Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Inilah Cara Meningkatkan Keterampilan Anak ADHD

Inilah Cara Meningkatkan Keterampilan Anak ADHD

Anak-anak ADHD mengalami berbagai kesulitan dalam hal kesabaran, konsentrasi, dan berinteraksi. Untuk melatih dan meningkatkan keterampilan Anak ADHD maka dibutuhkan cara khusus. Dalam hal ini perlu ada bimbingan khusus agar anak tumbuh dan berkembang dengan maksimal.

Cara Meningkatkan Keterampilan Anak ADHD

Perlu diketahui bahwa ADHD merupakan singkatan dari Attention Deficit Hyperactivity Disorder. Kebanyakan orang tua merasa khawatir dengan kondisi tersebut. Bahkan sebagian merasa bingung bagaimana cara mendidiknya agar lebih konsentrasi dan mengurangi kegiatan hiperaktifnya.

Anak-anak dengan ADHD biasanya memiliki perbedaan yang signifikan dalam kemampuan kognitif, emosional, kepekaan, dan tingkat aktivitasnya. Hal tersebut disebabkan oleh adanya kerja memori yang tidak berkembang dengan baik. Memungkinkan sang anak sulit untuk mengontrol kemampuan mereka dalam berbagai hal.

Untuk meningkatkan kemampuan sang anak simak penjelasannya di bawah ini.

Membuat Kegiatan yang Disiplin Menjadi Kebiasaan

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan keterampilan anak hiperaktif dengan membuat rutinitas disiplin. Buatlah jadwal mulai dari bangun tidur, sarapan, bermain, tidur siang, dan istirahat malam. Penting bagi orang tua memperhatikan segala aktivitas anaknya.

Dalam hal ini perlu mendidik keterampilan anak ADHD karena mereka membutuhkan aturan yang jelas. Menggunakan pola terstruktur maka anak bisa lebih baik lagi. Hiperaktif pada anak bisa mulai berkurang secara perlahan.

Rutinitas yang tersusun membuat anak lebih tenang dalam melakukan sesuatu. Hal tersebut memungkinkan anak tumbuh dan berkembang menjadi lebih baik.

Memberi Hadiah Anak Sebagai Bentuk Penghargaan

Ada baiknya Anda mulai memberi hadiah kepada anak sebagai bentuk penghargaan atas kemampuannya. Berikan aturan secara tertulis dan konsekuensi sesuai dengan kesepakatan. Hindari memberi iming-iming hadiah pada anak ketika melakukan sesuatu.

Pasalnya hal tersebut justru membuat anak semakin manja. Bahkan mereka melakukan sesuatu bukan atas kemauan melainkan hanya mengincar hadiah semata. Tentu ini tidak baik untuk perkembangan si kecil di masa depan.

Selalu Bersikap Tegas dan Bukan Marah

Untuk meningkatkan keterampilan anak ADHD bisa dengan bersikap tegas dan bukan marah. Tegas jauh lebih memberikan simpati pada hati anak. Jelaskan secara baik-baik agar anak tidak merasa dimarahi.

Tidak jarang orang tua yang merasa kesal dengan sikap anaknya. Sebagai orang tua harus bisa mengendalikan emosi kepada anak. Apalagi ketika mereka mengidap ADHD yang bisa menurun ke keluarga.

Menahan emosi dan bersikap tegas dengan anak memudahkan mereka untuk berpikir lebih positif. Sehingga tidak akan meniru kelakuan orang tuanya. Berusahalah untuk memberi contoh yang baik pada anak Anda.

Membantu Anak untuk Menemukan Bakatnya

Agar meningkatkan keterampilan anak ADHD maka Anda perlu membantu mereka dalam menemukan bakatnya. Tak arang masyarakat mulai mengucilkan anak yang mengalami ADHD. Hal tersebut sangat mempengaruhi mental mereka dalam mengambangkan minat dan bakatnya.

Maka dari itu penting bagi Anda memberikan fasilitas mereka untuk menemukan bakatnya. Misalnya anak suka bermain musik maka berikan fasilitas berupa gitar, piano dan lain sebagainya. Sehingga peran orang tua dalam membagkitkan semangat mereka sangatlah tinggi.

Jika perlu carikan guru les untuk mereka agar bisa meningkatkan skill. Ajari secara perlahan maka si kecil bisa menemukan bakatnya dengan mudah dan cepat. Hal tersebut menjadikan mereka semakin berminat untuk bisa dan mendapatkan kebiasaan terbaik.

Dengan memberikan keterampilan anak ADHD maka mereka bisa mudah berkonsentrasi. Keadaan seperti ini membimbing si kecil tumbuh dan berkembang dengan signifikan.