Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Dambaan Ini Mungkin Dimiliki Seorang Guru untuk Masa Depan

5 Dambaan Ini Mungkin Dimiliki Seorang Guru untuk Masa Depan

Semua orang memiliki dambaan untuk masa depannya masing-masing, termasuk seorang guru. Sebagai pengajar, guru pasti mendambakan banyak hal, entah itu untuk dirinya, keluarganya, maupun anak didiknya. Karena itu, inilah beberapa dambaan yang mungkin dimiliki seorang guru untuk masa depan.

1. Kualitas pendidikan yang lebih baik

Seorang guru pasti menginginkan kualitas pendidikan yang lebih baik. Entah itu fasilitasnya, ilmu, maupun pelajar yang mereka didik. Karena, jika kualitas pendidikan semakin baik, pasti akan memberikan kepuasan tersendiri di hati mereka.

Selain itu, kualitas pendidikan yang lebih baik juga akan memberikan kemajuan bagi negara. Sebagai seorang guru, kemajuan negara bisa membuat hidupnya lebih makmur. Dengan begitu, ia pun akan merasa tenang dan nyaman saat menikmati masa tua.

2. Menjadi kepala sekolah

Mungkin ini adalah impian pribadi seorang guru. Meskipun sepertinya terlalu ambisius, tapi tidak ada salahnya memiliki impian seperti ini. Karena seorang guru juga pasti ingin memiliki pencapaian, kehormatan, dan hidup yang lebih baik.

Menjadi kepala sekolah juga akan membuat seorang guru lebih mudah mengontrol pendidikan yang ada di sekolahnya. Jika ia memiliki ide cemerlang untuk dunia pendidikan, maka bisa langsung diterapkan. Selain itu, menjadi kepala sekolah juga bisa memberikan pengalaman berharga dalam hidup. Karena menjadi penanggung jawab sekolah, termasuk para siswa yang jumlahnya tidak sedikit.

3. Lingkungan kerja yang baik

Banyaknya masalah dalam lingkungan kerja bisa membuat seorang guru merasa tidak nyaman dan bisa menurunkan kinerjanya. Beberapa masalah seperti banyak murid yang bandel, kurang koordinasi antar guru, dan fasilitas sekolah yang belum memadai menjadi masalah tersendiri bagi seorang guru.

Jika lingkungan kerja sudah baik, maka bukan hal yang mustahil bahwa para guru bisa bekerja secara lebih optimal. Terlebih lagi, koordinasi antar guru bisa membuat lingkungan kerja menjadi lebih sehat, tidak adamya hierarki, sikap saling meremehkan antar guru, dan yang lainnya.

4. Guru lebih diperhatikan

Perhatian pemerintah pada guru saat ini sangat memprihatinkan, apalagi pada guru honorer. Bahkan, ada guru honorer yang digaji jauh di bawah upah minimum daerah, contohnya seperti Rp500.000 atau lebih rendah. Karena itulah, kualitas mengajar seorang guru dapat dimaklumi jika apa yang ia dapatkan tidak layak sama sekali.

Sebagai seorang guru yang meskipun sudah PNS, merasakan kesulitan guru lain yang masih menjadi honorer bisa saja terjadi. Karena itulah harapan mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah pada nasib guru pun mungkin sering terlintas di pikiran.

5. Kemajuan negara yang signifikan

Masa depan negara ada di tangan guru, karena mereka lah yang mendidik generasi penerus bangsa yang akan memberikan sumbangsihnya pada negara kelak. Karena itulah, seorang guru pasti sangat menginginkan kemajuan negara yang signifikan.

Terjadinya kemajuan negara yang signifikan juga merupakan pertanda bahwa para guru telah sukses mengajar anak-anak bangsa. Hal tersebut mungkin bisa memberikan kepuasan tersendiri pada mereka. Dengan negara yang semakin maju, maka kehidupan orang-orang, termasuk guru tersebut pun akan semakin baik.

Lihat juga : 5 Inovasi Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan

Nah itulah 5 dambaan yang mungkin dimiliki seorang guru. Satu lagi dambaan yang mungkin adalah mereka ingin memiliki banyak penerus yang lebih baik. Yaitu mengajar dengan sepenuh hati dan semaksimal mungkin, agar menghasilkan para guru muda yang berdedikasi tinggi untuk memajukan pendidikan bangsa.