Cara Membentuk Mental Anak Agar Tahan Banting
Cari Berita

Atas


Cara Membentuk Mental Anak Agar Tahan Banting

Senin, 27 Mei 2019

Cara Membentuk Mental Anak Agar Tahan Banting
Ada cara membentuk mental anak agar tahan banting dan beberapa kebiasaan pendukungnya. Cara ini juga membentuk anak menjadi pribadi yang baik hati.

Membentuk mental anak yang tahan banting merupakan hal yang sangat penting dilakukan oleh para orangtua. Ada 5 cara membentuk mental anak agar tahan banting. Selain itu juga agar anak menjadi pribadi yang baik hati dan senantiasa optimis. Untuk lebih jelasnya, simak uraian berikut ini.

5 Cara Membentuk Mental Positif Anak


Timbulnya mental yang positif tidak bisa ada begitu saja. Terdapat 5 cara membentuk mental anak agar tahan banting yang bisa Anda coba terapkan.Dengannya anak akan selalu optimis, tahan banting serta baik hati.

• Menjadi Contoh

Jadilah contoh yang baik untuk anak Anda. Biasakan Anda untuk mengatakan tolong setiap meminta bantuan dan mengatakan maaf ketika melakukan kesalahan. Ucapan yang positif ini akan menular kepada anak secara otomatis nantinya.

• Ekspresikan Kasih Sayang

Rasa cinta kepada anak harus Anda tunjukkan meskipun lewat hal-hal sederhana. Misalnya seperti mengusap kepalanya sebelum tidur, membuat kue kesukaannya, memeluk serta menciumnya. Cara seperti ini akan membuat anak merasakan bahagia, nyaman dan juga percaya diri. Pada akhirnya anak akan menirukan sikap kasih sayang tersebut terhadap orang-orang yang ia sayang.

• Menyediakan Waktu Khusus

Berikanlah anak kesempatan untuk mencurahkan segala yang ada di pikirannya. Selain itu dengarkanlah apa saja yang dikatakan oleh anak dengan sabar. Puji juga keberaniannya di dalam berekspresi lewat suatu cerita. cara membentuk mental anak agar tahan banting  ini akan membuat anak menjadi merasa dihargai pada lingkungannya.

• Melatih Sikap Ramah

Latihlah anak untuk bersikap ramah yaitu dengan menyapa tetangga ataupun petugas keamanan dan kebersihan ketika mengajak anak jalan-jalan di sekitar kompleks. Pastikan anak menyapa mereka dengan senyum yang tulus. Berikan ia pengertian bahwa lewat cara sederhana ini bisa membuat dirinya serta orang lain menjadi senang.

• Pesan Positif dari Buku

Anda bisa mengajarkan anak mengenai pentingnya menolong kepada sesama, nilai-nilai toleransi serta kejujuran. Agar anak tertarik untuk mendengarkannya, sampaikanlah cerita-cerita tersebut dengan komunikatif.

Kebiasaan untuk Membangun Mental yang Kuat


Membangun mental yang kuat diperlukan kebiasaan selain menerapkan cara membentuk mental anak agar tahan banting di atas, Anda perlu melakukan beberapa kebiasaan untuk membangun mental anak.

• Kecerdasan Emosional

Kecerdasan emosional diperlukan untuk membangun mental yang kuat. Latihlah anak untuk bisa mengelola emosinya. Hal ini karena seseorang tidak akan bisa memiliki mental yang kuat tanpa adanya kemampuan untuk memahami serta mengendalikan emosi negatif yang ada di dalam dirinya.

• Menerima Kegagalan

Ajari anak untuk mau menerima kegagalan. Pahamkan kepada anak bahwa setiap apa yang diusahakan tidak selalu menghasilkan seperti yang diinginkan. Rasa ikhlas menerima kegagalan akan membuat anak menjadi pribadi yang tahan banting.

• Percaya Diri

Latihlah anak agar menjadi pribadi yang percaya diri. Kepercayaan diri anak terhadap sesuatu yang bersifat positif akan membantunya untuk menginspirasi anak lainnya yang ada di sekitarnya.

• Adaptasi dengan Perubahan

Mental yang kuat bisa terbangun jika anak mampu beradaptasi terhadap perubahan lingkungannya dan bersifat fleksibel. Ketakutan mengenai perubahan akan menimbulkan kekhawatiran serta cemas yang berlebihan. Anda bisa melatih anak agar terbiasa beradaptasi dengan perubahan. Misalnya yaitu dengan mengajak anak untuk berada dalam lingkungan yang tidak seperti biasanya. Hal ini akan bermanfaat untuk anak kelak ketika sudah dewasa.

Jadi, bagi Anda yang menginginkan anak agar bermental positif 5 cara membentuk mental anak agar tahan banting di atas bisa coba untuk dilakukan. Selain itu, beberapa kebiasaan untuk membangun mental anak agar kuat di atas juga bisa diterapkan.