Menyenangkan! Ini Cara Agar Anak Menikmati Belajar
Cari Berita

Atas


Menyenangkan! Ini Cara Agar Anak Menikmati Belajar

Kamis, 03 Januari 2019

Menyenangkan! Ini Cara Agar Anak Menikmati Belajar
Bagaimana caranya agar anak menikmati belajar?

Karakteristik setiap anak berbeda-beda, itulah mengapa anak-anak memiliki gaya belajar yang beragam.Selain itu karakter dasar anak-anak memang senang bermain. Jika kita bisa memberikan suasana nyaman dalam belajar, tentunya anak tidak akan merasa tertekan dan bosan. Lalu, bagaimana caranya agar anak menikmati belajar?

Pada kenyataannya seringkali anak sulit untuk disuruh belajar, baik oleh orang tuanya maupun oleh gurunya di sekolah. Jika hal tersebut terjadi pada anak Anda, janganlah Anda menyalahkan seluruhnya pada anak! Karena bisa saja kesalahan ada pada Anda yang kurang mampu membuat suasana belajar anak menjadi menyenangkan bahkan Anda terlalu banyak mendikte anak dalam belajar.

Berikut Caranya Agar Anak Menikmati Belajar

1. Padukan seni dalam setiap gaya belajar anak dan dalam mata pelajaran apapun

Pada dasarnya, seni merupakan menyeimbang otak yang mampu memberikan respon baik terhadap otak dalam melakukan tugasnya. Saat anak sedang berpikir, anak lebih cenderung menggunakan otak kiri. Saat seni bermain di dalamnya, otak kanan anak akan bekerja dan hal ini akan menyeimbangkan antara otak kiri dan otak kanan anak agar dapat dengan mudah menyerap materi.

2. Ajak anak untuk membuat karya dari hasil belajar yang telah dilakukannya

Pada dasarnya dalam masa perkembangan otak anak, anak suka sekali mengeksplore atau mencoba hal-hal yang baru dan belum diketahui sebelumnya. Sehingga bagi orang tua sangat diperlukan untuk memberikan kesempatan pada anak untuk membuat karya dari hasil belajarnya.

3. Bawa anak belajar di lingkungan yang nyaman dan berbeda tiap pembelajaran yang dilakukannya

Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari sifat monoton dan jenuh pada anak. Pada dasarnya anak membutuhkan suasana baru dalam belajar. Apabila lingkungan belajar anak bervariasi, anak juga akan merasa menyenangkan dan materi pelajaran mudah dipahami oleh anak. Lingkungan belajar yang di jadikan anak sebagai tempat untuk belajar haruslah sesuai dengan karakter gaya belajar anak.

Ada anak yang dapat menikmati belajar di lingkungan yang ramai dan ada juga anak yang hanya dapat menikmati belajar jika lingkungannya sepi. Sebagai orang tua, pastilah Anda memahami kecenderungan anaknya untuk memilih lingkungan belajar yang nyaman.



Tiga cara di atas bisa coba Anda terapkan sesuai kebutuhan. Tidak menutup kemungkinan ada informasi lainnya tentang caranya agar anak menikmati belajar. Silakan dikombinasikan dan disesuaikan dengan kondisi Anda dan keluarga.

Lakukanlah ketiga cara tersebut pada setiap jenis gaya belajar anak. Caranya agar anak menikmati belajar, hanya membutuhkan suasana yang berbeda, tidak monoton, dan interaktif. Terapkanlah cara tersebut jika anak Anda ingin menikmati materi pembelajarannya dengan hasil yang baik. Dengan belajar yang menyenangkan, prestasi buah hati pun akan meningkat dan membanggakan.