Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Soal Pretest PPG Guru SD dan Kunci Jawabannya

Soal Pretest PPG Guru SD dan Kunci Jawabannya

Pendidikan Profesi Guru atau PPG adalah program yang dilaksanakan pemerintah untuk sertifikasi tenaga pendidik. Guru yang sudah Sarjana (S1) dan sudah mengajar dapat mengikuti PPG dalam jabatan. Tujuan PPG oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Teknologi dan Riset (Kemendikbudristek) adalah supaya guru memiliki dan mengembangkan kompetensi berkelanjutan.

Ada banyak sekali keuntungan bagi guru yang mengikuti PPG. Guru akan mendapatkan sertifikat pendidik dan tunjangan profesi. Selain itu, guru juga akan mempunyai peluang yang lebih besar untuk menjadi PNS. Pasalnya, guru tidak perlu lagi mengikuti tes seleksi kompetensi bidang. 


Namun, untuk dapat mengikuti PPG diperlukan usaha keras dari guru. Di awal, selain ada seleksi adminitrasi, guru juga harus lolos tes awal atau prestes. Ujian pretes PPG dalam jabatan terdiri dari tes kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Untuk persiapan Anda dapat mencari soal-soal pretes PPG tahun sebelumnya yang sudah ada kunci jawabannya.

Contoh Soal Pretest PPG Guru Kelas SD Kunci Jawabannya

SekolahDasar.Net akan berbagi referensi soal-soal pretes PPG dalam jabatan yang dilengkapi dengan kunci jawabannya. Soal-soal ujian PPG ini bisa dijadikan bahan belajar. Mungkin saja soal-soal PPG ini nantinya ada yang keluar saat pelaksanaan pretes PPG dalam jabatan. Berikut contoh-contoh soal dan kunci jawabannya:

Kemampuan bahasa anak mulai berkembang, pemikiran masih statis, belum dapat berfikir abstrak, dan kemampuan persepsi waktu dan ruang masih terbatas merupakan perkembangan anak pada tahap ...
A. Tahap sensorimotorik
B. Tahap praoperasional 
C. Tahap operasional konkrit
D. Tahap operasional konkrit 

Bentuk penilaian yang menghendaki peserta didik menampilkan  sikap menggunakan pengetahuan yang di peroleh dalam pembelajaran dalam melaksanakan tugas disebut penilaian ...
A. Pre test
B. post test
C. Autentik 
D. Non Autentik 

Etika Pancasila adalah ...
A. Ketuhanan, kemanusiaan dan keadilan 
B. Keagamaan, social dan kerakyatan
C. Kebangsaan , kedaerahan dan kebudayaan
D. Ketuhanan, kerakyatan dan kebangsaan 

Kegiatan mementaskan lakon atau cerita biasanya guru dan siswa mempersiapka naskah dan skenario, perilaku dan perlengkapan. Kegiatan tersbut mengekpesikan perasaan dan pikiran siswa dalam bentuk bahasa lisan.hal tersebut termasuk hakekat berbicara jenis ... 
A. Bercerita
B. Cerita berantai
C. Bermain peran
D. Dramatisasi 

Katak mengalami metamorfosis sempurna. Dalam perkembangannya pada fase berudu, bernapas menggunakan ...
A. Trakhea
B. Paru-paru
C. Insang 
D. Kulit 
 

Download Soal Pretest PPG Guru Kelas SD Kunci Jawabannya

Tidak ada yang mudah, jika ingin berhasil pasti membutuhkan kerja keras. Untuk dapat lulus pretes PPG, guru kelas SD harus banyak belajar.  Supaya berpeluang lolos ikut PPG dalam jabatan, tipsnya yaitu sering mengerjakan soal-soal pretes PPG. Berikut 100 soal pretes PPG kompetensi pedagogik dan profesional untuk guru SD berformat .pdf yang dapat didownload melalui link di bawah ini:


Setelah didownload soal latihan pretes PPG guru kelas SD dapat Anda print. Ada banyak sekali soal-soal pretes PPG dari tahun-tahun sebelumnya. 100 soal pretest PPG guru kelas SD bisa melengkapi bank soal yang sudah Anda miliki.  Tolong bagikan soal pretes PPG ini kepada guru SD yang lainnya. Fokus belajar, semoga Anda semua sukses dalam PPG dan memperoleh sertifikat pendidik.