Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mudah Belajar Matematika, Dijamin Cepat Paham!


Matematika menjadi salah satu pelajaran yang bisa meningkatkan kemampuan berpikir dan memecahkan masalah. Jadi, tidak heran apabila porsi pelajaran matematika di sekolah cukup besar. Cara mudah belajar matematika, Anda perlu mendapat pelajaran tambahan dengan mengikuti les matematika Surabaya

Inilah Cara Mudah Belajar Matematika

Sebagian besar orang beranggapan jika matematika menjadi salah satu mata pelajaran yang paling sulit. Padahal tidak demikian, sebab ilmu pasti ini selalu memberikan jawaban berdasarkan rumusnya. Jadi, pasti tidak akan pernah berbeda dengan target.

Itulah penyebab matematika memiliki keunikan tersendiri sebagai salah satu bidang keilmuan yang wajib dipelajari. Siapapun yang pandai berhitung, umumnya akan sukses dalam hidup. Maka dari itu, jangan membenci matematika. Nah, coba cermati cara mudah belajar matematika berikut ini:

1. Ubah Mindset Jika Matematika itu Tidak Sukar

Sebaiknya buang jauh-jauh pikiran jika matematika merupakan ilmu yang susah dipahami dan tidak menyenangkan. Karena pemikiran seperti itu akan menciptakan sugesti pada diri Anda. Sehingga Anda benar-benar sulit untuk mengerjakan soal matematika. 

Sebaiknya, selalu berpikir positif tentang matematika adalah pelajaran yang tidak rumit dan menyenangkan. Hal tersebut akan membuat sugesti positif dan memotivasi Anda untuk belajar matematika. Bahkan tidak mudah menyerah jika menjumpai materi yang sukar, karena telah mengetahui trik cara belajar matematika yang benar.

Selain itu, kesadaran akan pentingnya matematika untuk kehidupan sehari-hari perlu ditingkatkan. Sehingga Anda akan merasa sangat penting untuk mempelajarinya. 

2. Pelajari Trik Matematika

Kebanyakan orang malas dengan mata pelajaran matematika karena adanya proses perhitungan yang rumit dan panjang. Padahal, ada banyak cara mudah belajar matematika dengan memahami trik perhitungan cepat. Anda bisa mencobanya agar proses menghitung jadi lebih mudah dan efisien. 

Banyak trik yang bisa Anda lakukan, misalnya saja menghitung perkalian atau pembagian dengan bantuan tangan atau tabel. Kemudian bisa menghitung dengan permutasi. 

Cara menghitung cepat seperti ini dapat Anda peroleh dari internet, teman, atau guru matematika. Sehingga dalam mengerjakan berbagai soal matematika jadi lebih efektif dan efisien. 

3. Jangan Terlalu Takut Salah

Kenapa seringkali orang merasa bermalas-malasan dengan pelajaran matematika? Sebagian besar alasannya karena lebih banyak soal yang terjawab salah daripada jawaban benar. Alhasil, niat untuk belajar matematika semakin kecil. 

Padahal, Anda dapat belajar dari setiap kesalahan yang terjadi dan mencari solusi yang benar. Jika telah mengetahui letak kesalahan Anda, pasti saat mengerjakan soal berikutnya akan menghasilkan jawaban yang benar. Cara mudah belajar matematika adalah jangan terlalu takut salah, justru dari kesalahan tersebut akan mendapat pengalaman dan mencari jawaban yang tepat.

4. Buat Ringkasan Rumus dengan Rapi 

Dalam buku catatan favorit Anda, coba lah untuk membuat rumus dengan rapi. Terdapat banyak rumus matematika yang perlu Anda ingat dan pahami. 

Ada riset yang menyatakan jika mencatat mampu melatih daya ingat. Pasalnya, terdapat proses pengolahan materi yang didapatkan dari aktivitas mencatat dalam bahasa Anda sendiri. 

Selain itu, proses belajar akan lebih efektif jika mencatatnya dengan rapi. Karena Anda tidak perlu repot-repot membolak-balik halaman buku materi yang ada, cukup mencarinya pada satu baris rumus. Agar sedap dipandang mata, Anda bisa menggunakan penanda seperti highlighter, stiker, atau font-font menarik untuk penamaan heading. 

Cara mudah belajar matematika dengan membuat ringkasan ini cenderung dipengaruhi oleh kebiasaan Anda. Jika telah terbiasa dengan hal yang strategis dan terorganisir, maka membuat ringkasan rumus matematika akan memudahkan pembelajaran.

5. Pahami Konsep

Banyak yang merasa sukar mengerjakan matematika karena yang mereka terapkan adalah menghafal rumus, bukan memahaminya. Menghafal sebuah rumus kemungkinan hanya akan bertahan dalam jangka pendek. Jadi, cara mudah belajar matematika adalah dengan memahami rumus. 

Dengan begitu, otak akan terlatih untuk dapat berpikir dan mengetahui bagaimana rumus diperoleh. Anda akan tetap paham dan mampu mencari solusi meskipun jenis soal dibolak-balik.

Dengan memahami rumus, cara tersebut sekaligus membantu Anda untuk menghafalnya secara otomatis. Untuk itu, buatlah kumpulan rumus matematika dengan rapi versi Anda sendiri setelah memahami konsepnya. 

6. Sering Mengerjakan Latihan Soal

Memahami materi saja tidak akan cukup untuk membuat Anda siap mengerjakan berbagai soal matematika. Anda harus berlatih mengerjakan soal secara teratur mulai soal ringan hingga kompleks. Jadi, matematika itu butuh latihan, tidak hanya sekedar memahami konsep dengan membaca atau mendengarkan selama pelajaran berlangsung.

Mengerjakan soal berulang kali akan membantu Anda berlatih memecahkan bermacam-macam soal untuk rumus tertentu. Anda juga akan mengetahui seberapa jauh pemahaman terkait materi yang dipelajari. Jika sering berlatih dan belajar cara untuk menyelesaikan berbagai soal matematika, tentu saja Anda akan lebih siap dan mudah untuk menghadapi ujian. 

7. Jangan Ragu untuk Bertanya

Apabila Anda berhadapan dengan soal yang rumit, jangan mengerjakannya sendirian. Karena bisa jadi Anda stres sendiri. 

Ingat, malu bertanya sesat di jalan, cobalah untuk menanyakan kepada teman atau guru dan diskusikan solusi paling tepat. Siapa tahu, Anda bisa mendapat ide atau cara baru untuk memecahkan soal yang belum pernah diketahui sebelumnya. 

8. Buat Suasana Belajar Lebih Menyenangkan

Konsentrasi belajar matematika akan meningkat jika lingkungan belajar dalam kondisi nyaman. Cara mudah belajar matematika dengan dukungan suasana baru yang lebih menyenangkan seperti belajar di coffee shop, alam terbuka, atau tempat lainnya.

Jika tidak memungkinkan untuk perlu ke luar rumah, Anda bisa mengubah kamar atau meja belajar dengan suasana baru yang lebih rapi. Sehingga belajar matematika akan lebih bersemangat lagi. 

Manfaat Belajar Matematika

Cara mudah belajar matematika mempunyai banyak manfaat, pertama dapat merekrut wilayah otak tertentu lebih handal. Kemudian mempelajari matematika dapat meningkatkan keterampilan dalam memecahkan masalah. Jika berkompeten dalam matematika, maka seseorang mampu mengembangkan sistem lebih baik dan diterapkan untuk pemecahan masalah dunia nyata. 

Pengetahuan matematika akan membantu dan memberikan banyak peluang bagi seseorang hampir di setiap karier. Bidang pekerjaan yang memanfaatkan matematika dan aplikasinya dengan tujuan meningkatkan pekerjaan adalah bisnis, komunikasi, manufaktur, sains, hingga rekayasa. 

Seseorang yang ahli dalam bidang matematika akan dibutuhkan sebagai pemrogram komputer, guru matematik, ahli statistik, dan masih banyak lagi. Ilmu ini juga dibutuhkan oleh analis, peneliti, pedagang, dan karier lainnya.

Belajar matematika akan membuka mata kita untuk melihat dunia dengan lebih baik dan dengan cara baru. Misalnya saja para ahli telah berhasil membuka misteri alam semesta menggunakan matematika. 

Hal yang paling penting adalah menanamkan mindset jika pelajaran matematika itu menarik dan menyenangkan. Anda perlu mengenal matematika lebih dekat agar memahami konsep dan rumus-rumusnya. 

Mengikuti les dapat membantu siswa meningkatkan nilai yang lebih baik lagi. Blog Superprof akan menerapkan cara mudah belajar matematika dengan dukungan tim yang profesional dan berpengalaman.