Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tindak Lanjut Dari Asesmen Nasional Guru Diminta Eksplorasi Minat Siswa

Tindak Lanjut Dari Asesmen Nasional, Guru Diminta Eksplorasi Minat Siswa

Asesmen Nasional (AN) sebagai pengganti Ujian Nasional (AN) lebih berfokus pada peningkatan pendidikan di suatu wilayah. Tindak lanjut dari AN ini, guru pun diminta untuk lebih mengeksplorasi minat pembalajaran para siswa.

Kepala Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Anindito Aditomo mengatakan, asesmen skala kecil perlu dilakukan untuk mengetahui kemampuan siswa mereka.

“Untuk guru, guru perlu mulai berlatih meningkatkan kemampuan asesmen sebagai fungsi diagnostik untuk menggali minat dan kemampuan sehingga rencana pembelajaran disesuaikan dengan minat murid. Eksplorasi pengembangan nalar karakter juga perlu, bukan penuntasan materi lagi,” kata Anindito.

Dalam webinar Asesmen Nasional, Paradigma Baru Evaluasi Pendidikan Nasional, Kamis (2/9), Ia menambahkan dibandingkan penuntasan materi, para guru sebaiknya fokus pada gaya belajar siswa. Untuk menciptakan pembelajaran yang fleksibel, tentu membutuhkan diskusi antar guru.


“Kita fokus pada hal penting saja. Bisa juga membentuk tim. Disdik juga punya peran penting, pengawas sekaligus pendamping, disdik bisa membentuk tim evaluasi dan tindak lanjut dari AN,” kata Anindito yang SekolahDasar.Net kutip dari Jawa Pos (03/09/21).

Kebijakan AN ini juga nantinya akan melihat kesenjangan antar wilayah, baik itu dari segi gender maupun sosial ekonomi. Oleh karena itu, demi penyetaraan tersebut, guru harus memutar otak agar menciptakan model pembelajaran yang dapat dipahami siswanya.

“Jadi makin tau kesenjangan hasil belajar, apakah laki-laki dan perempuan memiliki gap besar, atau antar wilayah gap besar di wilayah tersebut, atau sosial ekonomi antara keluarga kaya dan miskin. Pasti ada kesenjangan khas antar daerah,” tutupnya.