Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

6 Tips Cara Lolos Tes PPPK Bagi Guru Honorer SD

6 Tips Cara Lolos Tes PPPK Bagi Guru Honorer SD

PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) merupakan program dari pemerintah yang bila diterima orang tersebut akan menjadi ASN dengan besaran gaji yang sama seperti PNS.

Hal ini tentunya menjadi kesempatan yang besar bagi para guru honorer, yang kebanyakan adalah guru SD. Karena, sebagian guru honorer ada digaji di bawah standar UMR. Selain itu, PPPK ini juga memberikan kesempatan yang besar dengan membuka kuota sebanyak 1 juta guru.

Lihat juga: Selain Gaji Tak Manusiawi, Ini 5 Hal yang Hanya Dirasakan oleh Guru Honorer

Sepertinya akan ada banyak guru yang mengikuti program ini, baik itu guru SMA, SMP, bahkan SD. Karena itulah, kesempatan untuk lolos pun semakin kecil. Perlu sekiranya persiapan yang matang untuk menghadapi seleksi, apalagi tes.

Berikut kami rangkum cara lolos tes PPPK bagi guru honorer SD

1. Buat jadwal belajar

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum semuanya adalah membuat rencana belajar. Sebelum itu, pastikan bahwa Anda telah mengetahui materi apa saja yang diujikan. Kami merekomendasikan durasi belajar sekitar 3-4 jam setiap hari. Dengan setiap harinya merupakan materi yang berbeda.

2. Pelajari materi yang akan diujikan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mempelajari materi apa saja yang akan diujikan. Dilansir dari detik.com, materi tes yang akan diberikan terdiri dari kompetensi teknis, manajerial, sosio kultural. Selain itu, para peserta juga direncanakan akan melewati serangkaian tes wawancara berbasis komputer. Google dan Youtube merupakan 2 tempat terbaik untuk mempelajari materi tes. Tapi, belajar lewat buku juga merupakan pilihan yang tepat bagi yang memilikinya.

3. Perbanyak latihan soal

Setelah mempelajari semua materi yang akan diujikan, selanjutnya adalah memperdalam pemahaman akan materi tersebut dengan latihan soal. Latihan soal juga akan membuat Anda terbiasa dengan soal-soal yang sulit untuk dipecahkan. Untuk soal-soalnya juga tidak sulit untuk didapatkan. Google merupakan tempat terbaik untuk mencarinya. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan Youtube sebagai media latihan soal. Kerjakan dulu soalnya, kemudian lihat penyelesaiannya lewat video yang Anda tonton.

4. Lakukan simulasi secara rutin

Jika terlalu sulit untuk menemukan platform simulasi bagi tes PPPK, Anda bisa mencobanya secara manual. Pertama, cari kumpulan soal yang sekiranya dibutuhkan. Kedua, kerjakan soal tersebut sesuai dengan batas waktu yang biasanya disediakan saat tes PPPK. Selain itu, lakukan pengerjaan soal ini secara rutin sekitar 1 kali seminggu. Tujuannya agar Anda bisa terbiasa dalam mengerjakan soal di bawah tekanan.

5. Sharing dengan sesama calon PPPK

Masuklah ke grup Facebook atau WhatsApp yang bertema PPPK. Selain bisa berinteraksi, di sana Anda juga bisa menanyakan soal yang menurut Anda sulit. Selain itu, Anda juga bisa terus update dengan informasi yang dikabarkan pada grup tersebut.

6. Buat strategi pengerjaan soal

Dilansir dari detik.com, jumlah soal tes kompetensi teknis adalah 70-100 butir, dengan jenis pilihan ganda lima opsi. Tes manajeral 20-30 soal pilihan ganda, dan tes sosio kultural berjumlah 5 soal yang juga merupakan pilihan ganda. Durasi tes yang direncanakan adalah 120-160 menit. Asumsikan durasinya adalah 120 menit. Maka Anda hanya punya waktu 1,26 menit untuk mengerjakan setiap soal, dengan syarat jumlahnya merupakan kemungkinan terendah, yaitu 70, 20, dan 5.

Tapi, 2 materi terakhir memerlukan durasi yang cukup banyak. Jadi, asumsikan saja 1,5 menit untuk manajerial, dan 2 menit untuk mengerjakan sosio kultural. Maka, Anda harus mampu mengerjakan soal tes kompetensi teknis dengan durasi 1,1 menit per soal.

Demikianlah beberapa tips cara lolos tes PPPK bagi guru honorer SD. Perlu diketahui bahwa lolos tidaknya Anda juga tergantung pada kerja keras, do’a, dan juga keberuntungan.