Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru

Tips Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru

Tips meningkatkan kompetensi pedagogik guru penting untuk diketahui, terlebih jika Anda adalah salah satu orang yang menjabat sebagai guru. Kompetensi pedagogik ini merupakan kemampuan seorang guru dalam mengelola bagaimana metode pembelajaran.

Sehingga kompetensi yang satu ini sudah menjadi salah satu jenis kompetensi yang wajib untuk dikuasai oleh seorang guru. sebab ini adalah kompetensi khas yang bisa membedakan seorang guru dengan profesi lainnya.

Mengetahui Tips Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru, Simak Ini!

Guru merupakan pilar pendidikan, sehingga keberhasilan dalam dunia pendidikan akan dipengaruhi oleh seorang guru tersebut. Sehingga ini menjadi alasan mengapa kompetensi guru harus selalu ditingkatkan seiring dengan berkembangnya zaman.

Salah satunya adalah dalam penguasaan kompetensi pedagogik yang bisa menentukan tingkat keberhasilan proses serta hasil pembelajaran siswa. Sebab kompetensi ini dihasilkan melalui upaya belajar secara terus-menerus dengan dukungan minat dan bakat.

Tidak hanya itu saja, melainkan peningkatan kompetensi pedagogik ini bisa untuk mengendalikan kegiatan pembelajaran monoton. Selain itu kompetensi ini diperlukan dalam perencanaan pembelajaran agar bisa mendorong murid lebih giat untuk belajar.

1. Menguasai Teori Belajar

Tips meningkatkan kompetensi pedagogik guru adalah harus mampu untuk menguasai bagaimana teori belajar serta prinsip-prinsipnya. Guru harus bisa menentukan berbagai macam pendekatan, strategi, metode hingga cara pembelajaran.

Tidak hanya itu saja, melainkan guru juga harus dapat menyesuaikan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik murid. Selanjutnya seorang guru memberikan kesempatan untuk siswa untuk menguasai materi pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan belajarnya.

Guru senantiasa untuk menjelaskan alasan pelaksanaan aktivitas yang dilakukannya mengenai keberhasilan dalam pembelajaran Serta guru harus selalu memastikan tentang tingkat pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran yang telah disampaikan.

2. Bisa Mengenal Karakteristik Siswa

Tips meningkatkan kompetensi pedagogik guru adalah dengan cara mengenal bagaimana karakteristis setiap siswa atau murid. Dalam aspek ini, maka seorang guru harus bisa mencatat serta menggunakan informasi mengenai karakteristik siswanya.

Nah karakteristik peserta didik ini meliputi aspek fisik, emosional, intelektual, moral sampai dengan latar belakang sosial budaya. Selanjutnya seorang guru juga harus bisa mengidentifikasikan karakteristik belajar dari setiap siswa di kelasnya.

Guru harus bisa mengetahui apa saja penyebab penyimpangan perilaku siswa guna mencegah supaya perilaku itu tak merugikan orang lain. Serta guru harus mampu mengatur kelas dan memberi kesempatan belajar yang lebih baik lagi.

3. Menciptakan Aktivitas Belajar yang Mendidik

Tips meningkatkan kompetensi pedagogik guru adalah dengan menciptakan aktivitas belajar yang lebih mendidik. Seorang guru harus bisa menyusun serta melaksanakan bagaimana rancangan pembelajaran yang lebih mendidik secara lengkap.

Bahkan guru juga harus bisa melakukan aktivitas pembelajaran sesuai dengan karakter dan kebutuhan setiap siswa. Mampu untuk menyusun serta menggunakan berbagai macam materi pembelajaran sesuai dengan karakteristik murid.

Lihat juga : Kiat Untuk Guru Memahami dan Mengenal Kepribadian Anak

Selanjutnya seorang guru harus melakukan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan rancangan yang sudah disusun sebelumnya. Kemudian mampu melakukan kegiatan pembelajaran dengan tujuan untuk membantu proses belajar para peserta didik.

Guru mampu menyikapi kesalahan yang sudah dilakukan oleh siswa sebagai tahapan proses pembelajaran. Selanjutnya guru juga harus mampu untuk mengelola suasana kelas senyaman mungkin agar semua siswa bisa nyaman dan tenang dalam belajar.

Sebenarnya tips meningkatkan kompetensi pedagogik guru itu cukup mudah dan Anda bisa langsung mempelajarinya. Anda sebagai seorang guru juga harus bisa lebih mengerti terhadap karakter dari setiap siswa.