Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Agar Guru PNS Mudah dan Cepat Naik Pangkat dan Golongan

Tips Agar Guru PNS Mudah dan Cepat Naik Pangkat dan Golongan

Guru PNS dapat menambah kesejahteraannya dengan naik pangkat dan golongan. Karena gaji dan tunjangan yang diterima guru berstatus PNS sesuai dengan pangkat dan golongannya. Semakin tinggi pangkat dan golongannya, maka semakin besar pula gaji yang diperoleh guru PNS

Meski demikian, naik pangkat dan golongan bagi guru PNS bukanlah perkara mudah, namun bukan berarti tidak bisa. Untuk naik pangkat dan golongan, setiap guru yang sudah berstatus PNS harus memenuhi sejumlah syarat dan mengikuti beberapa prosedur yang sudah ditetapkan.


Jabatan fungsional diperuntukkan untuk guru berstatus sebagai PNS. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan RB) Nomor 12 ayat 1 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Jabatan fungsional guru dibagi empat jenjang dan sembilan golongan seperti gambar di atas. Gaji dan tunjangan yang diberikan kepada guru PNS berdasarkan dari golongan dan jabatannya. Selain itu, besaran gaji juga disesuaikan dengan Masa Kerja Golongan (MKG).

Tips Mudah dan Cepat Naik Pangkat Fungsional Guru PNS

Seperti yang sudah dipaparkan di atas, jika untuk naik jabatan dan golongan, ada sejumlah persyaratan yang tidak begitu sulit yang harus dipenuhi oleh guru PNS.  Berikut tips supaya guru PNS bisa mudah dan cepat naik pangkat atau jabatan fungsional:

1. Memahami aturan kenaikan pangkat guru PNS

Peraturan kenaikan pangkat PNS guru diatur oleh pemerintah. Setiap alur, prosedur, persyaratan, dan informasi lain diatur dengan dasar hukum tertentu. Anda harus paham dasar hukum yang digunakan dalam kenaikan pangkat dan golongan guru PNS. 

Salah satu dasar dasar hukumnya yaitu Permenpan RB No. 16 Tahun 2009. Peraturan tersebut mengenai Jabatan Fungsional Guru dan juga Angka Kreditnya. Jika paham dasar hukumnya, akan lebih mudah untuk menyiapkan segala hal yang dibutuhkan untuk naik pangkat guru.

2. Membuat rencana untuk memenuhi persyaratan

Ada sejumlah syarat dokumen dan penilaian atau Angka Kredit guru yang dipenuhi untuk mengajukan permohonan kenaikan pangkat guru PNS. Lakukan pemetaan posisi sekarang dan membutuhkan berapa poin untuk bisa naik jabatan. Setelah itu rencanakan berbagai hal yang dibutuhkan.

Angka kredit dapat dilihat dengan mengurus DUPAK (Daftar Usul Penetapan Angka Kredit) Tahunan. Selanjutnya diperoleh PAK (Penetapan Angka Kredit) Tahunan dan dapat semua poin yang dimiliki. Dengan begitu Anda akan mudah untuk menyusun rencana mengejar kekurangan poin angka kredit.

3. Mengikuti diklat dan membuat karya ilmiah

Untuk informasi jika Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) mempunyai 3 unsur penting yaitu: pengembangan diri, publikasi ilmiah dan karya inovatif. Pengembangan diri dapat ditingkatkan dengan dengan rutin mengikuti diklat, seminar, workshop terlibat dalam kegiatan kelompok kerja guru, dan lainnya.

Guru yang sudah PNS harus berani membuat suatu publikasi ilmiah serta karya inovatif. Apapun itu bentuknya, mulai buat saja lebih dulu. Jika hasilnya kurang memuaskan, dapat dikembangkan lagi. Dengan aktif melakukan hal-hal itu, Anda akan terbiasa dan bisa lebih cepat memenuhi angka kredit untuk bisa naik pangkat.

4. Meningkatkan gelar pendidikan

Meningkatkan kualifikasi pendidikan bisa memudahkan guru PNS untuk lebih cepat naik pangkat dan golongan. Sebelum masuk kuliah lagi, Anda harus mengurus Surat Izin Belajar Guru. Karena tanggung jawab sebagai guru tak boleh ditinggalkan, Anda bisa mengambil kelas karyawan agar memiliki waktu untuk tetap bisa memenuhi tanggung jawab pekerjaan sebagai guru.

5. Bertanya pada orang yang sudah pengalaman

Mengurus kenaikan pangkat dan golongan guru tidak mudah. Guru harus selalu menyesuaikan dengan birokrasi. Masih banyak guru PNS yang kesulitan atau bingung dalam mengurusnya. Jangan malu bertanya, bisa bertanya pada sesama guru atau langsung pada Penilai Angka Kredit atau pegawai Dinas Pendidikan yang mengurus masalah kenaikan pangkat guru.

Itu beberapa ulasan mengenai pengajuan kenaikan pangkat dan golongan bagi PNS guru. Tips di atas semoga bisa menjadi bahan referensi yang bermanfaat bagi guru-guru yang sudah PNS untuk dapat naik pangkat dan golongan lebih mudah dan cepat.