Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

4 Tips Menghadapi Ujian Seleksi Kompetensi PPPK Guru 2021

4 Tips Menghadapi Ujian Seleksi Kompetensi PPPK Guru 2021

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbudristek, Iwan Syahril memberikan beberapa tips untuk menghadapi ujian Seleksi Kompetensi PPPK Guru 2021 yang akan dimulai pekan depan, Senin (13/9/2021).

"Kami sangat ingin sekali para guru untuk terus mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya, sehingga pada waktu seleksi nantinya dapat menjalani dengan baik," kata Iwan.

Ujian Seleksi Kompetensi PPPK Guru tahap 1 akan dilaksanakan pada tanggal 13-17 September 2021 mendatang. Ujian akan digelar di 1.100 titik lokasi yang tersebar di 500 kabupaten/kota.

Peserta dapat mengecek lokasi ujian dengan mengakses akun SSCASN masing-masing pada laman https://sscasn.bkn.go.id/. Kartu ujian dapat dicetak mulai tanggal 9 hingga 12 September 2021.

Tips Hadapi Seleksi Kompetensi PPPK Guru 2021

Iwan memberikan 4 tips yang bisa dilakukan guru honorer dalam menghadapi ujian Seleksi Kompetensi I PPPK Guru 2021. Mulai dari persiapan teknis hingga psikologis.

1. Jaga Kesehatan, Pola makan, hingga Istirahat yang Cukup

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menjaga kesehatan tubuh. Beberapa cara yang dapat dilakukan oleh para peserta Seleksi Kompetensi PPPK Guru adalah makan, minum, dan istirahat yang cukup.

"Istirahat penting ya bapak ibu, jadi pastikan istirahat yang cukup. Karena itu sangat berpengaruh juga dalam hal menjalani seleksi ujian nantinya," kata Iwan.

2. Cek Lokasi Ujian

Sebelum melakukan ujian, Iwan juga berpesan agar para peserta seleksi PPPK Guru mengecek lokasi ujian terlebih dahulu. Hal tersebut dilakukan untuk memperkirakan waktu untuk sampai di lokasi ujian agar tidak terlambat. Lokasi ujian dapat dicek melalui akun masing-masing.

3. Mempelajari Berbagai Bahan Latihan

Tips selanjutnya yang tidak kalah penting adalah berlatih soal-soal terkait Uji Kompetensi PPPK Guru. Ada banyak berbagai sumber pembelajaran dan latihan yang tersedia di internet. Kemendikbudristek juga sudah memberikan fasilitas melalui program Guru Belajar dan Berbagi.

"Untuk mendukung para guru dalam mengikuti seleksi guru ASN PPPK 2021 ini, kami juga telah memberikan bahan-bahan belajar juga termasuk tryout-tryout dan fasilitasi belajar melalui komunitas, melalui program guru belajar dan berbagi terutama seri belajar mandiri calon Guru ASN PPPK," jelas Iwan.

4. Berdoa

Hal lain yang turut berpengaruh dalam kesiapan ujian adalah berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Iwan mengatakan, doa restu dari keluarga dan orang-orang terkasih akan menjadi penguat para peserta ujian Seleksi Kompetensi I PPPK Guru 2021.

"Tentunya doa restu dari keluarga dan orang-orang terkasih akan terus menguatkan bapak ibu, termasuk dari kita yang hadir di sini," kata Iwan yang SekolahDasar.Net kutip dari detikcom (10/09/21).