Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tidak Perlu Super Pintar, Seorang Guru Harus Bisa Memotivasi Siswa

Tidak Perlu Super Pintar, Seorang Guru Harus Bisa Memotivasi Siswa

Peran teknologi dalam bidang pendidikan semakin berkembang pesat, namun ada peran guru yang sulit digantikan oleh teknologi. Peran guru yang tidak bisa diambil teknologi adalah membangun motivasi siswa. Ini terlihat ketika pandemi terjadi, tanpa kehadiran guru siswa merasa bosan belajar di rumah. Untuk itu, guru harus mulai menumbuhkan motivasi belajar siswa.

Motivasi belajar adalah dorongan dari diri siswa untuk mencapai tujuan belajar, misalnya memahami materi atau menyelesaikan tugas. Jika siswa memiliki motivasi, mereka akan selalu semangat untuk terus belajar tanpa ada paksaan. Langkah awal untuk membangun motivasi siswa yaitu mengenal karakter mereka yang beragam. Meski tidak menjadi tanggung jawab guru, namun guru tetap mempunyai peranan penting dalam hal ini.

Motivasi belajar siswa bisa dibagi menjadi dua, yaitu motivasi intrinsik dan ekstrinsik. Motivasi belajar intrinsik berasal dari diri siswa sendiri untuk belajar. Motivasi ini dapat dipengaruhi keinginan siswa untuk mencapai tujuan tertentu. Misalnya, ingin jadi juara kelas dan masuk sekolah favorit. Sedangkan motivasi belajar ekstrinsik adalah motivasi yang berasal dari luar, contoh iming-iming hadiah dari orang tua, dan sebagainya.

Tips Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Untuk menumbuhkan motivasi siswa tentu bukan pekerjaan mudah. Namun, itu bisa jadi lebih mudah ketika guru menunjukkan semangat dalam mengajar dan terus belajar. Guru harus selalu optimis. Berikut tips meningkatkan motivasi siswa.

Menjadikan siswa sebagai subyek belajar yang aktif

Cara meningkatkan motivasi belajar siswa adalah dengan membuat siswa menjadi aktif dalam proses pembelajaran. Dengan keaktifan tersebut dapat mendorong siswa untuk terus belajar dan semangat dalam memecahkan suatu permasalahan. Tidak hanya ceramah, guru bisa membuat pembelajaran yang interaktif. Untuk memancing keaktifan siswa bisa dengan memberikan pujian dan reward bagi siswa yang aktif.

Menggunakan metode pembelajaran yang beragam

Cara selanjutnya untuk membangun motivasi siswa dengan menggunakan metode pembelajaran yang tepat dan beragam. Dengan begitu, siswa tidak akan mudah bosan saat kegiatan belajar mengajar di kelas. Ketika siswa sudah terlihat kurang fokus dengan pembelajaran, guru dapat mengubah metode belajar misalnya dengan diskusi kelompok, demontrasi, dan sebagainya.

Memanfaatkan media pembelajaran yang menarik

Guru dapat memanfaatkan media peraga sebagai salah satu cara menumbuhkan motivasi belajar siswa. Apalagi bagi siswa di jenjang sekolah dasar, kehadiran media pembelajaran bisa menarik minat belajar siswa. Selain memudahkan memahami materi, melalui media siswa juga dapat mendapatkan pengetahuan baru yang belum pernah mereka dapatkan sebelumnya. Jika siswa paham, pasti akan semangat dan termotivasi untuk belajar.

Menyampaikan motivasi secara langsung

Meningkat semangat belajar siswa dapat dengan memberinya motivasi secara langsung. Guru dapat menceritakan kisah sukses dari orang-orang sekeliling atau tokoh-tokoh inspiratif. Ketika mendengar kisah kesuksesan orang lain dan kutipan kata bijak mereka, tak jarang siswa akan termotivasi untuk mengikuti jejaknya. Akhirnya, tumbuh motivasi untuk menjadi lebih giat lagi dalam belajar.


Itulah 4 tips yang bisa guru coba optimalkan untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa. Tidak perlu super pintar, seorang guru harus bisa memotivasi siswa. Saat sumber belajar informasi menjadi lebih beragam dan internet sudah menjadi konsumsi anak-anak, guru harus mendampingi siswa. Memotivasi mereka untuk memanfaatkan teknologi sebagai media dan sumber belajar.