Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Problem dalam Perkembangan Moral Anak

Problem dalam Perkembangan Moral Anak

Pendidikan moral untuk anak sangat penting bagi era saat ini, karena sangat berdampak akan tumbuh kembangnya. Mungkin hanya sebagian orang tua yang bisa mendidik dengan benar, maka dari itu para  orang tua menyekolahkan anaknya agar tahu etika dan berilmu yang digunakan di masa yang akan datang.

Kami mendapati sebuah problem dalam perkembangan moral anak seperti cara berfikir anak, bersosialisasi dengan teman sebaya-nya, disiplin. Cara mendidik dari masing-masing orang tua pastinya berbeda. Ada yang tegas, halus, lembut, dan ada juga yang cuek dan menyerahkan sepenuhnya kepada tenaga pendidik untuk mengajari anak mereka.

Problem dalam Perkembangan Moral Anak

Setiap dari diri kita masing-masing telah merawat dan mendisiplinkan dari dia sejak kecil sampai dewasa dengan baik dan benar. Lebih jauh lagi, para tenaga pendidik telah menuturkan cara mendidik anak-anak dengan moral dan etika yang benar.  Yang jadi permasalahan orang tua yaitu anak tidak biarkan untuk mengekspresikan apa yang menjadi kesenangan mereka.

Apa yang menjadi problem dalam perkembangan moral anak?

Budi pekerti  dan moral anak

Kebanyakan orang tua akan setuju dengan didikan dari diri mereka masing, padahal sang anak melihat dan mereka menirukannya. Jelas para orang tua, mau apa yang tependam dalam diri anak muncul sebagai bakat alami mereka dan kelebihannya digunakan dengan baik. Namun, bakat dan moral tidak muncul secara spontan dan tidak akan timbul.

Lihat juga : Dongeng-dongeng Untuk Ajarkan Anak Tentang Moral

Jika tidak diberikan pelatihan di rumah ataupun di sekolah  maka hal tersebut sangat berpengaruh terhadap psikologi mereka. Di sisi lain, sifat moral individu aslinya sudah ada pada diri mereka . Jika mereka dilatih dengan cara dan arahan yang benar, akan terbentuk menjadi anak yang bermoral, juga anak yang bermental kuat. Dengan hal tersebut anak tumbuh menjadi sosok yang mandiri dan cerdas.

Empati

Empati sebagai reaksi alami dalam diri anak terhadap kepekaan dari hati yang menimbulkan rasa emosi iba dan kasihan dari apa yang diri lihat. Mereka memvisualisasikan sebagai hal yang spontan dilihat dan dirasakan. Sehingga si anak tersebut bisa merasakan dalam diri orang lain atas kesedihan dan rasa duka yang ada di dalam diri mereka.

Dalam banyak kasus, perkembangan yang cukup terjalin dengan respon yang positif yang memahami perasaan dan lingkungan di sekitarnya. Lingkungan yang baik merupakan pengaruh yang besar bagi anak, karena hal ini menciptakan suasana yang nyaman dan disukai anak tanpa khawatir dengan hal-hal yang negatif.

Sifat dan akhlak

Sifat dan akhlak merupakan kombinasi yang baik dari skala faktor internal dan dan faktor eksternal.  Pengaruh yang didapat perilaku mudah dipahami dan membuat fikiran anak sehat jauh dari pikiran yang buruk. Pendidikan karakter yang diterapkan di negeri kita saat ini adalah langkah tepat yang diambil pemerintah untuk membentuk anak menjadi dewasa dan tahan terhadap kondisi apapun. 

Didikan yang utama bagi moral anak

Selain rincian yang sudah kami beritahukan diatas, penelitian yang sudah diriset yaitu contoh yang baik dari orang berpengaruh aktif bagi tumbuh kembang sang anak. Dalam perkembangan watak anak-anak akan tetap selalu ada dengan seiring perkembangan perasaan, pemikiran, perasaan, dan tindakan dimanapun mereka berada. 

Dalam rangkaian ini kita dapat berfikir, didikan psikologi moral sangat penting untuk diterapkan dalam kehidupan kita dan di lingkungan keluarga kita. Demikian artikel yang dapat saya buat tentang perkembangan moral anak, semoga bermanfaat, terimakasih.