Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

200 Soal dan Jawaban Pretest PPG Kompetensi Profesional Guru SD

200 Lebih Soal dan Jawaban Pretest PPG Kompetensi Profesional Guru SD

Kemendikbudristek telah menetapkan guru kelas SD calon peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan. Ketentuan tersebut yaitu masa kerja dan pendidikan terakhir sarjana (S-1). Guru kelas SD dapat melihatnya di akun SIM PKB. Melalui website tersebut dapat diketahui apakah guru mengikuti PPG dalam jabatan ataukah belum. Jika sudah, guru harus segera mengupload file sebagai syarat administrasi.


Banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh guru kelas SD jika mengikuti PPG dalam jabatan. Guru dapat meningkatkan kompetensinya, khususnya di bidang pedagogik dan profesional. Yang paling manarik dengan mengikuti PPG dalam jabatan adalah guru akan memperoleh sertifikat pendidik. Dengan sertifikat itu, guru kelas SD dapat merasakan tambahan penghasilan berupa tunjangan sertifikasi.

Untuk dapat mengikuti PPG dalam jabatan bisa dikatakan tidak mudah. Guru kelas SD harus mengikuti ujian awal atau pretest PPG secara online. Belum lagi, guru harus aktif mengikuti kegiatan-kegiatan dan tugas selama PPG yang berlangsung lebih dari enam bulan. Untuk itu, Anda sebagai guru kelas SD harus banyak belajar. Di awal ini setidaknya harus bisa bersaing dengan guru-guru yang lain untuk lolos pretest PPG dalam jabatan.

Soal Pretest Seleksi PPG Guru Kelas SD Kompetensi Profesional

SekolahDasar.Net sebelumnya sudah membagikan 100 soal PPG kompetensi pedagogik. Kali ini, kita akan membagikan 200 lebih latihan soal pretest PPG dalam jabatan kompetensi profesional untuk guru kelas SD. Soal pretest ini dilengkapi dengan kunci jawaban atau pembahasanya. Kompetensi profesioanl untuk guru kelas SD adalah kemampuan guru menguasai materi-materi ajar. Berikut contoh-contoh soal pretest PPG guru kelas SD:

1. Faktor abiotik yang mempengaruhi faktor biotik adalah
a. Daerah yang banyak pohon memiliki simpanan air
b. Udara bersih disebabkan masih banyak tumbuhan
c. Longsor dan erosi disebabkan oleh penebangan pohon
d. Benih cepat tumbuh pada kondisi gelap

18. Sebidang tanah berbentuk persegi panjang yang memiliki penjang 2 kali lebarnya dan keliling 300 m. tanah tersebut ditanami kacang hijau yang berjarak satu sama lain 10 cm. pada perbatasan tanah tersebut juga ditanami. Bila 1 kg kacang hijau tersebut berisi 500 butir maka kacang hijau yang dibutuhkan untuk menanami sebidang tanah tersebut adalah…ton
a. 0,75
b. 1,20
c. 1,00
d. 0,50

46. Setelah siswa mempelajari PKn akan memahami cara menghargai jasa para tokoh dalam proses perumusan dasar Negara pancasila, yaitu dengan …
a. Tidak mengakui idiologi Negara
b. Menganggap pancasila sebagai idiologi yang tidak sesuai lagi dengan keadaan sekarang
c. Menunjukkan sikap hedonisme
d. Meneladani sikap dan prilaku para tokoh

62. Perhatikan puisi berikut!
Rembulan
Kau berjalan di atas Bumi Pertiwi
Dengan sinar keagungan
Walau sesaat kita bertemu
Di malam hari
…….
Lirik bermajas untuk melengkapi puisi tersebut  adalah …
a. Dia  bermanfaat sekali
b. Engkau tersenyum padaku
c. rembulan menyinari bumi
d. cahayanya bersinar terang

200. Bu Nani adkan mengadakan arisan di rumahnya.ia membeli sejumlah kue untuk disajikan pada tamu, yaitu 48 buah kue sus, 84 kue dadar gulung, 60 buah kue putu dan 96 buah keu bolu kukus. Kue-kue tersebut akan disajikan di atas piring sebanyak-banyaknya. Berapakah banyaknya piring yang dibutuhkan untuk menyajikan kue-kue tersebut?
a. 12
b. 8
c. 10
d. 14

Download Soal Pretest PPG Kompetensi Profesional dan Kunci Jawabannya

Seperti yang selalu ajarkan pada peserta didik untuk berhasil pasti membutuhkan proses serta kerja keras. Untuk dapat lulus pretest PPG, guru kelas SD harus kembali banyak membaca dan belajar. Agar berpeluang lolos ikut PPG dalam jabatan adalah banyak mengerjakan soal-soal pretest PPG. Berikut 200 soal pretest PPG kompetensi profesional berformat .pdf yang dapat Anda download melalui link di bawah ini:


Setelah didownload 200 soal pretest PPG kompetensi profesional dapat Anda print. Saat ini Anda harus fokus dalam belajar. Ada banyak sekali soal-soal pretest PPG dari tahun-tahun sebelumnya. 200 soal pretest PPG guru kelas SD kompetensi profesional ini dapat melengkapi bank soal yang Anda miliki,. Tolong bagikan post ini kepada guru SD yang lainnya. Semoga Anda sukses dalam PPG dapat sertifikat pendidik.