Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

100 Soal dan Jawaban Persiapan Pretest PPG Kompetensi Pedagogik

100 Soal dan Jawaban Persiapan Pretest Seleksi PPG Kompetensi Pedagogik

Tahun ini lumayan banyak kabar gembira bagi guru, khususnya bagi guru honorer. Pemerintah mulai membuka rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja bagi guru honorer. Kemudian Kemendikbudristek juga membuka sertifikasi guru melalui Pendidikan Profesi Guru (PPG) untuk berkesepatan mendapatkan tunjangan profesi pendidik (TPP) yang dibayarkan setiap tiga bulan sekali.


Tahun ini telah dimulai seleksi PPG Dalam Jabatan bagi seluruh guru yang memenuhi syarat dan terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Diawali dengan seleksi administratif kemudian ada ujian atau pretest PPG dan kegiatan selama kurang lebih enam bulan sampai bisa lulus PPG dalam jabatan. Untuk itu, guru terutama guru SD harus mempersiapkan diri sejak awal.

Melalui akun SIM PKB masing-masing calon guru akan diberitahukan jika telah mememuhi syarat administrasi akan diundang untuk pretest PPG dalam Jabatan. Anda harus lebih banyak belajar lagi dengan melakukan pendalaman materi pedagogik, esensial profesional, dan pengetahuan umum. Tak perlu bingung ada banyak sekali contoh soal-soal pretest PPG dari tahun-tahun sebelumnya.

Contoh Soal Pretest Seleksi PPG Guru SD Kompetensi Pedagogik

Proses sertifikasi bagi guru melalui PPG dalam jabatan (daljab) telah dilaksanakan sejak empat tahun yang lalu. Sehingga sudah banyak informasi dan soal-soal yang biasanya muncul saat pretest PPG. SekolahDasar.Net akan bagikan 100 soal seleksi PPG kompetensi pedagogik untuk guru SD. Berikut beberapa contoh soal pretest seleksi PPG daljab dengan kunci jawabannya. 

4.        Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS sebagai media adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan
A.      Anak memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)
B.       Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap lingkunganya (sensomotor)
C.      Dominasi pengamatan bersifat egosentris
D.      Kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan obyek yang bersifat konkrit (operasional formal)

14.    Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar….
A.      Sibernetik
B.       Humannistik
C.       Behaviorisme
D.      Konstruktivisme

25.    Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan tepat, adalah….
A.      Role Playing
B.       Inquiry
C.       Problem Solving
D.      Picture and Picture

82.    Mengetahui proses tindakan, pengaruh tindakan (yang disengaja dan tak sengaja), (c) keadaan dan kendala tindakan, (d) bagaimana keadaan dan kendala tersebut menghambat atau mempermudah tindakan dan pengaruhnya merupakan kegiatan PTK pada langkah ….
A.      refleksi
B.      observasi
C.      perencanaan
D.      pelaksanaan

Download 100 Soal Pretest PPG Kompetensi Pedagogik dan Kunci Jawabannya

Untuk sukses tidak ada yang instan, pasti semuanya membutuhkan proses dan kerja keras. Oleh sebab itu untuk dapat lulus pretest PPG, guru SD harus belajar sebanyak-banyaknya. Untuk memperbesar peluang lolos ikut PPG salah satu tipsnya adalah banyak mengerjakan soal-soal try out pretest PPG dalam jabatan. Berikut 100 soal pretest PPG kompetensi pedagogik yang bisa Anda download dalam format .pdf melalui tautan di bawah ini:


Setelah didownload 100 soal pretest PPG dalam jabatan kompetensi pedagogik dapat Anda print agar lebih fokus dalam belajar. Jika menurut anda soal pretest PPG ini dapat melengkapi bank soal yang Anda miliki, bagikan juga post ini kepada teman-teman guru SD yang lainnya. Semoga sukses!