Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Supaya Anak Tetap Aktif Belajar di Sekolah Selama Berpuasa

Tips Supaya Anak Tetap Aktif Belajar di Sekolah Selama Berpuasa

Tips supaya anak tetap aktif belajar di sekolah selama berpuasa cukup penting untuk diketahui. Pasalnya, banyak anak yang nilainya menurun karena berpuasa. Hal ini tidak lain karena setiap berpuasa, waktu konsumsi makanan akan dibatasi sehingga mengakibatkan rasa lapar.

Rasa lapar inilah yang membuat kegiatan belajar tertunda dan akhirnya berdampak pada kegiatan belajar anak tersebut. Sebagai orang tua, Anda tentunya perlu membimbing anak untuk belajar dengan baik agar nilai sekolahnya tidak turun.

Lihat juga : Bagaimana Guru Mendukung Siswa Selama Ramadhan?

Kali ini kami akan memberikan tips mudah agar anak bisa belajar dengan baik meski sedang berpuasa. Lalu seperti apa caranya? Untuk mengetahuinya, mari simak artikel ini hingga selesai.

Inilah Tips Supaya Anak Tetap Aktif Belajar di Sekolah Selama Berpuasa

Sebentar lagi bulan Ramadhan tiba dan ibadah puasa harus ditunaikan dengan baik agar mendapatkan pahala. Walau dianggap bulan penuh berkah, nyatanya ada banyak anak yang mengalami penurunan nilai saat itu.

Hal ini karena kurangnya kenyamanan dan konsentrasi saat belajar, tidak lain karena anak merasa lapar. Nah, sebagai orang tua, Anda perlu mengetahui seperti apa cara paling mudah agar anak bisa belajar dengan baik meski berpuasa. Berikut ulasannya.

1. Memberikan Asupan Makanan yang Bergizi Setiap Sahur

Tips supaya anak tetap aktif belajar di sekolah selama berpuasa, pertama dengan makanan bergizi. Makanan yang dikonsumsi ketika sahur haruslah bergizi dan diperhatikan dengan baik. Selain itu, anak perlu makan hingga merasa kenyang. Anda juga perlu memenuhi kebutuhan karbohidrat, seperti ubi, nasi merah, dan bubur kacang hijau.

Selain itu, makanan tersebut juga perlu ditemani dengan protein seperti ayam, tahu, dan tempe. Kebutuhan serat juga penting untuk diperhatikan, seperti buah-buahan. Dengan begitu, anak akan fokus saat belajar di sekolah.

2. Menyempatkan Belajar Setelah Sahur

Ketika selesai sahur, ada baiknya untuk menyempatkan belajar. Karena tidak baik untuk kesehatan juga kalau sehabis sahur langsung tidur. Memang setelah sahur akan timbul rasa kantuk, namun semaksimal mungkin belajar daripada tidur.

Tidak tidur setelah sahur bisa menghindarkan dari masalah pencernaan. Masalah pencernaan ini nantinya juga akan mempengaruhi kegiatan belajar anak. Karena itu, Anda perlu menuntunnya untuk belajar setelah sahur. Bila sudah cukup lama, anak boleh tidur. Pasti anak akan konsentrasi penuh saat mengikuti pembelajaran di sekolah nantinya.

3. Memanfaatkan Waktu Siang untuk Tidur

Siang hari merupakan tantangan yang paling sulit ketika menghadapi puasa, apalagi jika udara semakin panas. Jadi, anak mudah haus. Nah, untuk menghilangan rasa haus tersebut, ajaklah anak untuk tidur di siang hari.

Tips supaya anak tetap aktif belajar di sekolah selama berpuasa ini bisa dicoba, terlebih tidur di siang hari ketika puasa itu adalah ibadah. Jadi, selain menyehatkan, Anda dan anak juga akan mendapat pahala. Anak pun tak akan kekurangan waktu istirahatnya sehingga tetap aktif saat harus sekolah.

4. Belajar Lagi di Sore Hari

Tidak hanya di pagi hari, Anda juga perlu mengajari anak untuk belajar di sore hari. Hal ini bisa dilakukan sambil menunggu buka puasa. Selain itu, Anda juga bisa mengisi waktu dengan berbagai kegiatan lainnya yang menyenangkan.

Kegiatan ini bisa membuat waktu menjadi terasa lebih cepat sehingga anak tidak merasa terlalu lapar. Anak pun siap saat harus belajar di sekolah keesokan harinya. Tips supaya anak tetap aktif belajar di sekolah selama berpuasa bisa Anda terapkan.