Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Bagi Guru Menyiapkan Peserta Didik Menghadapi Asesmen Nasional

Tips Bagi Guru Menyiapkan Peserta Didik Menghadapi Asesmen Nasional

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia meyakini bahwa Asesmen Nasional atau AN bisa meningkatkan kualitas pendidikan. Hal ini tidak memerlukan persiapan khusus apapun. Tetapi perlu upaya yang dilakukan agar bisa mencapai sebuah target. Namun, anda sebagai seorang guru harus memperhatikan tips mempersiapkan Asesmen Nasional.

Nah, upaya pencapaian target ini bisa dilakukan oleh guru dan pihak sekolah. Semua dilakukan dengan analisis berdasarkan kemampuan pendidikan yang dibutuhkan. Sehingga bisa mencapai tujuan pembelajaran yang efektif, nyaman, dan berdaya saing.

Hal ini membuat konten pembelajaran yang ada pada suatu sekolah harus fokus pada pengembangan kompetensi. Termasuk pada kompetensi literasi, numerasi, dan karakter siswa harus dibentuk sebaik mungkin.

Tips Mempersiapkan Asesmen Nasional

Dalam mempersiapkan Asesmen Nasional guru sangat berperan. Guru harus tahu hal yang paling dekat dengan siswa. Maka itulah yang bisa menjadi kebutuhan untuk peningkatan kompetensi mereka.

Masing-masing guru harus tahu perubahan yang bisa memberikan kontribusi terbesar bagi pengembangan siswanya. Mengingat bahwa kemampuan siswa di setiap sekolah dan daerah berbeda-beda. Tak heran bila guru yang paling mengerti dengan kondisi seperti ini.

Asesmen Nasional merupakan suatu hal baru yang harus dihadapi untuk sistem penilaian Sehingga dibutuhkan inovasi yang patut diterapkan kedepannya. Berikut adalah tips untuk guru yang sedang mempersiapkan AN.

1. Melakukan Analisa Satuan Pendidikan

Tips mempersiapkan Asesmen Nasional yang pertama adalah menganalisis satuan pendidikan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui mana yang diperlukan untuk mencapai target pembelajaran. Nantinya setiap materi akan diarahkan pada peningkatan kompetensi.

Guru akan membantu siswanya dalam mengembangkan kemampuannya di sekolah. Sehingga mereka akan mendapatkan bahan ajar yang lebih layak lagi.

2. Merencanakan Pembelajaran Kolaboratif

Ada baiknya sebagai seorang guru menerapkan pembelajaran kolaboratif. Hal ini bertujuan untuk mengkolaborasikan guru dengan mata pelajaran atau subjek yang sama. Tetapi juga bisa dilakukan dengan kolaborasi semua masing-masing level kelas.

Dengan melakukan tips mempersiapkan Asesmen Nasional ini bisa menentukan hasil pembelajaran yang bisa dibebankan kepada siswa. Sehingga siswa akan diikutsertakan sebagai faktor dalam konteks perencanaan.

3. Memperbanyak Forum Praktik

Guru juga perlu mengadakan forum pertemuan pendidik. Hal ini untuk menganalisis kebutuhan siswa. Hal ini bisa menganalisis pencapaian yang diprediksi di masa depan.

4. Mengurangi Tugas

Guru dianjurkan untuk mengurangi tugas siswa. Karena tugas yang dibebankan pada mereka bisa jadi menghalangi semangat belajar. Akan lebih baik jika guru mengembangkan kualitas siswa untuk kompetensi lainnya.

Tips mempersiapkan Asesmen Nasional ini bisa menyukseskan cara belajar siswa yang semakin kondusif. Mengingat banyak tugas yang kurang meningkatkan kompetensi. Mereka akan berpikir bahwa tugas adalah kewajiban yang harus diselesaikan.

Siswa tidak berpikiran untuk menyelesaikan tugas dengan seksama. Waktu adalah patokan mereka dalam menyelesaikan. Asal tugas selesai kewajibannya pun juga demikian.

Kesempatan belajar siswa sama sekali tidak ada. Hal ini harus didasari dengan survey karakter dan lingkungan belajar. Sehingga guru akan lebih memahami kebutuhan peserta didiknya.

Hal yang perlu diingat ketika menjalankan tips mempersiapkan Asesmen Nasional adalah mendorong guru agar bisa mengembangkan kompetensi kognitif dan karakter siswanya. Selain itu akan menjelaskan tujuan sekolah memberikan semuanya kepada para siswa. Tak lain karena memiliki tujuan tertentu yang bisa mencapai AN maksimal.

Lihat juga: 7 Tips Bagi Guru untuk Membentuk Kemampuan Literasi Siswa

Guru harus menyiapkan strategi dan mengubah cara belajar agar menyenangkan. Utamanya bagi mereka yang bersekolah di pinggiran.

Sarana dan prasarana yang diberikan kurang mendukung sehingga harus diimbangi dengan trik tertentu. Guru biasanya akan mengubah pola pikir mereka secara perlahan demi mencapai tujuan bersama.

Itulah beberapa tips mempersiapkan Asesmen Nasional untuk murid. Guru harus peka dengan lingkungan sekitar. Sehingga memberikan semangat baru dan pengembangan kompetensi yang unggul.