Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

7 Tips Bagi Guru SD Mudah Mengelola Kelas Supaya Kondusif

7 Tips Bagi Guru SD Mudah Mengelola Kelas Supaya Kondusif

Tips bagi guru SD mudah mengelola kelas sangat dibutuhkan. Sebab, anak di bangku Sekolah Dasar terkadang masih sulit untuk mematuhi peraturan yang ada.

Padahal, peraturan dibuat untuk menciptakan suasana kelas yang kondusif. Akan tetapi, ada beberapa cara tersendiri yang dapat para guru SD lakukan untuk mengelola kelas sehingga lebih kondusif.

7 Tips Bagi Guru SD Mudah Mengelola Kelas 

Menjadi guru tidak pernah berjalan dengan mudah, terlebih jika mengajar Sekolah Dasar. Anak-anak SD masih berada di tahap bermain mereka. Itu sebabnya, terkadang mereka sulit untuk diatur guru.

Sedangkan pengelolaan kelas sangat penting untuk kelancaran belajar mengajar. Manajemen kelas yang baik akan menentukan kualitas proses belajar yang berlangsung dan juga membantu siswa mendapatkan tingkat pemahaman yang baik.

Lihat juga : 7 Kesalahan Belajar Siswa yang Memicu Rasa Bosan

Dengan menerapkan pengelolaan kelas yang baik, maka siswa akan lebih fokus untuk menerima materi pelajaran dari guru sehingga tujuan pembelajaran tercapai dengan efektif dan efisien. Berikut ini 7 tips mudah untuk para guru SD dalam mengelola kelas.

1. Menguasai Materi Pembelajaran

Sebagai tenaga pengajar, tentunya guru harus menguasai dan memahami betul teori yang akan mereka ajarkan di kelas. Guru yang memiliki tingkat pemahaman baik akan membuat siswa menangkap teori dengan mudah.

Ketika guru menguasai teori, maka mereka tidak akan memberikan mentah-mentah kepada siswa. Guru bisa memodifikasi sesuai dengan kebutuhan siswa saat mengajar. Sebab, siswa di bangku SD seringkali cepat merasa bosan.

2. Menciptakan Kelas yang Bersih dan Nyaman

Tips bagi guru SD mudah mengelola kelas selanjutnya adalah dengan menciptakan suasana kelas yang bersih dan aman. Hal itu bertujuan agar pembelajaran tetap berjalan dengan kondusif.

Guru dan siswa dapat bekerja sama untuk menciptakan kelas yang bersih, seperti kerja bakti dan aturan tidak membuang sampah sembarangan.

3. Menggunakan Metode Mengajar yang Pas

Agar guru dapat mengelola kelas dengan baik, maka mereka harus mengetahui metode ajar yang pas. Guru dapat menyesuaikan metode pembelajaran dengan materi yang ada.

Gaya belajar yang seru dan tidak membosankan tentu menjadi kegemaran, tidak hanya untuk para siswa SD tetapi juga di seluruh jenjang pendidikan. Sebab, materi akan lebih mudah mereka pahami.

4. Membuat Aturan yang Tegas Namun Santai

Peraturan memegang peran yang sangat penting dalam upaya pengelolaan kelas. Siswa harus mendapatkan peraturan yang tegas agar dapat saling menghormati.

Meski tegas, tetap jalankan peraturan dengan santai agar siswa juga masih dapat bergerak dengan bebas.

5. Mempersiapkan Siswa dengan Baik untuk Belajar

Sebelum kelas dimulai, akan lebih baik jika guru mempersiapkan kondisi kelas. Pastikan semua siswa siap secara fisik maupun mental untuk memulai pelajaran.

Selain itu, perlu diperhatikan juga suasana sekitar kelas. Jika kelas rapi dan bersih, maka proses belajar mengajar pasti akan lebih nyaman.

6. Bangkitkan Semangat Sejak Awal Pembelajaran

Tips bagi guru SD mudah mengelola kelas selanjutnya adalah membangkitka suasana kelas. Siswa SD, terlebih di tingkat bawah pasti akan cenderung merasa malas saat belajar. Guru bisa membangkitkan suasana agar siswa lebih semangat belajar.

Sebagai tenaga pengajar, guru tentu memiliki kunci sebagai pengelola emosi yang baik. Guru bisa melakukan game sederhana atau berbincang sebentar sebelum memulai pelajaran.

7. Menyediakan Fasilitas Belajar

Agar proses pembelajaran berjalan secara maksimal, maka sebaiknya sekolah dan guru menyediakan fasilitas belajar yang lengkap. Adapun beberapa fasilitas belajar siswa seperti buku, meja, kursi, papan tulis, dan lain sebagainya.

Guru bisa membantu memastikan kondisi dari fasilitas tersebut. Jika ada beberapa fasilitas yang belum terpenuhi, maka tidak ada salahnya guru mengajukan laporan ke sekolah agar dapat segera dilengkapi.

Menjalankan tips bagi guru SD mudah mengelola kelas sebenarnya tidak sulit. Guru dapat mengikuti 7 tips di atas agar proses belajar berjalan dengan lancar.