Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mendidik Karakter Siswa Melalui Pesantren Kilat di Sekolah

Cara Mendidik Karakter Siswa Melalui Pesantren Kilat di Sekolah

Mendidik karakter siswa melalui pesantren kilat di sekolah bisa guru lakukan dengan semaksimal mungkin. Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan kebaikan. Banyak orang berlomba untuk mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya. 

Setiap kebaikan akan dilipatgandakan pahalanya. Maka dari itu di sekolah diadakan pesantren kilat yang gunanya untuk menambah pahala setiap siswa maupun guru dan pembimbing serta mendidik karakter supaya lebih baik dan bagus lagi. Bagaimana caranya? Mari simak ulasan di bawah ini.

Mendidik Karakter Siswa Melalui Pesantren Kilat di Sekolah, Berikut Caranya

Pesantren kilat adalah salah satu kegiatan yang positif untuk dilakukan dalam rangka mendidik serta membentuk karakter Islami pada siswa di sekolah. Dengan melalui kegiatan ini maka bisa juga membina karimah di antara siswa serta memperkenalkan kepada siswa untuk menjadikan masjid sebagai salah satu wadah untuk mempersatukan umat. 

Selain itu juga memberikan pendidikan agama islam yang baik sejak dini kepada siswa untuk membentengi akhlak serta moral supaya tidak terpengaruh budaya global yang negatif.

Lihat juga : Tips Supaya Anak Tetap Aktif Belajar di Sekolah Selama Berpuasa

Kegiatan pesantren kilat ini perlu dilakukan sejak dini serta akan terus menerus digelorakan secara berkelanjutan. Sebab hal itu menjadi suatu langkah pendidikan yang cukup strategis bagi orang tua, siswa maupun sekolah. Pesantren kilat ini dianggap sebagai investasi di dunia dan akhirat bagi para siswa, guru maupun orang tua.

Untuk siswa, dengan melalui kegiatan ini maka akan dituntut belajar sejak dini dengan cara mempelajari agama islam seperti menghafal al quran, berdoa dan lainnya. Nah, bagi orang tua sendiri dengan melalui pesantren kilat ini maka akan membantu di dalam mendidik anaknya serta membangun karakter islam sehinhgga akan menjadikan anak-anak yang shalih dan shalihah. 

Bagi seorang guru tentunya kegiatan pesantren kilat menjadi sebuah kerja sosial yang akan memperoleh balasan pahala dari Allah jika dilandasi dengan penuh keikhlasan.

Lalu apa saja kegiatan yang biasanya dilakukan di pesantren kilat untuk mendidik karakter siswa? Berikut diantaranya.

1. Tadarus Al Quran

Tadarus Al Quran dapat dilaksanakan di dalam kelas dengan dibimbing oleh guru maupun tutor sebaya. Tutor sebaya ini merupakan teman mereka sendiri yang mempunyai kemampuan lebih dalam bidang membaca Al Quran. Dengan tadarus ini maka siswa akan dilatih supaya terbiasa untuk membacanya.

2. Lomba Kaligrafi

Lomba kaligrafi dilakukan untuk kolaborasi kemampuan siswa dalam membuat tulisan yang indah dalam bentuk Arab. Sehingga jiwa seninya akan muncul. Hal ini merupakan sebuah seni rupa islam yang ditulis dengan menggunakan pena untuk merangkai tulisan Arab.

3. Sholat Dhuha, Dzuhur, Serta Ashar Berjamaah

Sholat dzuhur serta ashar dapat dilakukan secara berjamaah di ruangan yang besar supaya dapat menampung seluruh siswa yang ikut pesantren kilat. Mendidik siswa melalui pesantren kilat dengan kegiatan seperti ini akan melatih para siswa supaya melaksanakan shalat tepat waktu. Hal ini tentunya baik dan bagus untuk diteruskan.

4. Pembelajaran Agama Islam Tentang Akhlak

Kegiatan pembelajaran agama islam bisa dilakukan didalam ruang kelas masing-masing dan didampingi oleh guru. Dalam kegiatan ini maka siswa akan dibekali ilmu akhlak serta adab yang baik terhadap orang tua maupun guru dan ilmu fikih.

5. Lomba Membaca Al Quran

Lomba membaca Al Quran ini dapat dilakukan untuk membiasakan para siswa dalam membaca Al Quran. Siswa lainnya juga akan termotivasi untuk dapat menunjukan kemampuan di dalam membaca Al Quran serta mendorong siswa yang lain supaya terus meningkatkan kemampuannya dalam membaca Al Quran. Mendidik karakter siswa melalui pesantren kilat seperti diatas bisa jadi cara terbaik yang dilakukan oleh guru dan orang tua saat di sekolah.