Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Alternatif Model Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Blog saat Pandemi

Alternatif Model Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Blog saat Pandemi

Munculnya pandemi membuat semua bidang pekerjaan beralih sistem menjadi digital. Salah satunya guru yang harus melakukan model pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran jarak jauh ini membuat siswa dan murid melakukan pembelajaran secara daring atau online.

Meskipun pandemi mengubah sistem kerja, kita masih bisa memanfaatkan teknologi yang ada. Tidak semua murid memiliki akses internet yang cukup baik, pastikan kamu memilih model pembelajaran yang lebih hemat dan mudah seperti blog. 

Dengan platform blog, kamu bisa mengunggah materi, gambar, maupun soal secara online dengan setting tertentu agar lebih menghemat kuota yang mengakses blog kamu. Mau tahu selengkapnya? Yuk simak artikel berikut ini!

Apa Itu Blog?

Blog adalah sebuah laman website yang kontennya dikelola oleh satu atau lebih penulis. Kontennya sendiri bisa berupa artikel, foto, video, atau link menuju website lain. Istilah blog diambil dari kata web dan log. 

Baik dikelola oleh individu maupun kelompok, blog bisa menjadi sarana untuk personal branding dan bukti profesionalitas kamu. Bahkan dalam beberapa kesempatan, blog juga bisa menghasilkan uang. Oleh karena itu, blog sangat bermanfaat bagi sebagian orang.

Jenis blog sendiri terdiri dari berbagai macam mulai dari pribadi hingga bisnis. Blog pribadi adalah jenis blog yang disarankan sebagai media pembelajaran. Isinya bisa secara bebas dilihat siapa saja. Sedangkan, blog profesional memiliki batasan tertentu untuk konten yang diterbitkan. Untuk jenis blog bisnis, biasanya digunakan untuk trafik perusahaan.

Mengapa Blog Bisa Menjadi Sarana Belajar?

Blog bersifat open source atau sumber terbuka, sehingga siapapun dapat mengaksesnya. Kita sebagai pemilik blog, tentu mudah untuk memodifikasi isi blog agar sesuai dengan kebutuhan pengguna. Dalam konteks PJJ, pengguna adalah murid.

Sebagai media pembelajaran, kita bisa menyediakan materi berupa tulisan, gambar, maupun video melalui blog. Secara tidak langsung, murid juga ikut mempelajari cara mengakses informasi dan meningkatkan keterampilan teknologinya melalui media pembelajaran blog.

Jika semua guru berinisiatif menerapkan teknologi yaitu blog sebagai media pembelajaran, maka kualitas pembelajaran murid akan jauh lebih baik dari sebelumnya. Isi blog mudah diakses oleh murid karena rata-rata template-nya sudah mobile friendly. Murid juga bisa mengakses materi secara berulang-ulang apabila mereka ingin mempelajari kembali pelajarannya.

Bagaimana Cara Membuat Blog?

Ada dua platform yang menyediakan template blog yaitu Blogger dari Google dan WordPress. Meskipun blogger gratis namun kita tidak bisa memodifikasi permalink-nya serta template yang ada jauh lebih simpel atau monoton. Jauh lebih baik menggunakan WordPress sebagai platform untukmu membuat blog.

Agar blog kamu terlihat lebih profesional, gunakanlah domain (alamat website) yang sesuai dengan branding. Misalnya seperti google.com yang melakukan branding pada Google. Nah, kamu bisa menggunakan namamu sendiri sebagai domain blog kamu. 

Selain itu, kamu memerlukan web hosting yang menjadi tempat penyimpanan data dan file dalam blog kamu. Belum lagi kamu memerlukan plugin yang bisa menambahkan fitur tertentu sehingga blog anda akan lebih kredibel untuk dibaca atau referensi materi murid-murid anda.

Setelah membaca ketentuan tersebut, pastinya dapat terlihat bahwa biaya yang dibutuhkan untuk membuatnya cukup mahal. Soal itu, kamu tidak perlu khawatir lagi. Niagahoster menyediakan jasa hosting murah gratis domain untuk membuat model pembelajaran jarak jauh semakin menarik dan mudah diakses murid.

Tunggu apalagi? Buatlah gebrakan baru sedini mungkin, demi pendidikan yang berkualitas dan melek teknologi. Maju pendidikan Indonesia!