika seseorang memberitahu jika ada hal yang tidak terjadi, maka anak optimis tidak akan mendengarkannya. Hal inilah yang menjadi ciri-ciri anak optimis dan percaya diri.