Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pemetaan KD Kurikulum Darurat Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 SD

Pemetaan KD Kurikulum Darurat Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 SD

Kompetensi Dasar (KD) yang digunakan pada kurikulum darurat masa pandemi pada Sekolah Dasar (SD) adalah dengan memilih KD Esensial. Kemendikbud memberikan keleluasaan bagi sekolah untuk memilih 3 pilihan yaitu menggunakan Kurikulum 2013 lengkap, kurikulum daruat yang disusun Balitbang, serta kurikulum daruat yang disusun sekolah secara mandiri.

Untuk membuat pemetaan KD Kurikulum darurat kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 SD cukup mudah, guru tinggal menyandingkan pemetaan KD tahun sebelumnya dengan daftar KD Esensial Balitbang Kemdikbud. Setelah itu hapus KD yang tidak digunakan.  Sebenarnya kurikulum darurat ini bukanlah kurikulum yang baru, melainkan bentuk penyederhanaan dari Kurikulum 2013.

Download Pemetaan KD Kurikulum Darurat Sekolah Dasar

Kompetensi dasar (KD) merupakan hal yang penting bagi setiap perangkat pendidikan. Kurikulum darurat dilakukan pengurangan kompetensi dasar untuk setiap mata pelajaran sehingga guru dan siswa dapat berfokus pada kompetensi esensial dan kompetensi prasyarat untuk kelanjutan pembelajaran di tingkat selanjutnya. Berikut file pemetaan KD Kurikulum Darurat kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 SD:

PEMETAAN KD KURIKULUM DARURAT SEKOLAH DASAR .rar

Pelaksanaan kurikulum darurat memberikan fleksibilitas bagi sekolah untuk menentukan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran siswa. Guru diharapkan meningkatkan kapasitas untuk melakukan pembelajaran interaktif, dan sekolah memfasilitasi kegiatan belajar mengajar dengan metode paling tepat. Semoga file pemetaan KD Kurikulum Darurat kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 SD di atas bermanfaat