Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Meski Tidak Mudah, Inilah Cara Menjadi Guru yang Kreatif

Meski Tidak Mudah, Inilah Cara Menjadi Guru yang Kreatif

Siswa yang diajar oleh guru kreatif akan tumbuh jadi orang yang dapat memecahkan permasalahan, berpikir secara mandiri, percaya diri, orisinal dalam pemikiran, serta tidak takut untuk melakukan kesalahan. Kreativitas ialah salah satu keterampilan penting yang wajib dimiliki seorang guru. Tetapi, untuk menjadi kreatif tidaklah gampang.

Untuk jadi guru yang kreatif memerlukan proses dengan membiasakan diri berpikir kreatif. Guru perlu meningkatkan kreativitasnya serta menunjukan jika dirinya peduli dengan kreativitas. Guru ideal masa kini merupakan guru yang kreatif, terbuka, serta humanis. Kemudian, bagaimana caranya untuk dapat jadi guru yang kreatif?

1. Percaya Diri

Guru harus percaya diri menggunakan strategi, model, metode pengajaran kreatif sesering mungkin. Di kelas, Guru dapat mulai melaksanakan dari hal yang sangat dikuasainya. Tidak hanya itu, seorang guru juga harus dapat menciptakan suasana kelas yang memberikan keamanan secara emosional untuk siswa. Supaya mereka juga bisa percaya diri serta tidak khawatir mengambil resiko.

2. Asah Kemampuan

Guru yang kreatif yaitu seorang guru yang senantiasa haus untuk belajar. Ia selalu berusaha meningkatkan wawasan serta kompetensinya sesuai dengan perkembangan zaman. Guru harus berpikiran terbuka, berwawasan luas, serta menyenangi tantangan. Jiwa sebagai pembelajar wajib tertancap dalam sosok guru kreatif. Apalagi di era sekarang ini, di mana teknologi berkembang pesat dan tidak dapat dipisahkan dengan siswa.

3. Kolaborasi

Guru disarankan untuk saling bertukar pikiran serta berbagi pengalaman dengan guru-guru lain. Melalui kerjasama, guru dapat menemukan ilmu baru ataupun inspirasi dari pengalaman yang dialami oleh sesama guru. Tidak hanya itu, guru juga bisa saling membantu serta saling memberikan masukan. Melalui kolaborasi bisa terwujud pula ide inovatif baru yang dapat dicoba untuk pembelajaran di kelas.

4. Hilangkan Penghambat

Umumnya yang jadi penghalang kreativitas ialah pikiran diri sendiri. Misalnya guru berpikir sudah terlalu berumur, kurang pintar, atau tidak memiliki potensi untuk dapat mengajar dengan cara kreatif. Perlu dicamkan pada diri guru, kalau tingkat kecerdasan, kemampuan serta skill masing-masing orang dapat berbeda, tetapi semua orang memiliki kemampuan yang sama untuk menjadi kreatif.

5. Memahami Siswa

Penting bagi guru kreatif untuk bisa mengenali serta memahami karakter siswa. Dengan begitu proses belajar mengajar akan berjalan dengan lebih baik. Guru harus dapat menyelami psikologi siswa dan masuk 'ke dunia mereka', supaya guru dapat menciptakan kegiatan belajar yang menyenangkan dan bermakna.

6. Mulai bereksperimen

Berikan kejutan pada murid dengan metode pembelajaran yang sama sekali berbeda dari sebelumnya. Jangan langsung memasang ekspektasi tinggi. Tidak perlu khawatir gagal. Dari kegagalan, seseorang guru justru bisa melakukan evaluasi untuk perbaikan ke depan. Latih skill kreatif secara konsisten. Dengan begitu, Kita akan bisa menguasai keahlian ini.

Lihat juga : Hati-hati, Kebiasaan Ini Dapat Menjadikan Guru Tidak Kreatif

Itulah beberapa tips yang dapat membuat guru lebih kreatif terutama dalam hal mengajar. Setiap sekolah terbaik biasanya mempunyai guru yang pintar mengajar tetapi, alangkah bagusnya bila setiap guru juga dapat kreatif dalam mengajar. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk menjadi guru yang kreatif? Lakukan dari sekarang.