Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Merdeka Belajar Memberi Ruang dan Kesempatan Sekolah Dasar Berinovasi

Merdeka Belajar Memberi Ruang dan Kesempatan Sekolah Dasar untuk Berinovasi

Kebijakan Merdeka Belajar yang diluncurkan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) membuka ruang inovasi satuan pendidikan, termasuk jenjang pendidikan dasar. Hal ini dikatakan Analis Kebijakan Ahli Madya Direktorat Pendidikan Dasar Sekolah Dasar Kemendikbudristek, Eko Warisdiono.

“Merdeka Belajar ini menjadi bagian dari ikhtiar kita untuk memberi ruang dan memberikan kesempatan untuk berinovasi bagi sekolah dasar (SD),” kata Eko.


Ia menambahkan semua kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan proses pendidikan di SD dapat didukung lewat Merdeka Belajar. Kebijakan tersebut merupakan upaya peningkatan mutu pendidikan.

“Pengembangan pendidikan di SD kita ini menjadi berkesinambungan dan berjalan untuk meningkatkan mutu pendidikan,” kata Eko yang SekolahDasar.Net kutip dari Jawa Pos (27/10/21).

Kebijakan ini menurutnya sangat adaptif dengan kondisi perubahan zaman yang cepat. Bahkan, menjadi fundamental untuk peningkatan kualitas dunia pendidikan di masa mendatang.

Apalagi, Merdeka Belajar juga memberikan kebebasan kepada sekolah untuk mempunyai caranya sendiri dalam menyelenggarakan pendidikan. Pasalnya, setiap sekolah memiliki kendala berbeda-beda.

“Karena sekolah tiap-tiap wilayah ini kan kondisi berbeda, dan harus memiliki cara yang berbeda pula menjalankannya. Ini kemerdekaan kita untuk mencapai tujuan yang sama untuk kemajuan pendidikan sekolah dasar,” jelas Eko.